Perbedaan HDD IDE, ATA, SATA Dan SSD Yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan HDD IDE, ATA, SATA dan SSD – Semakin berkembangnya teknologi informasi membuat banyak bermunculannya berbagai jenis teknologi media penyimpanan. Mungkin, bagi sebagian orang sudah mengetahui beberapa jenis media penyimpanan. Namun, masih banyak yang kurang mengetahui jenis-jenis media penyimpanan dan perbedaannya. Berikut perbedaan HDD IDE, ATA, SATA dan SSD yang wajib Anda ketahui.

IDE

IDE atau Integrated Drive Electronics adalah standar interface antara bus data pada motherboard komputer dengan hardware disk storage. IDE interface ini pertama kali di buat berdasarkan dari IBM PC Industry Standard Architecture atau ISA 16-bit bus. Interface IDE merupakan interface untuk jenis storage devices yang bisa diintegrasikan untuk harddisk maupun CD-ROM drive.

Walaupun IDE adalah teknologi yang sudah umum, akan tetapi kebanyakan orang lebih menggunakan istilah IDE ini untuk merujuk kepada spesifikasi ATA. Hal tersebut dikarenakan ATA merupakan pengembangan dari IDE yang sebenarnya kemampuannya tidak jauh beda dengan IDE.

ATA

Jenis drive yang saat ini banyak digunakan oleh para user komputer ialah tipe ATA atau dikenal dengan IDE drive. ATA sendiri di buat berdasarkan standard pada tahun 1986 silam dengan menggunakan kecepatan 16 bit paralel dan semakin  berkembang dengan menambahkan kecepatan transfer dan juga ukuran dari disknya.

Standart terakhir yang dirilis ialah ATA-7 yang pertama kali dikenalkan pada tahun 2001 silam oleh pihak komite T13. Tipe ATA-7 ini memiliki kecepatan data transfer sebesar 133 MB/sec. Kemudian pada tahun 2000 ditentukan standar baru untuk paralel ATA dengan kecepatan transfer data rate sebesar 133 MB/sec, akan tetapi paralel ATA memiliki banyak masalah dalam hal sinyal timin, EMI atai electromognetic interference dan juga intergitas data.

Setelah itu, para industri berusaha untuk menyelesaikan semua masalah yang timbul pada paralel ATA dan di akhirnya buat standar baru yang di sebut dengan Serial ATA atau SATA).

ATA sendiri menggunakan teknologi 16 bit paralel yang digunakan untuk bisa mengontrol seluruh peralatan komputer, dan sudah di pakai hampir selama 18 tahun lebih. Perbedaan dari SATA dan ATA yang terlihat jelas ialah pada kabel data dan juga power yang terlihat berbeda.

SATA

SATA berbeda dengan ATA. SATA memiliki jumlah 15 pin kabel power dengan kapasitas 250 mV. SATA memang memerlukan daya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan 4 pin yang ada pada ATA. Akan tetapi pada kenyataanya tetap sama saja. Dan kemampuan yang dimiliki oleh SATA yang paling bagus ialah bisa tercapainya jumlah maximum bandwith yakni sebesar 150 MB/sec.

Keuntungan yang diberikan oleh SATA ialah SATA ialah memiliki kemampuan hot-swap sehingga bisa mematikan dan juga menyalakan tanpa harus melakukan shut down di sistem komputer.

Sedangkan dalam hal harga, drive jenis SATA sedikit lebih mahal di bandingkan dengan drive ATA. Jadi SATA tentunya lebih memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan ATA dalam hal connector, tenaga, dan yang dirasa paling penting adalah pada performanya. Saat ini, standar ATA sudah mulai di tinggalkan dan juga produsen lebih memilih standart SATA.

SSD

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa HDD yang sering kita gunakan sebagai media storage masih memiliki bagian mekanik didalam komponennya. Sedangkan media SSD atau singkatan dari Solid State Disk ini menggunakan teknologi seperti halnya USB Drive ataupun memori komputer.

Jika diperhatikan, media seperti halnya USB Drive ini tak memiliki komponen yang berputar. Intel berhasil bekerja sama dengan salah satu pabrik asal Taiwan yakni Kingston untuk mempromosikan SSD Intel, alhasil kehadiran dari kedua nama itu menjadikan pasar SSD ini semakin trus bertambah.

Nama yang tak asing lagi di dalam dunia SSD ialah Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba dan juga Seagate kabarnya akan merambah ke dalam pasar SSD ini. Kedepannya, media penyimpanan ini juga akan jauh lebih mengarah ke SSD karena memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan saat ini seperti halnya Harddisk.

Itulah perbedaan HDD IDE, ATA, SATA dan SSD yang bisa Anda pelajari. Saat ini, SSD berhasil merambah dunia storage device sehingga mampu menggeser IDE, ATA dan SATA. Namun, SATA tetap mampu menjadi media penyimpanan utama, karena SSD memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Ada banyak informasi mengenai perbedaan HDD IDE, ATA, SATA dan SSD yang bisa Anda pelajari sebagai bahan refferensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *