4 Perbedaan VPS, Shared Hosting dan Dedicated Server Paling Menonjol

Dedicated server

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang perbedaan VPS, shared hosting dan dedicated server. Meski terlihat sama namun nyatanya ketiga hal ini berbeda sehingga Anda perlu mengetahui perbedaannya terutama yang menggeluti dunia web hosting. Tanpa pengetahuan yang cukup Anda tidak akan bisa memilih spesifikasi yang baik dan benar untuk bisa membangun sistem di website Anda. Agar tidak salah pilih, simak perbedaan VPS, shared hosting dan dedicated server berikut ini:

Pengertian

Dedicated server
Dedicated server

Mempelajari perbedaan VPS, shared hosting dan dedicated server adalah hal yang penting agar Anda bisa menemukan sumber daya yang tepat. Akan sangat disayangkan jika sumber dayanya tidak sesuai dengan sistem website. Misalnya Anda ingin membangun website yang basisnya adalah blog, seharusnya Anda memesan layanan shared hosting yang lebih murah meriah. Anda harus melihat definisi Dedicated Server, VPS, dan shared hosting terlebih dahulu.

Dedicated server adalah penyewaan server secara utuh diletakkan pada data center berbagai arau shared dengan pengguna yang lainnya. Sedangkan shared hosting ini layanan hosting yang dilakukan secara bersama-sama dimana sistemnya dibagi-bagi oleh pengguna yang lainnya. Sedangkan VPS adalah teknologi dari perangkat lunak yang memungkinkan pembagian sumber daya ke dalam virtual mesin pada server. VPS ini adalah teknologi atau perangkat lunak yang mana memungkinkan pembagian sumber daya ke dalam virtual mesin di server. Tiap-tiap server akan memiliki sistem operasi yang berjalan secara mandiri.

Layanan

Jika Anda memilih berlangganan shared hosting maka sebuah server dinikmati bersama-sama ratusan sampai dengan ribuan website. Semua website pelanggan berjalan dan beroperasi di sebuah sistem operasi dan control panel yang sama. Jika Anda berlangganan VPS Anda seperti memiliki server sendiri. Cara kerjanya server dibagi-bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan resources atau sumber daya yang dimiliki sehingga setiap bagian akan bisa menjalankan sistem operasi sendiri-sendiri. Untuk dedicated server akan ada server fisik yang bisa Anda gunakan untuk menginstal sistem operasi dan kontrol panel dengan melakukan pengaturan penuh terhadap server tersebut.

Sumber Daya

Jika Anda menggunakan shared hosting maka sumber daya yang dimiliki oleh server tersebut bisa dinikmati secara bersama sehingga terdapat pelanggan yang kurang baik atau rakus dalam memakan sources sehingga pelanggan yang lainnya otomatis bisa terganggu. Jika Anda menggunakan VPS maka Anda bisa memilih dua pilihan VPS yang pertama adalah OS dan kedua berbasis hardware. Pada hakikatnya sumber data ini sama dengan Shared Hosting namun Anda memiliki hak akses penuh di sistem operasi seakan-akan memiliki server sendiri. Dedicated server ini ibarat rumah yang mana di isi oleh satu keluarga saja maka berhak melakukan apa saja pada servernya.  Meski di ibaratkan satu rumah namun sebuah rumah tetap berada di sebuah kompleks atau lingkungan sehingga keluarga tersebut tidak boleh membuat kegaduhan yang mana bisa mengganggu penghuni kompleks atau lingkungan yang lainnya.

Biaya

Perbedaan VPS, shared hosting dan dedicates server ini adalah biayanya. Pada penggunaan shared hosting karena layanan minimal maka biaya yang dikeluarkan tentu lebih kecil, cocok bagi Anda yang memiliki usaha kecil atau memiliki aktivitas blogging. VPS jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan layanan shared hosting namun layanan VPS ini memiliki kelebihan yaitu bisa melakukan sistem operasi yang ingin digunakan pada sistem website Anda. Layanan dedicates server biayanya yang paling mahal karena hanya digunakan untuk Anda pribadi. Server ini cocok bagi Anda yang ingin membuka bisnis dengan skala besar dimana Anda seakan-akan memiliki server sendiri dan memiliki data center yang sudah disediakan oleh provider.

Dari beberapa perbedaan VPS, shared hosting dan dedicated server yang disebutkan di atas bisa disimpulkan bahwa dedicated server ini adalah unggulannya karena satu server hanya digunakan oleh Anda pribadi meski begitu harga yang dikeluarkan juga cukup mahal sehingga hanya cocok bagi bisnis skala besar saja.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *