Pengertian Switch, Hub dan Repeater Beserta Fungsinya

switch jaringan

Pengertian switch, hub dan repeater– Dunia informatika memang selalu menarik untuk pelajari dan dipahami. Bagi orang awam, hal-hal terkait sistem informatika bisa menjadi sesuatu yang sangat rumit. Tetapi, apabila Anda mau memahaminya satu per satu, sebenarnya sistem informatika beserta alat dan jaringannya cukup mudah untuk dipahami.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberi sedikit ulasan seputar perangkat dan jaringan komputer beserta fungsinya. Diantaranya meliputi pengertian switch, hub dan repeater. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Switch dan Fungsinya

Swtich merupakan perangkat dari jaringan komputer yang berfungsi sebagai penyambung data antara satu koneksi ke koneksi lainnya. Switch bekerja di bagian OSI Layer 2, data link layer. Dalam hal ini switch akan mengenal MAC Addressing untuk memilah data mana saja yang harus dihubungkan.

switch jaringan
switch jaringan

Swtich memiliki beberapa fungsi lainnya, yaitu sebagai alat penguat sinyal atau repeater. Switch juga bisa digunakan untuk menghubungkan kabel UTP antara satu komputer dengan komputer lainnya. Di dalam switch juga terdapat routing yang berfungsi sebagai batu loncatan dalam karingan LAN untuk koneksi dengan komputer. Dengan pemahaman yang cukup pada sektor switch ini, Anda bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan dan pastinya membuat kerja lebih optimal.

Pengertian HUB dan Fungsinya

HUB adalah suatu perangkat jaringan yang mengcover area OSI Layer 1,dalam  physical layer. Dalam fungsinya, HUB tak lebih dari sekedar penyambung atau konektor saja. HUB digunakan untuk memperkuat sinyal di kabel UTP agar lebih mudah ditransimisikan. HUB juga berbeda dengan switch karena di sini tidak mengenaol MAC Addressing, melainkan murni sebagai penghubung saja.

HUB jaringan
HUB jaringan

Beberapa fungsi HUB diantaranya adalah untuk memberi fasilitas tambahan pada workstation. HUB juga bisa digunakan untuk menambah jarak network atau dalam kata lain mampu berperan sebagai repeater tambahan. Selain itu, HUB dapat memfasilitasi fleksibilitas dari interface yang berbeda, yaitu Ethernet dan FDDI.

Pengertian Repeater dan Fungsinya

repeater
repeater

Repeater adalah suatu alat jaringan komputer yang mampu memperluas jangkauan sinyal internet WiFi. Lebih dari itu, repeater berperan dalam menghubungkan sinyal WiFi yang belum terkoneksi dengan server. Perangkat repeater ini harus memiliki dua alat, yaitu satu sebagai penerima sinyal dari server atau client dan sisahnya untuk menyebarkan sinyal WiFi sehingga mampu terkoneksi dengan baik.

Sedangkan untuk fungsi lain dari repeater adalah untuk mengcover area server yang sinyalnya lemah sehingga bisa dimaksimalkan kembali. Repeater juga mampu memperluas jangkauan suatu sinyal dan ini sangat bermanfaat untuk lokasi atau ruangan yang luas. Dengan adanya repeater, suatu jaringan sinyal WiFi bisa dimanfaatkan oleh banyak pengguna karena tidak hanya diperluas tetapi juga diperkuat stabilitas datanya.

Kesimpulan dari Switch, Hub, dan Repeater

Ketiga perangkat jaringan ini pada dasarnya saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Ketiganya memiliki peran masing-masing dalam menghubungkan suatu koneksi jaringan data ke server utama. Jadi dengan terpenuhinya ketiga hal ini, Anda bisa merasakan manfaat yang baik, terutama dari segi kestabilan transfer sinyal WiFi.

Nah, demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan seputar pengertian switch, hub dan repeater beserta fungsinya. Kami harap ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Untuk itu bagi Anda yang ingin bergelut di dunia  informatika, semoga bisa terus belajar dan menambah wawasan dalam berbagai hal karena pada dasarnya sistem informatika membutuhkan orang-orang yang selalu haus akan ilmu.

 

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *