Kenali 4 Teknik Hardening Server Terbaru 2020

Sistem Operasi Server

Teknik hardening server – Mengingat saat ini sistem bisa di bobol dengan mudah oleh hacker maupun attacker maka teknik memperkuat sistem keamanan server perlu dilakukan. Jangan sampai sistem Anda dimanipulasi, asset berharga dalam sistem dicuri, dan masih banyak hal lainnya yang merugikan yang bisa terjadi ketika sistem dan jaringan Anda berhasil di bobol oleh hacker maupun attacker. Salah satu cara mengamankan jaringan yang bisa dilakukan adalah dengan hardening server. Hardening server disebut juga dengan memperkuat jaringan pada sistem. Hardening server ini menjadi proses peningkatan sistem keamanan sever melalui berbagai macam standard dan berbagai macam metode yang mana bisa menghasilkan Environment System operasi yang lebih aman. Berikut ini adalah teknik hardening server secara sederhana yang mudah untuk Anda lakukan:

Jaga Sistem Operasi Server Anda Tetap Update

Sistem Operasi Server

Teknik hardening server yang pertama adalah menjaga sistem operasi di sever Anda tetap update. Menjaga sistem operasi menjadi tetap mutakhir ini menjadi langkah penting yang bisa Anda ambil untuk mengamankan server maupun sistem jaringan Anda. Kerentanan bisa dicegah jika sistem operasi yang Anda gunakan ini tetap update sehingga celah yang memungkinkan bagi hacker dan juga cracker menyusup di jaringan Anda bisa diperbaiki.

Kata Sandi Kuat

Kata Sandi Kuat
Kata Sandi Kuat

Teknik hardening server yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat pada seluruh infrastruktur kemudian Anda harus melakukan kontrol terhadap semua infrastruktur yang ada tersebut. Kata sandi ini sangat menantang bagi para hacker atau cracker untuk bisa mendapatkan akses ilegal ke dalam sistem jaringan Anda. Untuk membuat kata sandi kuat Anda bisa menggunakan 10 karakter campuran huruf besar kecil selain itu mengombinasikannya dengan angka maupun karakter khusus akan jauh lebih baik.  Anda juga bisa melakukan penguncian akun yang kuat sehingga serangan tebakan kata sandi bisa berhenti pada jalurnya. Pada windows, kata sandi dan kebijakan penguncian ini bisa diatur dalam Kebijakan Grup, sedangkan di Linux pengaturannya bisa di konfigurasikan pada file /etc/pam.d/common-password dan di file /etc/file/login.defs.

Perbarui atau Hapus Perangkat Pihak Ketiga

Perangkat lunak pihak ketiga bukan menjadi bagian sistem operasi, namun juga harus selalu diperbarui untuk menghindari kerentanan sistem jaringan di retas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Komponen perangkat lunak bisa ditemukan pada sever dan diperlukan pengaturan maupun konfigurasi di awal sever, sayangnya untuk bisa melakukan pemeliharaan perangkat lunak pihak ketiga ini cukup rumit, dan solusi mudahnya adalah menghapus perangkat lunak yang tidak diperlukan untuk operasi server secara normal. Setelah itu perangkat lunak ketiga yang tersisa harus dilakukan pembaruan secara berkala agar celah untuk melakukan hacking bisa tertutup.

Update Antivirus

Update Antivirus
Update Antivirus

Teknik terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan update antivirus yang Anda gunakan. Setiap waktu, antivirus ini akan melakukan update untuk memperbarui perlindungan beserta sistem penyusunnya, dengan tidak melakukan update sama saja membiarkan Anda membuka celah bagi hacker maupun attacker untuk menyerang sistem dan jaringan Anda. Tidak hanya itu saja fungsi antivirus ini untuk mencegah kode berbahaya yang akan di kenalkan ke server dan mampu membantu Anda dalam menghadapi ancaman otomatis seperti virus maupun malware.

Pilih antivirus yang tidak hanya bisa membersihkan virus saja namun juga malware yang berbahaya bagi sever jaringan Anda. Gunakan antivirus premium terbaik yang sudah terbukti keampuhannya, jangan menggunakan antivirus gratisan yang saat ini mudah ditemukan pada mesin pencarian, kemudian pilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Demikianlah beberapa teknik hardening server yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan atau ancaman dari hacker yang tidak bertanggung jawab, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *