Pengertian Whatsapp For Laptop dan Cara Penggunaannya

Fitur Whatsapp for Laptop atau WhatsApp Web telah diluncurkan secara resmi sejak tahun 2015 silam. Whatsapp sendiri menjadi salah satu aplikasi pesan singkat yang paling diminati oleh banyak orang. Aplikasi ini akan melancarkan komunikasi kita sehingga kita dapat terhubung satu sama lain. Bagi Anda yang sering bekerja dengan menggunakan laptop, kehadiran Whatsapp yang dapat diakses melalui laptop akan membuat Anda tidak kerepotan lagi ketika harus berganti dari layar smrtphone ketika ingin membalas Whatsapp. Berikut akan dibahas mengenai apa itu WhatsApp Web dan bagaimana cara penggunaannya.

Apa itu WhatsApp For Laptop?

whatsapp for laptop

WhatsApp Web adalah versi aplikasi WhatApp yang bisa  diakses melalui laptop maupun komputer. Aplikasi ini sangat memudahkan Anda untuk menerima dan mengirim pesan dari WhatsApp yang terpasang pada laptop maupun komputer yang Anda gunakan. Semua sudah tersinkronisasi penuh dengan aplikasi yang ada di smartphone sehingga Anda bisa melihat percakapan dari dua gadget secara bersamaan.

WhatsApp Web pada dasarnya memiliki fitur yang sama dengan yang biasa Anda temukan di smartphone. Namun, WhatsApp Web terasa lebih nyaman untuk digunakan karena memungkinkan Anda untuk menggunakan shortcut keyboard untuk membalas pesan, seperti misalnya copy-paste jika ada pesan yang panjang dan lain sebagainya.

Apa Fungsi WhatsApp For Laptop?

Sebagai aplikasi pesan singkat, WhatsApp dapat digunakan untuk mengirimkan data dalam berbagai macam bentuk, seperti gambar, video, maupun dokumen yang melalui fitur WhatsApp Web. Untuk itu, Anda dapat mengatur notifikasi maupun menonaktifkan fitur centang biru apabila ada pesan masuk seperti halnya yang biasa Anda lakukan pada WhatsApp di smartphone Anda.

Bagaimana Cara Mendownload WhatApp For Laptop?

Untuk mendownload WhatsApp for Laptop atau WhatsApp Web, Anda dapat melakukan berbagai langkah mudah di bawah ini:

  1. Masuk ke Situs Resmi WhatsAps

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke situs resmi WhatsApp di https://www.whatsapp.com/download/. Di situs tersebut Anda dapat memilih link yang sekiranya kompatibel dengan perangkat yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan Mac, maka pilih link untuk mengunduh aplikasi yang sesuai untuk Mac. Apabila Anda menggunakan Windows, maka pastikan link untuk mengunduh aplikasi WhatsApp tersebut sudah kompatibel dengan sistem Windows. Pada umumnya terdapat 2 pilihan unduhan, yakni 64 bit atau 32 bit. Anda hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan kondisi serta spesifikasi laptop yang Anda gunakan.

  1. Klik WhatsApp.exe

Setelah Anda mengunduh aplikasi yang sesuai dengan gawai Anda, selanjutnya Anda harus mengklik WhatsApp.exe dan file tersebut kemudian akan memproses dan memunculkan tampilan barcode.

  1. Buka Aplikasi WhatsApp di Smartphone

Kemudian Anda perlu membuka aplikasi WhatsApp melalui smartphone Anda. Klik ikon titik tiga di bagian ujung kanan atas dan pilih AhatsApp Web. Selanjutnya Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan proses pemindaian barcode pada laptop.

  1. Buka WhatsApp Web untuk Mulai Komunikasi

Apabila proses pemindaian telah berhasil dilakukan, WhatsApp Web akan dapat terbuka dan memunculkan tampilan deretan chat yang sama seperti yang ada pada smartphone Anda. Selanjutnya Anda bisa menikmati kemudahan berkomunikasi dengan berkirim pesan menggunakan fitur WhatApp Web tersebut.

  1. Klik Log Out untuk Keluar dari Aplikasi

Apabila Anda sudah cukup selesai menggunakan WhatsApp Web tersebut, Anda cukup melakukan klik pada bagian atas daftar chat dan kemudian pilih Log Out.

Cara Alternatif Agar Bisa Menggunakan WhatsApp Tanpa Melakukan Download

  1. Agar bisa langsung masuk ke dalam menu WhatsApp Web, Anda dapat membuka browser dan ketik web.whatsapp.com, kemudian klin Enter. Di sana Anda akan menemukan barcode yang siap untuk di-scan.
  2. Setelah itu, Anda harus membuka aplikasi WhatsApp dari Smartphone yang Anda gunakan. Klik ikon tiga titik pada ujung kanan atas, dan pilih WhatsApp Web. Selanjutnya Anda hanya perlu mengarahkan kamera belakang smartphone Anda untuk melakukan proses scanning pada barcode yang sudah tersedia.
  3. Sesaat setelah proses pemindaiaan berhasil dilakukan, fitur WhatsApp Web akan terbuka dan menampilkan deretan chat seperti yang ada pada smartphone. Selanjutnya Anda dapat langsung menikmati layanan pesan singkat WhatsApp tersebut.
  4. Untuk keluar dari akun WhatsApp Web, Anda cukup klik ikon tiga titik pada bagian atas daftar chat dan kemudian pilih Log Out.

Demikianlah pembahasan tentang WhatsApp for Laptop dan cara untuk menggunakannya. Semoga informasi ini memberi manfaat bagi Anda.

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *