Pengertian Storage Device dan Jenis-Jenis Storage Device

Pengertian storage device – Storage device saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi banyak orang karena berfungsi untuk menyimpan dan juga membagikan berbagai jenis file. Namun, masih banyak orang yang belum memahami apa itu storage device dan apa saja jenis-jenis storage device yang ada dan biasa digunakan oleh banyak orang. Berikut pengertian storage device yang mungkin wajib Anda ketahui.

Pengertian Dari Storage Device

Storage device merupakan sebuah perangkat penyimpanan yang memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis data dari sebuah hasil pemrosesan pada perangkat komputer. Storage device mampu menyimpan berbagai jenis data yang dibuat dikomputer baik dalam bentuk gambar, Dokumen, Video dan lain sebagainya.

Device storage sendiri terbagi menjadi dua yakni primary storage atau penyimpanan utama dan secondary storage atau penyimpanan sekunder. Kedua jenis storage device ini memiliki fungsi dan peranan yang berbeda walau sama-sama disebut sebagai storage device. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Primary Storage

Primary storage digunakan untuk membaca, menulis, dan melakukan proses pengolahan data yang ada pada secondary storage, ciri dari primary storage ini adalah memiliki kecepatan akses yang tinggi, tidak memiliki kapasitas yang besar, mampu diakses langsung oleh CPU dan hanya bisa menyimpan data sementara sebelum nantinya disimpan secara permanen di secondary  storage

  • Secondary Storage

Secondary storage atau penyimpanan sekunder adalah media penyimpanan data hasil olahan dari komputer atau CPU. Storage jenis ini juga akan menyediakan berbagai jenis data yang nantinya akan diolah oleh Primary Storage. Ciri dari penyimpanan sekunder ini adalah memiliki kapasitas yang besar dan mampu menyimpanan berbagai jenis file data seperti gambar, dokumen, audio dan lain sebagainya.

Kedua jenis storage tersebut akan bekerja saling berhubungan untuk menghasilkan data yang dibutuhkan oleh si user nantinya. Komputer tidak akan bisa memproses atau mengolah data jika salah satu dari storage diatas tidak terinstall di perangkat komputer Anda.

Fungsi Storage Device

Setelah memahami pengertian storage device, yang harus Anda pahami selanjutnya adalah fungsi dari storage device. Storage device memiliki fungsi untuk  mengolah berbagai jenis data yang nantinya bisa digunakan oleh para user komputernya. Selain itu, storage device juga berfungsi untuk membagikan berbagai jenis data ke user lainnya.

Selain storage device yang ada di perangkat komputer, saat ini juga ada storage device portable yang berfungsi untuk memindahkan data secara cepat hanya dengan memindahkan storage device tersebut ke komputer lainnya. storage device jenis ini biasanya disebut dengan Flash Disk.

Selain berfungsi sebagai media penyimpanan, storage device juga berfungsi untuk mengolah data sementara. Seperti pada penjelasan diatas, data yang sedang diolah dan belum tersimpan di secondary storage, sebelumnya akan diolah di primary storage seperti RAM dan ROM, setelah proses pengolahan selesai, data akan tersimpan secara permanen di secondary storage yang nantinya bisa digunakan oleh user lainnya.

Saat ini sudah bermunculan berbagai jenis dan merk storage device yang bisa digunakan untuk mengolah dan menyimpan berbagai jenis data. Oleh karena itu, Anda tidak usah kebingungan lagi jika sedang mencari storage device untuk keperluan Anda seperti bekerja, sekolah dan lain sebagainya.

Itulah pengertian storage device dan fungsi-fungsinya, Anda bisa menggunakan berbagai jenis storage device sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *