Pengertian UTM Campaign dan Fungsinya

Pengertian UTM Campaign – Banyak para digital marketing gagal menjalankan campaign untuk memasarkan produk kliennya. Hal tersebut dikarenakan mereka masih menggunakan cara lama yakni melakukan SPAM. Padahal, saat ini sudah banyak tools marketing untuk meningkatkan potensi marketing mereka secara digital. Pada artikel ini akan membahas mengenai pengertian UTM Campaign dan juga cara membuatnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Dari UTM Campaign

Yang dimaksud dengan UTM Campaign adalah tools yang digunakan untuk melakukan visitor tracking bagi para digital marketer. Jika Anda saat ini tengah menjalankan banyak strategi digital marketing untuk meningkatkan suatu produk atau jasa, seperti halnya social media buzzers,  advertorial pada beberapa media skala besar ataupun para bloggers, menggunakan affiliate program dan juga lain sebagainya, tentunya Anda harus melakukan tindakan visitor tracking dari semua channel itu.

Hal tersebut membuat Anda nantinya bisa mendapatkan data yang memang dibutuhkan, channel mana saja yang bsia mendatangkan traffic paling tinggi. Selain itu, nantinya Anda juga akan bisa melakukan analisa sejauh mana tingkat keberhasilan dari strategi yang memang akan Anda implementasikan.

UTM Campaign atau sebagian para digital marketer sering menyebutnya dengan URL Builder bisa melakukan proses tracking visitor dan mengetahui visitor datang dari channel mana saja, misalnya dari tim buzzer A, tim buzzer B, dari banner, dari native ads dan juga lain sebagainya.

Konsep kerja dari UTM Campaign ini sangat sederhana, UTM Campaign nantinya akan melakukan penanda untuk setiap URL, sehingga nantinya kita akan bisa mendapatkan unique URL yang akan terintegrasi langsung dengan aplikasi Google Analytics. Hal tersebut akan membuat Anda bisa mendapatkan data ataupun report session dari tools UTM Campaign yang sedang Anda gunakan.

Cara membuat UTM Campaign

Setelah Anda memahami pengertian UTM Campaign, selanjutnya adalah cara membuat UTM campaign. Membuat dan menggunakan UTM campaign ini cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari google analytics untuk mendapatkan data yang valid dari hasil visitor trackking. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Download tools UTM Campaign di beberapa situs penyedia link download.
  2. Buatlah sejenis kode penanda ataupun penamaan bagi setiap traffic yang nantinya ingin Anda lacak dan lihat kinerjanya, misalnya visitor banner, visitor buzzer, visitor Facebook posting dan juga penamaan lainnya.
  3. Jangan lupa isikan link url tempat Anda melakukan campaign
  4. Silakan Anda login ke dalam Google Analytics website dengan menggunakan akun google Anda, setelah itu klik Acquisition dan pilih Campaigns lalu pilih pilihan All Campaigns.
  5. Nantinya akan muncul semua campaign yang sedang Anda kerjakan.

Dengan menggunakan tools UTM campaign ini, Anda bisa dengan mudah mempelajari source mana saja yang mampu menghasilkan traffic pengunjung paling banyak dan memutuskan source mana yang akan lebih sering dipakai untuk menghemat biaya marketing nantinya.

Saat ini ada banyak tools UTM campaign gratis yang bisa Anda gunakan untuk membantu kegiatan Anda sebagai digital marketer. Dengan menggunakan UTM campaign ini, Anda tidak akan kesulitan lagi mencari dari cara mana traffik paling banyak datang.

Selain itu, google juga akan membantu mengcrawl data dengan sangat valid sehingga proses penggunaan UTM campaign akan semakin optimal dan akan membantu Anda mendapatkan data yang dibutuhkan.

Itulah pengertian UTM Campaign yang wajib Anda ketahui jika Anda bergerak sebagai digital marketer dan ingin meningkatkan produk atau jasa secara digital.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *