Perbedaan Server Dan Workstation Yang Harus Anda Ketahui

perbedaan server dan workstation

Perbedaan server dan workstation – Teknologi IT saat ini terus berkembang. Hal tersebut membuat semakin banyaknya bermunculan teknologi yang membantu kinerja baik individu maupun perusahaan yang membutuhkan mobilitas tinggi dalam hal transfer, sharing dan penyimpanan data. Biasanya, mereka menggunakan server dan workstation sebagai teknologi yang membantu kinerja mereka. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa workstation dan server sama, padahal pengertian dan fungsi antara workstation dengan server sangat berbeda. Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan server dan workstation, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Server dan Workstation

Workstation merupakan komputer yang khusus dirancang untuk tujuan ilmiah maupun teknis. Biasanya, komputer desktop atau PC tak cocok digunakan untuk tugas teknis. Oleh sebab itu, perangkat yang memiliki spesifikasi jauh lebih baik disebut sebagai workstation. Workstation bisa dalam bentuk terminal komputer mainframe ataupun PC yang memang sudah terhubung ke dalam jaringan. Organisasi seperti halnya Silicon Graphics, komputer Apollo, HP, DEC, dan juga IBM memproduksi computer workstation.

Workstation bisa  terdiri dari beberapa tampilan dan juga perangkat input selain dari mouse dan juga keyboard. Perangkat ini juga bisa memiliki keyboard yang juga bisa diprogram, pengontrol, dan juga speaker dengan kualitas tinggi. Selain itu, workstation juga menyediakan kapasitas memori yang sangat tinggi dan juga kemampuan dengan multi-tasking. Oleh sebab itu, workstation juga memiliki kinerja yang jauh lebih baik daripada komputer pribadi yang biasanya.

Selain itu, workstation juga bisa menangani data yang kompleks seperti desain mekanik 3D, aplikasi animasi, aplikasi rendering gambar, dan juga plot matematika dan juga berbagai simulasi yang berbasis teknik. Workstation merupakan mesin yang sangat canggih dengan berbagai aksesori dan juga alat kolaborasi untuk bisa menyelesaikan berbagai tugas yang sangat kompleks.

Sedangkan server merupakan perangkat yang dikhususkan untuk menyediakan berbagai layanan pada perangkat yang sudah terhubung. Satu computer server bisa memberikan pelayanan langsung kepada banyak klien. Mungkin akan ada beberapa server didalam satu mesin yang akan melayani klien berbeda. Umumnya, server akan berjalan tanpa terputus atau 24 jam nonstop. Klien dan juga server akan berkomunikasi antara satu dengan lainnya lewat sebuah jaringan. Klien akan mengirim permintaan layanan dari komputer server. Kemudian nantinya server akan merespons kembali ke klien dengan cara menyediakan layanan.

Saat ini ada berbagai jenis server. Server web akan menyediakan berbagai sumber daya web yang sesuai dengan semua permintaan klien. Server aplikasi juga akan menyediakan logika bisnis bagi program aplikasi dengan cara menggunakan protokol yang jauh berbeda. Server file juga akan menyediakan file kepada pihak klien. Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan workstation dan sevrver, berikut ini beberapa perbedaan server dan workstation.

Perbedaan Antara Server Dan Workstation

Ada beberapa perbedaan workstation dan server yang mungkin belum Anda ketahui sehingga terkadang Anda menyamakan kedua teknologi yang satu ini. Perbedaan dari kedua teknologi ini terlihat dari definisi dan penggunaannya.

Workstation merupakan perangkat canggih yang digunakan untuk memecahkan segala masalah teknis yang rumit terkait dengan berbagai pekerjaan seperti mesin, animasi, grafik, simulasi dan lain sebagainya. Sedangkan server merupakan perangkat yang akan menanggapi permintaan dari para kliennya dengan cara menyediakan berbagai layanan pada mereka.

Itulah beberapa perbedaan server dan workstation yang wajib Anda ketahui agar tidak salah dalam instalasi dan penggunaannya.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *