Perbedaan Software Crack, Keygen, Patch dan Original

Perbedaan software crack, Keygen, patch dan original

Perbedaan software Crack, Keygen, Patch dan Original – Jika Anda pernah mendownload atau menggunakan software bajakan yang sifatnya full version pasti sudah tidak asing dengan yang namanya crack. Ya crack akan membuat Anda bisa mendapatkan software yang sifatnya full version secara illegal. Selain crack, Anda juga tidak asing dengan patch? Patch ini juga bisa membuat software yang full version bisa Anda miliki secara ilegal.

Perbedaan software crack, Keygen, patch dan original
Perbedaan software crack, Keygen, patch dan original

Lalu bagaimana dengan Keygen? Sebenarnya ketiga nama tersebut memiliki fungsi yang sama untuk menyempurnakan sebuah software atau game agar menu dan fitur pada perangkat lunak tersebut bisa digunakan secara keseluruhan. Agar bisa membedakan, simak perbedaan software crack, Keygen, patch dan original yang penting untuk Anda ketahui:

Crack

Crack adalah aktivitas pembobolan suatu software berbayar secara ilegal. Tujuannya agar dalam pendaftarannya bisa tanpa membeli atau membayar lisensi resmi dari pembuat software tersebut. Hal ini memiliki maksud memperoleh fungsi dari software tersebut tanpa harus membayar penuh. Biasanya software crack ini harus mendaftar atau yang paling minimal adalah memasukkan nomor registrasi unik di software tersebut sehingga crack menjadi cara yang ilegal. Cracker atau alat untuk crack ini sebagian besar antivirus menganggapnya sebagai trojan maupun virus sehingga Anda harus melakukan disable antivirus Anda di komputer terlebih dahulu.

Saat penginstalan software crack ini Anda juga harus mematikan internet terlebih dahulu. Bisa dikatakan software crack adalah software yang dibuat full version dengan cracker dimana hal tersebut akan memindahkan dan menggantikan file tertentu di folder instalasi yang bersangkutan biasanya di system atau drive C. Crack biasanya juga sudah tersedia di software yang Anda download.

Keygen

Software Keygen ini jauh lebih susah dibandingkan dengan crack. Yang dimaksud dengan Keygen adalah program kecil yang mana mampu memberikan hasil algoritma tertentu dengan versi dan jenis software. Keygen ini memiliki hitungan sendiri, Anda harus memberikan nomor versi software untuk menggunakannya. Anda harus melakukan generate dan kode yang di generate menjadi angka unik. Namun sama dengan yang lainnya dimana Keygen ini juga disebut dengan virus atau trojan sehingga Anda perlu mematikan antivirus terlebih dahulu.

Patch

Pada jenis patch Anda akan dihadapkan pada program dengan ukuran kecil biasanya, dimana program atau software tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu bisa membuat program yang tadinya trial bisa digunakan secara full. Biasanya fungsi patch digunakan untuk memperbaiki software atau program yang ada bug maupun celah keamanan yang ditembus. Secara kasarnya adalah patch ini akan langsung membawa Anda ke software yang mana sudah digunakan secara penuh dan sudah dilakukan registrasi. Namun yang harus Anda waspadai pada software patch adalah bisa membawa virus trojan dan virus yang lainnya.

Original

Perbedaan software crack, Keygen, patch dan original yang paling menonjol adalah originalnya. Software terbaik adalah yang original dimana dengan membeli yang original Anda tidak melakukan tindakan ilegal. Tindakan ilegal adalah tindakan yang melawan hukum sehingga bisa dikenakan sanksi berupa hak cipta. Sedangkan untuk original ini Anda membeli lisensi resmi dari software tersebut, Anda akan mendapatkan serial number untuk aktivasi versi fullnya. Hal yang membuat software versi original ini jarang di lirik adalah pembelian lisensinya yang mahal selain itu ada masa aktivasi seperti sebulan, 6 bulan, bahkan setahun sehingga saat masa aktif habis Anda harus memperpanjang atau membeli lisensinya kembali.

Demikianlah perbedaan software crack, Keygen, patch dan original yang wajib untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *