4 Spesifikasi Komputer Server untuk Kantor Terbaik

Komputer Server

Spesifikasi komputer server untuk kantor – Sesuai dengan namanya, komputer server ini berbeda dengan komputer rumahan atau komputer gaming terutama dalam bagian prosessornya. Untuk komputer rumahan hanya digunakan untuk mengerjakan tugas sehingga cukup menggunakan processor dual core dan kapasitas hard disknya tidak perlu besar, begitu pula dengan komputer gaming dengan harga mulai dari 3 jutaan rupiah saja Anda sudah bisa memainkan game dengan lancar.

Komputer server ini membutuhkan spesifikasi yang berbeda.  Alasannya karena komputer itulah yang nantinya menyediakan layanan bagi komputer client dan menyediakan sumber dayanya. Komputer bisa disebut sebagai server jika memiliki wewenang akan pembagian akses internet dan mengelola printer secara bersama-sama, hard disk yang dimiliki kapasitasnya tinggi dan bisa digunakan untuk mengumpulkan file secara bersama-sama.

Spesifikasi Komputer Server

Komputer Server
Komputer Server

Sebenarnya komputer server ini tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan atau kantor, namun juga bisa digunakan dalam instansi, sekolahan, maupun perpustakaan pusat yang menggunakan komputer server sebagai databasenya. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa spesifikasi komputer server untuk kantor yang wajib untuk Anda ketahui:

  1. Processor

Spesifikasi komputer server untuk kantor pertama adalah prosessornya. Processor menjadi otak dari komputer tersebut sehingga kecerdasan dari komputer yang Anda gunakan tergantung dengan prosesor yang digunakan. Anda bisa menggunakan prosesor minimal pabrikan Intel Xeon E3. Prosesor ini khusus untuk komputer server karena bisa menjalankan proses dan pengendali kerja komputer yang lebih cerdas dan cepat.  Yang mengagumkan lagi adalah prosesor ini memiliki kecepatan frekuensi Turbo sehingga kecepatannya tidak perlu diragukan lagi.

  1. RAM

Spesifikasi selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah RAMnya. Semakin besar RAMnya maka semakin cepat proses yang bisa dilakukan oleh otak komputer, begitu pula sebaliknya. Pilihlah RAM yang besar terutama jika digunakan oleh banyak komputer client. Minimal RAM komputer Server Anda adalah 8GB DDR4 ECC, kurang dari itu proses yang dilakukan akan berjalan lambat.

  1. Hard Disk

Anda juga harus mempertimbangkan hard disk atau kapasitas penyimpanan dari komputer tersebut. Kecepatan dalam penyimpanan juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan sehingga hard disk yang bisa dipilih jenisnya SSD, sedangkan kapasitas penyimpanan minimal 1 TB atau Terabyte.

  1. Aspek lainnya

Selain beberapa spesifikasi yang disebutkan di atas, Anda juga harus tahu spesifikasi komputer server lainnya. Beberapa spesifikasi yang harus Anda perhatikan adalah grafisnya. Grafis digunakan untuk menampilkan visualisasi di layar monitor komputer, semakin bagus grafisnya maka visualisasinya akan semakin bagus begitu pula sebaliknya. Grafis yang dianjurkan adalah Aspeed AST1400 with 64MB VRAM. Anda juga harus menggunakan sistem operasi yang mendukung untuk server seperti Windows® Server 2008 dan juga 2012, RedHat® Enterprise Linux, CentOS, VMware, dan Citrix XenServer.

Jenis Komputer Server

Setelah Anda tahu spesifikasi komputer server untuk kantor, Anda juga harus tahu jenis komputer server tersebut apa saja. Jenis yang pertama ada server aplikasi dimana digunakan sebagai media penyimpanan aplikasi dan bisa diakses komputer client. Umumnya komputer server ini banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan dan instansi berskala besar. Ada juga database server, sesuai dengan namanya komputer ini digunakan sebagai penyedia layanan pengelolaan basis data untuk komputer yang lain.  Selanjutnya ada mail server dan web server. Khusus mail Server digunakan untuk mengirim email atau surel dengan jaringan internet, sedangkan web server digunakan untuk menerima permintaan melalui protokol HTTP atau HTTPS.

Dengan memilih dan menggunakan spesifikasi komputer server untuk kantor yang tepat, diharapkan operasional kantor menjadi lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan sebelumnya, sedangkan salah memilih spesifikasi komputer hanya akan membuat layanan ke komputer client menjadi terhambat sehingga operasional tidak bisa berjalan dengan mulus.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *