Seberapa Pentingkah Memasang Kamera CCTV pada Rumah atau Kantor?

CCTV kantor

Seberapa pentingkah memasang kamera CCTV pada rumah atau kantor? Ya, mungkin sebagian orang masih penasaran akan pentingnya penggunaan CCTV pada rumah ataupun kantor. Pemasangan CCTV pada rumah maupun kantor ternyata bukan hanya sekadar untuk simbol kemewahan semata. Faktanya, kini CCTV sangat berperan untuk menciptakan kondisi hunian maupun tempat kerja yang aman dan nyaman. Simak beberapa alasan pentingnya pemasangan CCTP pada rumah dan kantor berikut ini!

CCTV kantor
CCTV kantor

1.      Meminimalisir Terjadinya Pencurian

Pemasangan CCTV baik di rumah maupun kantor ternyata sangat berguna untuk memilimalisir terjadinya tindak kejahatan pencurian pada hunian ataupun tempat kerja Anda. Para penjahat atau pencuri yang berniat untuk masuk ke rumah atau kantor pasti akan berpikir berulang kali ketika tahu rumah atau kantor Anda memiliki CCTV.

Dengan adanya CCTV, para pencuri yang menjadikan rumah Anda sebagai target kejahatannya akan merasa terintimidasi dan mereka akan merasa takut untuk menyatroni rumah Anda karena khawatir kejahatannya akan terbongkar.

2.      Memudahkan Pengumpulan Bukti Saat Ada Kasus Kemalingan

Meski sudah dilengkapi CCTV, tetap saja ada rumah dan kantor yang mengalami kemalingan. Untuk memudahkan pengumpulan bukti saat melaporkan kasus kejadian kemalian pada pihak yang kepolisian, Anda perlu menggunakan rekaman CCTV.

Dengan penggunaan rekaman CCTV, pihak kepolisian akan lebih mudah melacak siapa pelaku pencurian yang sebenarnya. Sebaliknya, jika rumah atau kantor tak terpasangan CCTV, ditambah lagi jika saat kejadian tidak ada saksi mata, hal ini tentu saja akan membuat pihak berwajib kesulitan dalam menindaklanjuti laporan Anda.

3.      Pengawasan Ekstra pada Pengasuh Anak atau Babysitter

Bagi orang tua yang memiliki aktivitas yang padat, penggunaan jasa pengasuh anak atau babysitter menjadi sebuah pilihan. Meski demikian, meninggalkan si buah hati bersama pengasuh atau babysitter ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada jaminan yang bisa memastikan Anda mendapatkan pengasuh anak atau babysitter yang terpercaya hingga Anda melihat bukti nyata dengan mata kepala Anda sendiri.

CCTV dapat membantu Anda untuk memberikan pengwasan ekstra pada pengasuh atau babysitter yang menjaga buah hati saat Anda tak sedang di rumah. Adanya CCTV akan membuat babysitter tak dapat bertindak sesuka hatinya dalam mengasuh putra-putri Anda. Selain itu, dengan melihat rekaman CCTV, Anda dapat memastikan apakah pengasuh anak tersebut sudah bekerja sesuai dengan prosedur ataukah tidak.

4.      Menghindari Datanganya ‘Tamu Tak Diundang’ ke Dalam Rumah

Saat ini banyak pelaku kejahatan bertindak semakin terangan-terangan. Ada penjahat yang semula menyamar sebagai tamu dan akhirnya melakukan aksi kejahatannya di depan mata kepala kita. Nah, untuk menghindari datangan ‘tamu yang tak undang’ tersebut, Anda perlu memasang CCTV di rumah. Pemasangan CCTV pada bagian depan rumah akan lebih terpercaya untuk memonitor gerak-gerik tamu yang mencurigakan dibandingkan jika hanya menggunakan jendela dan celah intip pada pintu.

5.      Membantu Menemukan Barang yang Hilang

seberapa pentingkah memasang kamera CCTV pada rumah atau kantor? Jelas CCTV sangat penting untuk dipasang di beberapa sudut rumah atau kantor Anda. Nah, manfaat penting pemasangan CCTV yang selanjutnya adalah membantu Anda untuk menemukan barang yang hilang.

Bagi Anda yang kerap kali mengalami masalah kehilangan barang di rumah maupun kantor karena faktor kelalaian, maka Anda dapat mengandalkan CCTV untuk menemukan barang yang hilang seperti telepon genggam,kunci, hingga dokumen penting. Untuk itu, Anda perlu memasang CCTV pada bagian-bagian penting dalam rumah atau kantor sehingga Anda akan lebih mudah menemukan barang yang hilang tersebut di lokasi-lokasi yang dianggap strategis.

6.      Mengurangi Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Asuransi Rumah

Beberapa orang ada yang memutuskan untuk ikut asuransi yang memprioritaskan tingkat keamanan rumah. Asuransi yang semacam ini biasanya dipatok dengan harga yang cukup tinnggi. Hal ini yang terkadang membuat kita berpikir dua kali untuk memberikan asuransi pada rumah. Dengan adanya CCTV, secara otomatis keamanan rumah dapat meningkat sehingga Anda tak lagi menggantungkan keamanan rumah pada suransi saja. Akan lebih baik bagi Anda untuk mengeluarkan biaya satu kali untuk pemasangan CCTV daripada setiap bulan harus membayar mahal untuk asuransi, bukan?

Demikianlah beberapa alasan yang semoga bisa menjawab pertanyaan ‘seberapa pentingkah memasang kamera CCTV pada rumah atau kantor’. Demi menjaga keamanan dan menghindari hunian ataupun tempat kerja Anda dari bahaya tindak kejahatan, sebaiknya Anda segera memasang alat CCTV baik di rumah maupun kantor Anda.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *