Simak Cara Setting Access Point First Media

cara setting Access Point First Media

Cara setting Access Point First Media tidaklah sulit untuk Anda terapkan. Tentu langkah yang satu ini bisa Anda aplikasikan ketika ingin mengkonfigurasi lebih lanjut. Sebagaimana diketahui, kebutuhan akan internet adalah hal yang sangat penting di era modern ini. Internet menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki agar Anda bisa browsing dari rumah dengan mudah. Jawaban untuk mengatasi itu semua bisa didapatkan dengan menggunakan internet rumah.

cara setting Access Point First Media
cara setting Access Point First Media

Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara melakukan setting atau mengkonfigurasi Access Point pada First Media yang dimiliki. Dengan wawasan tentang cara melakukan setting tersebut, maka Anda pun akan bisa menerapkan solusi yang tepat saat membutuhkannya. Mau tahu seperti apa caranya? Selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Laptop Yang Kompatibel

Tahapan awal dalam cara setting Access Point First Media yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyiapkan laptop yang kompatibel terlebih dahulu. Laptop yang kompatibel tersebut adalah yang sudah dikenal oleh modem bawaan dari fastnet itu sendiri. Langkah awalnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencolokan kabel UTP dari modem fastnet yang Anda miliki tersebut ke laptop atau PC. Pastikan pula bahwa internet yang ada di dalamnya sudah dalam keadaan nyambung.

Apabila sudah melakukan tahap awal tersebut, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencabut kabel UTP dari modem fastnet PC atau laptop Anda tersebut. Kemudian colokan ke Port WAN yang terdapat pada router TP Link. Jangan lupa colokan pula kabel UTP bawaan dari TP Link tersebut ke salah satu port LAN. Selanjutnya sambungkan ke laptop atau PC yang dimiliki.

2. Coba Buka Browser Anda

Tahapan selanjutnya dalam cara setting Access Point First Media yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka browser yang Anda miliki. Anda bisa mencoba menggunakan browser apa saja, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan lain sebaganya. Dari sini Anda tinggal mengetikan pada kolom Address Bar Browser Anda tersebut dengan angka berikut: 192.168.1.1. Jika sudah maka Anda tinggal menekan tombol Enter.

Saat menekan tombol Enter itulah, maka Anda akan masuk di halaman Login. Dari sini Anda akan melihat halaman yang menunjukan kolom Username dan Password. Anda hanya tinggal memasukannya saja dengan username dan password yang tersedia. Masukan username: admin dan password: admin. (Perlu diketahui bahwa ini merupakan password standard dari TP Link yang Anda miliki tersebut). Jika sudah, maka Anda bisa menekan tombol Login untuk masuk ke tahapan berikutnya.

3. Lanjutkan Dengan Masuk Ke Menu Setup Wizard

Cara setting Access Point First Media yang berikutnya adalah masuk ke menu Setup Wizard. Kemudian, di sini yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih Quick Setup. Jika sudah, maka berikutnya yang bisa dilakukan adalah memilih pada bagian Next. Di sinilah nanti yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih Dynamic IP. Kemudian pilih Next. Beberapa sudah tersedia secara default atau terpasang secara otomatis memilih Dynamic IP.

Jika sudah maka nantinya akan muncul pilihan Clone Mac Address. Selanjutnya, Anda bisa memilih Do Not Clone Mac. Dari sini yangbisa Anda lakukan adalah memilih pilihan Save. Ada dua pilihan yang bisa Anda terapkan di sini, yakni dengan menggunakan Clone atau tidak. Terserah Anda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Konfigurasi Tahap Lanjut Untuk Wireless

Tahap berikutnya dalam cara setting Access Point First Media adalah dengan masuk pada bagian konfigurasi Wireless. Ada beberapa kolom yang tersedia di sini. Anda bisa membiarkannya begitu saja. Tapi untuk bagian SSID, Anda bisa mengisinya dengan nama yang Anda kehendaki. Anda kemudian bisa memilih antara WPA-PSK atau WPA2-PSK. Lalu masukan PSK Password sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Quick Setup sudah selesai, dalam tahapan berikutnya Anda bisa memilih Finish. Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan Reboot. Dari sini Router akan melakukan Restart. Dari sini Anda bisa menghidupkan kembali modem fastnet yang dimiliki.

Ternyata penerapan cara setting Access Point First Media bukan hal yang sulit, bukan?

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *