3 Tips Memilih Kamera  yang Cocok Untuk Small Office

Kamera CCTV

Dalam memilih kamera yang cocok untuk small office, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar Anda tidak menyesal. Saat ini penggunaan kamera di kantor adalah sebuah hal yang sangat penting. Dengan memasang CCTV, kantor Anda akan terproteksi dari tindak kejahatan yang mungkin saja mengintai. Berikut adalah beberapa tips memilih kamera CCTV yang tepat untuk small office:

Sesuaikan Keperluan Kamera dengan Budget yang Tersedia

Kamera CCTV
Kamera CCTV

Tips pertama yang dapat Anda lakukan dalam memilih kamera yang tepat untuk digunakan pada small office adalah dengan menyesuaikan keperluan kamera dengan budget yang tersedia. Apabila dana yang Anda punya tergolong kecil, maka Anda bisa memilih kamera yang beresolusi rendah maupun ber-TVL rendah. Namun jika budget yang Anda punya relatif besar,maka Anda sebaiknya memilih kamera yang bermerek dan beresolusi tinggi.

Berikut adalah beberapa standar kualitas atau resolusi pada gambar CCTV:

  • 1/4 ₺ CMOS/CCD Standard Image Quality-380-420 TVL
  • 1/3₺ CMOS/CCD-High Image Quality-480-520 TVL
  • 1/3₺ CMOS/CCD-Very High Image Quality-540-600 TVL
  • 1/3₺ CMOS/CCD-Ultra High Image Quality-650-700 TVL

Semakin tinggi tingkat TVL, maka gambar CCTV akan semakin tajam. Gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV dengan kualitas 1/4₺ CMOS/CCD jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera CCTV dengan kualitas 1/3₺ CMOS/CCD. Hal ini karena kamera CCTV dengan  kualitas 1/3₺ CMOS/CCDmemiliki bidang yang lebih besar jika dibandigkan kamera CCTV dengan kualitas 1/4₺ CMOS/CCD sehingga kamera dengan kualitas 1/3₺ CMOS/CCD mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Seiring berjalannya waktu, kini membandingkan kamera CCTV yang bagus menjadi cukup sulit. Hal ini disebabkan pertumbuhan chipset CMOS dan CCD saling bersaing dalam menghasilkan gambar dan video dengan mutu yang bagus. Kini, ada pula beberapa vendor yang tidak lagi memberitahukan rincian TVL dan hanya memberikan keterangan berupa High Resolusion camera maupun Super High Resolusion saja.

Perhatikan Pemakaian, Peletakan, dan Fungsi Kamera CCTV

CCTV

Tips memilih kamera yang cocok untuk small office adalah berdasarkan pemakaian, peletakan, dan juga fungsi kamera CCTV. Untuk itu, Anda bisa memilih beberapa jenis kamera CCTV berikut ini:

  • Kamera CCTV Outdoor

Jika Anda membutuhkan kamera untuk dipakai di luar ruangan, maka Anda membutuhkan kamera CCTV outdoor. Kamera CCTV outdoor lebih mampu mereduksi cahaya matahari serta jumlah LED infrared yang dipakai biasanya lebih banyak jika dibandingkan pada kamera CCTV berjenis indoor.

Kamera CCTV outdoor yang tersedia kini sudah bersifat waterproof serta dilengkapi juga dengan topi kamera yang berfungsi sebagai pelindung untuk menahan sinar matahari maupun air hujan.

  • Kamera CCTV Indoor

Kamera CCTV indoor dipakai pada bagian dalam ruangan. Kini Anda dapat memilih sendiri bentuk kamera CCTV dan penempatannya, entah dipasang di tembok, plafon, ataupun dipasang secara tersembunyi.

Kamera indoor telah dilengkapi dengan infrared yang berguna untuk memantau dalam keadaan gelap. Namun jika ruangan cukup terang, maka Anda dapat memilih kamera yang non infrared. Kini kamera CCTV indoor juga telah dilengkapi dengan teknologi ICR (IR CUT Filter) sehingga kamera secara otomatis akan merubah warna gambar dan video yang dihasilkan berwarna hitam putih terang.

  • Dome Camera

Dome Camera adalah kamera CCTV yang dipasang pada plafon atau langit-langit dan tidak dapat disatukan dengan rotator karena tidak ada dudukan untuk rotator CCTV tersebut. Jika Anda ingin memilih kamera Dome yang dapat berputar, maka pilihlah Pan Tilt Dome Camera CCTV.

  • BOX Camera

Kamera CCTV jenis ini memiliki lensa yang dapat diganti serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pada BOX Camera juga ada opsi size lensa yang dijual secara terpisah. Semakin kecil size lensa yang dipilih, maka semakin lebar juga view anglenya, sebaliknya semakin besar size lensanya maka semakin sempit pula view anglenya.

Perhatikan Garansi Produk Kamera yang Ditawarkan

Saat memilih kamera yang akan Anda gunakan pada small office, jangan lupa untuk melihat garansi produk pada kamera CCTV. Pada umumnya, vendor-vendor maupun distributor CCTV memberikan garansi selama 1 sampai 2 tahun. Namun, jika Anda menemukan vendor ataupun distributor CCTV yang memberikan garansi hingga lebih dari 2 tahun, maka Anda perlu menanyakan terlebih dulu kualitas kamera CCTV yang ditawarkan.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih kamera yang cocok untuk small office. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan sebelum membeli, Anda juga melihat keterangan pada kamera CCTV tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *