Pengertian SSD dan Keunggulannya Dibandingkan HDD

Pengertian SSD dan keunggulannya – Mungkin Anda sudah sering mendengar SSD. Salah satu media penyimpanan ini banyak digunakan di beberapa laptop merk dan model baru. Namun tidak jarang orang yang tidak mengetahui apa itu SSD. SSD sendiri digadang-gadang memiliki keunggulan lebih di bandingkan HDD biasa. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian SSD dan keunggulannya di bawah ini.

Pengertian SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive, yakni sebuah hadrware penyimpanan yang menggunakan teknologi flash memory untuk proses menyimpan datanya. Dari hampir seluruh storage device yang sudah hadir, ternyata tak semuanya bisa bertahan hingga saat ini. Bahkan, setiap muncul teknologi yang baru maka teknolog yang lama tak akan banyak dipakai lagi.

Untuk jenis komputer modern saat ini kebanyakan menggunakan HDD ataupun SSD untuk media penyimpanan data, dan juga tersedia pilihan agar bisa mengakses flash drive seperti halnya USB dan juga media penyimpanan cloud. Komputer juga saat ini dilengkapi dengan disc drive yang bisa membaca media penyimpanan seperti format CD dan DVD, serta menulis dan juga menyimpan pada CD-R atau DVD-R dan media penyimpanan semacamnya.

Kita pastinya sudah tak asing lagi dengan nama HDD yang merupakan kependekan dari Hard Disk Drive. Setiap membahas storage pada komputer pastinya kita akan merujuk kepada istilah yang satu ini. Akan tetapi pengertian SSD sendiri mungkin masih jarang terdengar karena memang tergolong teknologi baru, meski ternyata SSD ini masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan HDD.

Keunggulan SSD Dibandingkan HDD

Jika dibandingkan dengan semua media penyimpanan yang lain, tentunya SSD memiliki banyak kelebihan tersendiri. Untuk mudah memahaminya, kita akan coba membandingkan antara SSD dengan HDD sehingga terlihat lebih jelas dimana perbedaannya.

Kelebihan yang dimiliki SSD ada pada daya tahan baterai. SSD jauh lebih sedikit didalam penggunaan baterai dibandingkan dengan HDD biasa. Selanjutnya, kecepatan booting di sistem operasi, rata-rata kecepatan booting untuk media penyimpanan SSD membutuhkan waktu sekitar 10-13 detik, sedangkan kecepatan booting untuk HDD hampir sekitar 30-40 detik.

Tanpa memiliki komponen gerak tentunya membuat SSD tidak terlalu berisik dan minim vibrasi, selain itu, panas yang akan dihasilkan juga jauh lebih sedikit. Keunggulan lainnya yang dimiliki SSD ialah pada kecepatan membuka setiap data yang 30 % jauh lebih cepat daripada median penyimpanan HDD, kecepatan menulis dan juga menyalin data juga terasa cukup jauh jika harus dibandingkan dengan media penyimpanan HDD. Ditambah, SSD ini memiliki keamanan lebih dari efek magnetis yang bisa menghapus semua data pada HDD.

SSD juga banyak digunakan sebagai media penyimpanan di server hosting, banyak penyedia hosting yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya. Hal tersebut dikarenakan SSD memberikan banyak keunggulan dibandingkan dengan HDD.

SSD juga mampu memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dan mengurasi kerusakan data saat proses transfer, selain itu, SSD tidak mudah mengalami bad sector yang membuat data Anda hilang.

Itulah pengertian SSD dan keunggulannya yang bisa menjadi refferensi Anda untuk mengganti HDD lama Anda dan menggunakan teknologi media penyimpanan yang baru ini. Bagi Anda yang baru mengetahui pengertian SSD dan keunggulannya ini, mungkin sudah saatnya Anda segera mengamankan data Anda dengan mengganti HDD dengan SSD walaupun harganya jauh lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *