Security System Adalah Solusi Untuk Menjaga Keamanan Perangkat Anda

Security system adalah solusi yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan keamanan pada perangkat yang Anda gunakan. Pada era informasi saat ini, kebutuhan teknologi khususnya komputer semakin meningkat setiap tahunnya karena dianggap sangat bermanfaat dalam memudahkan pekerjaan manusia. Di balik pesatnya penggunakan perangkat komputer, ternyata tindakan kriminal yang berkaitan dengan pencurian data atau informasi yang terdapat pada komputer juga semakin meningkat. Hal ini karena di dalam komputer tidak terdapat sistem yang aman 100%. Karena itulah, user sangat membutuhkan security system untuk meminimalisir kelemahan yang ada pada komputer dan memberi jaminan keamanan agar data-data yang ada di dalamnya tidak mudah dicuri. Berikut ini akan dijelaskan mengenai definisi dan berbagai macam kelebihan security system pada perangkat komputer Anda.

Definisi Security System

Security System komputer
Security System komputer

Security System merupakan suatu sistem atau mekanisme yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk mengamankan sebuah perangkat hardware maupun software pada sebuah komputer.

Kelebihan Security System

  1. Mendeteksi adanya malware maupun ancaman lainnya dari sebuah situs

Penggunaan security system pada sebuah perangkat komputer dapat membantu user dalam mendeteksi adanya malware dan berbagai macam ancaman lainnya yang berasal dari suatu situs yang Anda kunjungi. Tanpa adanya firewall yang aktif pada komputer Anda, maka semua konten yang berisi malware yang dapat merusak komputer Anda akan dapat masuk dengan mudah.

Dengan adanya firewall tentu saja akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat berselancar di dunia maya, tanpa perlu merasa khawatir dengan adanya gangguan malware yang berbahaya dari situs yang Anda kunjungi.

Sebenarnya malware tak hanya berasal dari situs yang Anda kunjungi. Malware juga bisa berasal dari software yang telah diinstall ke dalam komputer. Jadi, Anda harus tetap hati-hati saat menggunakan software bajakan yang kurang aman.

  1. Menjaga user untuk tidak masuk ke dalam situs yang berbahaya

Security system juga dapat menjaga dan mencegah agar user tidak masuk ke dalam situs yang dianggap berbahaya. Misalnya, saat membuka situs jejaringan sosial, biasanya terdapat banyak link-link yang berasal dari situs yang kurang terpercaya yang dishare di jejaring sosial tersebut. Dengan adanya firewall, user tidak akan sembarangan mengklik link-link tersebut sehingga user tidak masuk ke dalam situs yang dianggap berpotensi mengundang bahaya pada perangkat komputer Anda.

  1. Memblokir beberapa situs tertentu

Security system adalah mekanisme yang dirancang untuk memblokir beberapa situs tertentu, beserta alamat IP dari situs tersebut. Dengan melakukan pemblokiran sebuah situs beserta alamat IP situs tersebut, Anda tidak bisa lagi membuka situs yang dapat mengganggu Anda saat berselancar di dunia maya.

  1. Memperingatkan user ketika akan mendownload apapun yang berasal dari situs yang tidak aman

Security system juga dapat memperingatkan user ketika hendak mendownload sebuah konten dari situs yang tidak aman. Beberapa konten yang yang diunduh terkadang bisa saja berisi materi yang tidak sesuai dan bahkan bisa jadi itu adalah sebuah malware yang dapat membahayakan perangkat komputer Anda.

Dengan adanya firewall pada perangkat komputer, user akan lebih waspada saat akan mendownload sebuah konten dari situs tertentu di internet.

  1. Mencegah pembajakan atau peretasan terhadap komputer user melalui jaringan komputer

Pembajakan atau peretasan sebuah komputer yang dilakukan melalui jaringan komputer saat ini marak dilakukan oleh para hacker. Salah satu bentuk cyber crime tersebut dilakukan pada skala kecil maupun skala besar. Biasanya, perangkat komputer yang memiliki keamanan firewall yang lemah yang banyak menjadi sasaran pembajakan yang dilakukan oleh para hacker.

Hal ini mendorong user untuk mengaktifan firewall pada perangkat komputer. Dengan adanya sistem keamanan yang baik, komputer tersebut akan memiliki proteksi sehingga tidak mudah diretas melalui jaringan komputer.

  1. Memberi proteksi saat melakukan koneksi jaringan pada tempat umum

Saat ini banyak sekali tempat publik menyediakan fasilitas jaringan internet. Public wifi tentu saja akan memudahkan para user untuk menikmati internet. Namun, public wifi menyimpan ternyata juga menyimpan potensi yang dapat membahayakan perangkat user. Karena itulah, security system sangat dibutuhkan guna menjaga keamanan perangkat dari bahaya peretasan melalui jaringan public wifi tersebut.

Kesimpulannya, security system adalah solusi yang dapat membantu Anda dalam menjaga keamanan perangkat yang Anda gunakan. Karena itulah, sebaiknya Anda melengkapi perangkat yang Anda gunakan dengan security system ini.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *