Peranan Server dan Storage untuk Kelancaran Operasional Perusahaan

Stoarage

Peranan server dan storage untuk kelancaran operasional perusahaan begitu terasa pada era teknologi yang berkembang dengan pesat seperti saat ini. Kini, konsumen sebuah perusahaan dapat dengan mudah menikmati fasilitas sistem informasi yang selalu terkoneksi dengan internet. Di balik kemudahan fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan, ternyata terdapat satu insfrastruktur jaringan komputer yang begitu kompleks dan saling terhubung satu sama lain. Infrastruktur tersebut diolah oleh sebuah komputer induk yang disebut dengan server. Sementara itu, ada pula storage yang memungkinkan konsumen untuk mengakses dengan mudah media penyimpanan yang disediakan oleh perusahaan. Simak penjelasan berikut agar Anda dapat lebih memahami peranan server dan storage dalam bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahan!

Peranan Server

Server
Server
  1. Pengertian Server

Server merupakan komputer induk yang menyediakan layanan tertentu dalam sebuah sitem jaringan PC client. Pada umumnya, server dapat beroperasi selama 24 jam selama satu minggu nonstop dengan performa yang begitu tinggi. Selain itu, server dapat dihubungkan dengan kabel maupun jaringan WiFi melalui router.

  1. Fungsi Server dalam Sebuah Perusahaan

Server berperan sebagai penyedia semua layanan yang dibutuhkan di dalam jaringan. Fungsinya adalah untuk menyimpan, mengambil, serta mengirim file atau data ke komputer lain dalam suatu jaringan. Dengan demikian, keberadaan server dapat memberi beberapa manfaat di dalam sebuah perusahaan. Berbagai manfaat tersebut antara lain:

  • Penyedia Resource atau Fasilitas

Server memudahkan pekerjaan para pegawai perusahaan untuk berbagi resource atau fasilitas secara bersama-sama. Semua pegawai dapat mengakses resource tersebut secara langsung dari meja kerjanya masing-masing sehingga dapat meningkatkan efektivitas kerja dan menghemat biaya pembelian hardware.

  • Menyediakan Fitur Keamanan File dan Jaringan

Server dapat melindungi keamanan informasi bisnis dengan baik.

  • Melindungi PC client dari Virus

Virus merupakan salah satu ancaman terbesar dalam jaringan komputer. Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, perusahaan perlu menyediakan server untuk melindungi PC client dari virus dan malware.

  • Pusat Data dan Backup Data

Server bisa dibaratkan sebagai jantung perusahaan yang berperan penting sebagai pusat data. Pusat data tersebut dapat dipakai untuk menampung data-data dari client yang kemudian dapat diakses oleh setiap pegawai. Selain itu, server juga dapat melakukan backup data otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir saat ada data yang hilang.

Dari beberapa keuntungan yang disebutkan di atas, kita tahu bahwa server sangat berguna untuk memudahkan segala hal yang berkaitan dengan kinerja sebuah perusahaan.

Peranan Storage

Stoarage
Stoarage
  1. Pengertian Storage

Storage merupakan media penyimpanan data berkapasitas besar. Dalam perusahan biasanya terdapat storage server yang memiliki 3 teknologi berbeda, yaitu DAS, NAS, SAN. Dalam memilih satu di antara storage server tersebut, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, misalnya kapasitas data yang dibutuhkan, kepentingan backup data, biaya yang tersedia, serta beberapa pertimbangan lainnya.

  1. Jenis dan Peran Storage Server

Agar Anda lebih memahami peranan server dan storage untuk kelancaran operasional perusahaan, Anda perlu mengetahui berbagai jenis storage server yang biasa digunakan dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa jenis storage server dan fungsinya.

  • Storage Area Network (SAN)

Penyimpanan jenis ini merupakan solusi bagi para pebisnis atau perusahaan pada taraf menengah ke  atas. Insfrastuktur yang dibutuhkan dalam jenis penyimpanan SAN antara lain SAN Switch, HBA, kabel fier optic, serta controller hardisk. Harganya yang mahal sebanding dengan fitur yang diberikan. Salah satu manfaat teknologi penyimpanan SAN adalah dapat berbagi ruang penyimpanan ke beberapa server.

  • Network Attached Storage (NAS)

NAS adalah teknologi penyimpanan data yang tepat digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah karena biayanya relatif kecil. NAS menggunakan sistem array penyimpanan ISCI target yang menjadikannya dapat dibagi-bagi pada seluruh jaringan yang ada.  Semua konfirgurasi bisa dilakukan dengan mudah karena bersifat user friendly.

  • Direct Attached Storage (DAS)

DAS merujuk pada penyimpanan langsung yang terpasang pada server yang ada. Penyimpanan teknologi DAS hanya dapat diakses dari host dimana DAS tersebut terpasang. Karena DAS hanya merupakan penyimpanan yang terpasang secara langsung pada server atau PC, maka biayanya pun terbilang kecil sehingga cocok dipakai oleh pelaku bisnis kecil.

Demikianlah pembahasan tentang peranan server dan storage untuk kelancaran operasional perusahaan. Kesimpulannya, teknologi yang Anda gunakan untuk menunjang aktifitas perusahaan, perlu Anda sesuaikan dengan aspek dan tujuan penyimpanan file dokumen yang sesuai dengan karakter bisnis yang Anda jalankan.

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *