Security Guard Adalah Wajah bagi Sebuah Perusahaan

Security Guard

Satuan Pengamanan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah security guard adalah mereka yang berperan penting untuk menjaga keamanan. Namun sebenarnya peran satpam bagi sebuah perusahaan tidak sebatas itu saja. Pada sebuah perusahaan, ternyata keberadaan satpam sangat penting dalam memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan tersebut. Untuk lebih memahami apa dan bagaimana satuan keamanan itu, Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini!

Pengertian Security Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam)

Security Guard

Satuan pengamanan atau biasa disingkat Satpam merupakan satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh sebuah instansi, proyek, ataupun badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka memberikan keamanan swakarsa di lingkungan kerja mereka.

Definisi lain dari Satpam adalah tim atau kelompok yang bertugas mengamankan aset dari tindakan kejahatan atau kerusakan.

Satpam terbentuk karena Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa mereka tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban tanggung jawab dan fungsi kepolisian. Maka dari itu, pada tanggal 30 Desember 1980, satuan pengamanan ini resmi dibentuk.

Peran Security Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam)

Satpam berperan melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari berbagai macam gangguan keamanan. Selain itu, mereka juga menegakkan peraturan serta tata tertib yang berlaku di lingkungan tersebut.

Satpam menyediakan layanan keamanan profesional untuk gedung-gedung, kantor publik, infrastruktur publik, serta lokasi-lokasi bisnis atau perusahaan. Mereka dapat dibentuk oleh pemerintah maupun organisasi swasta namun tetap disahkan oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Berikut ini adalah peran dari anggota Satpam:

  1. Unsur Pembantu Pimpinan institusi/proyek/badan usaha di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.
  2. Unsur Pembantu Polri di bidang hukum dan waspada keamanan (security minded0 di lingkungan kerjanya.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang petugas Satpam harus mempunyai profesionalitas dalam bekerja. Bentuk profesionalisme dari petugas Satpam, yaitu memiliki kemampuan fisik yang prima, pribadi yang disiplin, tegas namun sopan, bijaksana, serta tanggap pada setiap peristiwa yang terjadi di wilayah keamanannya.

Jika terjadi masalah keamanan di wilayah keamanannya, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab dari petugas Satpam tersebut. Dia harus dapat menangani permasalahan tersebut semaksimal mungkin. Namun apabila hal tersebut sudah berada di luar batas kemampuannya, maka satpam harus segera menghubungi pihak kepolisian.

Untuk dapat menjalankan tugasnya secara lebih optimal dan profesional, maka seorang satpam harus memiliki kemampuan bela diri dasar yang mumpuni serta tahu caranya melumpuhkan dan menangkap pelaku kejahatan yang mengganggu keamanan di wilayahnya kerjanya.

Syarat dan Keterampilan Security Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam)

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang diterapkan untuk mendapatkan satuan pengamanan (satpam) yang profesional:

  1. Surveillance Keterampilan, Objektivitas, kontrol emosional, integritas, Manajemen Keselamatan, Profesionalisme, Keterampilan Pelaporan, Lulus tes kesehatan, dan kesamataan, lulus psikotes, serta sertifikat bebas narkoba.
  2. Mengikuti diklat minimal Garda Pratama dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peran Penting Surity Guard atau Satuan Pengamanan (Satpam) bagi Sebuah Perusahaan

Banyak orang berpikir kalau petugas satpam hanya sebatas menjaga keamanan saja, namun sebenarnya mereka memegagang peran yang cukup penting bagi sebuah perusahaan. Orang lupa bahwa security guard adalah wajah perusahaan. Disebut sebagai wajah perusahaan karena mereka adalah yang memberikan kesan pertama bagi peningkatan reputasi perusahaan.

Perusahaan yang baik sadar benar untuk memperbaiki wajah perusahaan untuk meningkatkan citra perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan membuat tata tertib, tata cara, pedoman pelayanan, serta etika  pelayanan petugas satpam sebagai front liner. Karena itu, petugas satpam harus selalalu dilatih etos kerjanya, karakternya, sikapnya, kebiasaannya, perilakunya, emosinya, cara berpakaiannya, serta hati nuraninya. Mereka harus benar-benar disiapkan dengan baik untuk bisa memberikan pelayanan prima.

Sejak pertama kali tamu ataupun pelanggan masuk wilayah perusahaan, para petugas satpam harus dapat memberikan pelayanan prima bagi para tamu yang datang. Mereka harus mampu menciptakan perilaku dan sikap yang cekatan dan cepat dalam melakukan proses pelayanan sehingga membuat para tamu atau pelanggan yang datang ke perusahaan dapat merasa tenang dn nyaman.

Security guard sebagai wajah perusahaan harus ditampilkan sesempurna mungkin. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat merekrut orang-orang yang cocok dan berbakat untuk bekerja sebagai petugas security guard atau satpam.

Demikianah pembahasan tentang security guard atau satuan pengamanan (satpam). Security guard adalah wajah perusahaan yang dapat meningkatkan citra perusahaan. Oleh karena itu, satpam memegang peranan yang penting dan tak hanya sebatas menjaga keamanan saja.

 

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *