Server Adalah Otak Utama Bagi Komputer dan Manfaatnya

Server Adalah Otak Utama Bagi Komputer

Server adalah otak utama komputer yang ada di sebuah perusahaan dan selalu dikaitkan dengan multi-device. Keberadaan server sangat dibutuhkan sebagai pusat pengolahan data dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Server Adalah Otak Utama Bagi Komputer
Server Adalah Otak Utama Bagi Komputer

Hal tersebut membuat banyak vendor-vendor server mengeluarkan berbagai jenis server untuk memenuhi kebutuhan perseorangan atau perusahaan. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu menyimak pembahasan mengenai server berikut ini!

Pengertian Server

Secara umum, server dapat diartikan sebagai suatu media penyimpanan data dan pusat informasi yang berfungsi untuk memberikan layanan (servis) kepada komputer client.

Komputer server juga dapat diartikan seagai suatu sistem komputer yang memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan serta mengendalikan akses setiap client yang terhubung dengan sebuah jaringan komputer.

Server tersebut didukung oleh prosesor, RAM, serta sistem operasi khusus yang biasa disebut dengan sistem operasi jaringan.

Fungsi Server Secara Umum

Pada umumnya, komputer server berfungsi untuk melayani permintaan komputer client, baik berupa data, file, aplikasi, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi server secara lebih rinci:

  1. Melayani berbagai macam permintaan dari kompute client
  2. Bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas data pada suatu jaringan
  3. Menyiman berbagai macam data, file, aplikasi, serta informasi yang dapat digunakan secara bersama-sama.
  4. Menyediakan software dan hardware yang dapat digunakan oleh banyak komputer client yang ada di dalam jaringan.
  5. Mengatur hak akses untuk membatasi client yang dapat mengakses data dari komputer server tersebut
  6. Memberikan basis data yang bisa dioperasikan pada komputer client yang ada pada jaringan

Manfaat Komputer Server

Seperti telah dijelaskan seelumnya bahwa server adalah otak utama dari komputer yang ada dalam perusahaan. Maka dari itu, server dapat memberi manfaat besar bagi suatu perusahaan, seperti efisiensi waktu dan  menghemat biaya sehingga operasional perusahaan tersebut menjadi lebih baik dan lebih sistematis. Hal ini akan membuat proses pengiriman dokumen atau data ke komputer client dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, komputer server juga dapat menghemat pembelian mesin printer dalam sebuah perusahaan karena komputer server memungkinkan penggunaan sebuah printer untuk mengoperasikan beberapa komputer yang ada dalam suatu jaringan untuk mencetak suatu dokumen.

Komponen Penting yang Dibutuhkan oleh Komputer Server

  1. RAM; agar dapat berjalan secara optimal, dibutuhkan kapasitas memori dengan ukuran yang besar.
  2. Processor; agar dapat memberikan layanan kepada komputer client yang ada dalam jaringan komputer tersebut, server memerlukan processor yang dapat bekerja dengan kecepatan yang tinggi.
  3. Hard Drive, komponen ini digunakan sebagai pusat penyimpanan data komputer client. Pada umumnya, penggunaan SSD sebagai media penyimanan data akan mendukung performa dari kinerja server tersebut.

Jenis-Jenis Server

Berikut adalah beberaa jenis server berdasarkan fungsinya:

  1. Proxy Server,

Proxy server merupakan jenis server yang membatasi permintaan data, kinerja koneksi, serta file-file lain antara server dan komputer client di luar jaringan. Selain itu, proxy server menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan global.

  1. Web Server

Web server merupakan perangkat lunak yang dipasang pada sebuah server yang berfungsi sebagai penyedia layanan permintaan data dengan protocol https atau http yang dapat diakses dengan menggunakan browers.

  1. File Server

File server dapat diartikan sebagai sebuah komputer yang berfungsi untuk menampung data yang dimiliki oleh client. Kapasitas dari server jenis ini biasanya tergantung pada HDD yang terdapat pada server tersebut.

  1. Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan jenis server yang menjalankan aplikasi tertentu untuk menyediakan sumber daya yang dapat diproses oleh komputer lainnya yang ada dalam jaringan.

  1. FTP Server

FTP server merupakan jenis server yang memiliki protocol FTP yang dapat dilkukn sebagai protocol untuk transfer data.

  1. Fax Server

Sesuai dengan namanya, Fax server merupakan jenis server yang elayani kebutuhan fax bagi komputer client. Biasanya, server jenis ini telah dilengkapi dengan modem yang dapat mendukung proses pengiriman dan penerimaan yang melalui server tersebut.

  1. Mail Server

Mail server merupakan jenis server yang berfungsi untuk melayani komputer client dalam hal berkirim surat elektonik. Selain itu, mail server juga menyediakan layanan pelengkap lainnya seperti web interface yang memudahkan komputer client untuk mengorganisir aurat yang dimiliki oleh client.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan server. Server adalah komputer yang berperan penting sebagai pusat data pagi komputer client yang ada di dalam jaringan. Ada beberapa jenis server yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *