Pengertian Storage Area Network (SAN) dan Keuntungannya

Pengertian storage area network (SAN) – Saat ini penggunaan teknologi storage banyak digunakan di beberapa perusahaan besar dan juga perusahaan menengah kebawah. Hal tersebut dikarenakan mereka sangat membutuhkan penyimpanan data yang besar untuk menyimpan berbagai data perusahaan yang mereka miliki. Ada beberapa teknologi storage yang banyak digunakan seperti DAS, NAS dan juga SAN. Kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian storage area network (SAN).

Pengertian Dari SAN

SAN merupakan sebuah jaringan dengan memiliki kecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari beberapa server dan juga media penyimpanan atau storage. Terpisah dan juga berbeda dengan LAN atau WAN di perusahaan, tujuan utama dari SAN ialah untuk menangani bergabai trafik data dalam jumlah yang sangat besar antara server dengan hardware penyimpanan, tanpa harus mengurangi bandwidth yang digunakan oleh LAN atau WAN.

Biasanya SAN akan tersambung lewat fiber channel, yakni sebuah teknologi komunikasi data dengan kecepatan yang sangat tinggi, menjadikan teknologi SAN ini sebuah jaringan dedicated dengan flatform-independent dan mampu beroperasi langsung dibelakang server.

SAN juga terdiri dari infrastuktur komunikasi yang akan memberikan sambungan fisik dan juga lapisan managemen seperti  yang mengatur sambungan, sebagai elemen penyimpanan, dan juga sistem komputer sehingga akan menghasilkan proses transfer data yang dirasa sangat aman dan juga handal.

Fungsi SAN seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah untuk mengatur beberapa server sekaligus dengan proses transfer data yang sangat cepat, sehingga user tak perlu khawatir datanya akan rusak atau hilang saat menggunakan SAN ini.

Keuntunggan Menggunakan SAN

Karena SAN merupakan salah satu teknologi storage yang kompleks, ada beberapa keuntungan yang akan diberikan oleh SAN kepada para penggunanya.

  • Availability

Satu duplikat dari file data jadi bisa langsung diakses oleh hampir semua host lewat jalur yang berbeda-beda dan juga semua data akan jauh lebih efisien saat mengaturnya.

  • Reliability

infastuktur pada transport data yang bisa meminimalisir tingkat kesalahan saat melakukan transfer data, dan juga kemampuan didalam mengatasi semua kegagalan transfer data.

  • Scalability

Server dan juga media penyimpanan bisa kembali ditambahkan dengan independent antara satu dan juga lainnya, dengan tanpa adanya pembatas yang harus menggunakan sistem proprietary.

  • Performance

Fibre Channel  yang merupakan standar enabling teknologi bagi interkonektifitas SAN ini memiliki bandwidth hingga 100MBps bandwidth dengan memiliki overhead yang cukup rendah, dan SAN juga akan memisahkan proses trafik backup dengan proses trafik standar LAN atau pun WAN.

  • Manageability

Semakin berkembangnya jenis perangkat lunak dan juga standar baik bagi FC-AL ataupun Fibre Channel Fabric yang memungkinkan managemen akan dilakukan dengan terpusat dan koreksi atau deteksi kesalahan proaktif.

  • Return On Information Management

Bertambahnya tingkat redudansi dan juga kemampuan memanage yang baik, kemampuan ini bisa di tambahkan ke server dan media penyimpanan dengan independen.

Beberapa keuntungan diatas membuat SAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia. Hal tersebut dikarenakan mereka bisa melakukan penyimpanan, editing dan sharing data dengan aman dan cepat tanpa takut mengalami gangguan. Walau begitu, SAN tentunya membutuhkan budget yang mahal karena SAN merupakan jenbis storage yang besar dan membutuhkan jaringan yang kuat.

Itulah pengertian storage area network (SAN) yang mungkin bisa Anda jadikan refferensi untuk membangun server di perusahaan Anda. Anda wajib memahami pengertian storage area network (SAN) ini agar saat melakukan konfigurasi tidak mengalami kesalahan.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *