Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor, Mana yang Lebih Tangguh?

CCTV Outdoor

Apa perbedaan CCTV indoor dan outdoor? Apa saja keunggulan dan kekurangan dari keduanya?

Ada beberapa jenis Closed Circuit Television atau CCTV dengan fungsi berbeda-beda. Demikian juga kamera yang digunakan resolusinya mungkin tidak sama.

Dilihat dari fungsi dan penempatannya, kamera CCTV dibagi menjadi 2 jenis yaitu CCTV indoor dan outdoor. Pengertian gampangnya, CCTV indoor dipasang dalam ruangan, sebaliknya CCTV outdoor digunakan di luar ruangan. Pengertian itu benar namun ada beberapa perbedaan lebih spesifik lain yang mungkin perlu kita ketahui.

Nah, apa saja perbedaan CCTV indoor dan outdoor? Silakan disimak ulasannya berikut ini.

CCTV indoor

CCTV indoor
CCTV indoor

Kamera CCTV indoor adalah perangkat kamera yang digunakan untuk memantau aktivitas dalam ruangan. Bahan utama yang digunakan adalah material plastic fiber. Umumnya lensa kamera yang digunakan 3.6mm dengan rasio (sudut pandang) mencapai 70%.

Jika diperhatikan, bentuk kamera CCTV dalam ruangan ini sedikit melengkung dan dilengkapi efek semi fisheye. Dia juga memiliki ventilasi udara yang berfungsi untuk membuang suhu panas yang biasanya berpusat di bagian chipset. Cakupan atau jangkaun video yang dihasilkan biasanya juga lebih lebar.

Karena merupakan kamera indoor maka CCTV jenis ini harus dipasang di area beratap. Hal ini untuk menghindari kerusakan kamera dari hujan dan panas. CCTV indoor juga memungkinkan dipasang di luar ruangan dengan syarat harus memiliki atap atau pelindung.

Untuk tipe yang digunakan saat ini, pengguna lebih banyak memilih CCTV indoor model wireless dibanding jenis kabel.

CCTV Outdoor

CCTV Outdoor
CCTV Outdoor

Jika harus di adu, CCTV indoor vs outdoor maka dari segi ketangguhan sudah pasti CCTV outdoor lebih unggul. Ini bisa dilihat dari Ingres Protection Code (rating IP) yaitu IP66. Dari kode tersebut bisa dipastikan CCTV ini memiliki tingkat perlindungan lebih tinggi.

Rating IP66 maka CCTV mampu menahan tekanan semprotan air. Sedangkan rating IP67 berarti mampu bertahan dan tidak akan rusak di kedalaman air maksimal 1 meter.

Jika CCTV indoor hanya unggul dalam hal lebar video, maka CCTV outdoor juga memiliki keunggulan yang sama tapi juga unggul dari segi jarak pandang. Hal ini karena jenis CCTV ini memang dirancang untuk memantau jarak jauh dengan sudut pandang lebih lebar. Jenis CCTV outdoor mudah kita lihat di halaman rumah, jalan raya, disekitar traffic light, atau tempat-tempat lain yang biasanya memiliki jarak pandang tidak terbatas.

Kamera CCTV outdoor juga dibekali chip sensitif khusus menggunakan infrared (IR). Tingkat sensitivitas sensor IR ini sangat tinggi terhadap radiasi infra merah dalam spectrum dekat dengan sumber IR terdekat. Kendati demikian mata telanjang manusia tidak dapat melihat ‘cahaya’ yang muncul tersebut.

Kamera infrared pada CCTV outdoor menggunakan teknologi IR Light Emitting Diode (LED) yang berfungsi untuk menghasilkan cahaya infrared yang menyinari daerah tertarget. LED umumnya dipasang di samping ataupun sekitar kamera supaya mengarah ke target yang sama.

CCTV outdoor juga dilengkapi dengan fitur night vision. Dengan fitur ini maka kamera bisa men-capture video dalam kondisi gelap. Bahkan sebagian besar produk CCTV outdoor juga dilengkapi komponen housing protection sehingga mampu bertahan dalam cuaca yang sangat ekstrim.

Dari pembahasan perbedaan CCTV indoor dan outdoor tadi bisa disimpulkan bahwa keduanya memiliki kesamaan secara fungsi namun ada perbedaan dari segi jangkauan dan ketahanan terhadap cuaca. Mana yang harus dipilih? Tentu saja pilihan harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, CCTV untuk instalasi dalam ruangan atau luar ruangan.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *