Kenali 8 Penyebab Bunyi Beep pada Laptop Yang Harus Diwaspadai

laptop beep

Penyebab bunyi beep pada laptop – jika Anda termasuk orang yang awam terhadap dunia teknologi, Anda mungkin akan panik saat laptop mengeluarkan bunyi beep karena bunyi ini identik dengan kerusakan pada perangkat keras. Namun, Anda harus tetap tenang dan simak artikel ini dengan seksama untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi bunyi beep pada laptop agar Anda tidak salah ambil tindakan. Berikut ulasannya.

laptop beep
laptop beep

1. Kerusakan Pada Monitor

Bunyi beep sekali dengan frekuensi rapat ketika Anda menyalakan laptop menandakan jika ada kerusakan pada monitor atau VGA. Dalam kasus ini, layar laptop biasanya tidak mau menyala. Solusinya, Anda sebaiknya membawa laptop ke service center untuk tindakan lebih jauh.

2. CMOS Bermasalah

Ketika ada masalah pada konfigurasi atau setting CMOS, perangkat laptop akan mengirim sinyal melalui bunyi beep pendek dua kali. Anda juga harus menekan F1 ketika ketika laptop booting.Kasus seperti ini sebenarnya jarang terjadi, tapi tidak menutup kemungkinan laptop Anda akan mengalaminya.

Cara mengatasi CMOS bermasalah ialah dengan mengganti baterai CMOS ketika sudah berumur, membersihkan Motherboard dari debu, membersihkan kaki-kaki goldplate dari perangkat tambahan seperti VGA Card atau Soundcard, atau mengganti kabel HDD atau power supply yang sudah tua.

3. Tegangan Listrik Bermasalah

Penyebab bunyi beep pada laptop juga bisa datang dari tegangan listrik yang mengaliri laptop. Problem yang satu ini biasanya ditandai dengan bunyi beep pendek terus menerus. Solusinya tentu saja Anda harus mengecek charger apakah ada kerusakan atau tidak. Pastikan juga konektor charger menancap dengan sempurna pada laptop. Periksa juga apakah colokan listriknya terlalu longgar atau tidak. Jangan lupa untuk mengecep baterai apakah sudah terpasang dengan tepat atau belum.

4. Masalah pada RAM Laptop

Jika Anda mendengar bunyi beep panjang secara terus menerus dari laptop, Anda harus segera memeriksa kondisi RAM sebab bisa dipastikan terjadi masalah. Jika RAM dalam kondisi kotor, bersihkan dengan penghapus karet atau kain lembut. Pastikan juga Anda menghempas debu yang ada pada kompresor dan slot RAM. Jika sudah bersih semua, pasang kembali RAM dan nyalakan laptop Anda.

Permasalahan RAM juga bisa diatasi dengan mengubah penempatan slot RAM. Setiap laptop biasanya dibekali 2 slot RAM dimana satu diantaranya kosong. Jika langkah-langkah tadi gagal, tidak ada cara lain selain menggantinya karena RAM merupakan komponen sekali pakai.

5. Kerusakan pada ROM

Kerusakan pada ROM laptop bisa ditandai dengan bunyi beep panjang kemudian disusul beep pendek sebanyak 9 kali. Satu satunya cara untuk mengentas masalah ini adalah membawa laptop Anda ke service center. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena kasus ini jarang sekali terjadi.

6. Masalah pada Keyboard

Penyebab bunyi beep pada laptop juga kadang bersumber dari keeroran keyboard. Ciri dari masalah keyboard ini ialah bunyi beep panjak sekali dan pendek tiga kali. Masalah pada keyboard sendiri disebabkan oleh kotoran atau debu yang masuk di selah tuts sehingga keyboard tidak berfungsi. Oleh karena itu, bersihkan keyboard menggunakan kompresor agar debu dan kotoran tertiup.

Jika disfungsi keyboard laptop disebabkan oleh putusnya kabel penghubung keyboard dengan Motherboard, maka sebaiknya Anda membawanya ke service center terdekat.

7. Motherboard Rusak

Ketika laptop mengeluarkan bunyi beep panjang satu kali dan pendek satu kali, Anda harus segera membawanya ke service center sebab itu mengindikasikan kerusakan pada Motherboard. Bisa dibilang kerusakan ini paling parah dan membutuhkan biaya besar untuk reparasinya.

8. Laptop Sukses Melakukan Booting

Tidak melulu menunjukkan kerusakan, bunyi beep pada laptop juga terdengar ketika proses booting sukses dilakukan. Bunyi beep setelah booting menandakan jika Motherboard berhasil mendeteksi keberadaan RAM dalam kondisi normal. Dalam hal ini, bunyi beep terdengar pendek dan hanya satu kali.

Itulah 8 penyebab bunyi beep pada laptop. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, pastikan Anda bisa melakukan cara mengatasi bunyi beep pada laptop sesuai gejalanya. Jangan sampai keliru yah!

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *