Pengertian Small Computer System Interface (SCSI) Dan Juga Fungsinya

Pengertian  Small Computer System Interface (SCSI) – Semakin berkembangnya teknologi informasi menyebabkan munculnya berbagai jenis perangkat keras dan juga perangkat lunak yang membantu semua kegiatan. Mulai dari pengolahan data hingga penyimpanan data. Saat ini, Anda tidak usah kebingungan lagi untuk melakukan penyimpanan, pengolahan dan juga transfer data. Dengan berbagai jenis teknologi mutakhir membuat semuanya bisa teratasi. Salah satu teknologi transfer data yang banyak digunakan saat ini adalah SCSI atau Small Computer System Interface. Mungkin tidak sedikit yang mengetahui tentang teknologi ini, namun tak sedikit juga orang yang belum mengetahui apa itu SCSI dan keunggulannya. Berikut pengertian  Small Computer System Interface (SCSI) dan juga keunggulannya.

Pengertian Dari SCSI

SCSI atau Small Computer System Interface merupakan standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan juga periferal lainnya. Standar SCSI juga mendefinisikan berbagai perintah, protokol dan juga antarmuka elektrik dan optik yang memang diperlukan. SCSI juga menawarkan kecepatan transfer data yang dirasa paling tinggi di antara beberapa standar yang lainnya.

Penggunaan SCSI sering terdapat pada hard disk dan juga tape drive. Akan tetapi, SCSI juga biasanya terdapat di scanner, printer, dan juga peranti optik seperti halnya DVD, CD, dan juga lain sebagainya. Standar SCSI banyak digolongkan sebagai standar device independent sehingga secara teori SCSI juga bisa diterapkan pada semua tipe hardware.

Berdasarkan pada tingkat kecepatan putarannya, hard disk jenis IDE juga memiliki kecepatan putaran hingga 5.400 rpm dan juga 7.200 rpm. Sedangkan hard disk SCSI akan mampu berputar diantara 10.000 hingga 12.000 rpm.

Tingkat kecepatan putaran pada piringan hardisk diukur kedalam satuan RPM atau rotation per minute. Semakin cepat putaran pada piringan hard disk, maka jumlah data yang bisa dibaca oleh head juga akan semakin banyak. Demikian juga sebaliknya. Fungsi SCSI sebenarnya tak jauh beda dengan IDE dan SATA. Namun, SCSI memiliki keunggulan lebih dari kedua teknologi tersebut.

Keunggulan Yang Dimiliki SCSI

Perangkat SCSI atau Small Computer System Interface, khususnya pada hard drive, pertama kali dirancang untuk digunakan dalam menangani kebutuhan pasar server, server biasanya membutuhkan proses transfer data yang cepat. Oleh karena itu, SCSI biasanya dibuat dengan memiliki standar yang jauh lebih tinggi dan juga dengan jaminan yang jauh lebih baik dari drive IDE dengan memiliki kapasitas yang sekelas. Akan tetapi, pertambahan kecepatan dan juga kualitas akan berbanding lurus dengan harganya. Komponen SCSI secara signifikan jauh lebih mahal daripada IDE sepupu mereka.

Ada beberapa versi SCSI yang saat ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya :

  • SCSI – 3 : ultra SCSI 8 bit bus  ultra width SCSI 16 bit width.
  • SCSI – 2 : 10 mb/s, 8 bit bus width dan 20 mb/s, 16 bit.
  • SCSI – 1 : 3,5 mb/s atau 5 mb/s
  • Ultra – 3 SCSI : menambahkan fitur CRC (Cylic Redudancy Check). error checking.
  • Ultra – 2 SCSI : 40 mb/s    8 bit bus width
  • Ultra wide SCSI : 80 mb/s   16 bit width

SCSI Ultra -3 disebut juga sebagai ultra-160 karena keceoatan transfer ultra 3 mencapai 160 mb/s. Selain itu sudah dikembangkan pula ultra -320 dengan kecepatan transfer hingga 320 mb/s.

Dengan kecepatan pemprosesan dan transfer data tersebut membuat SCSI lebih diunggulkan daripada IDE. Namun, tentunya harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan teknologi di bawahnya.

Itulah pengertian  Small Computer System Interface (SCSI) berikut keunggulan yang diberikannya. Anda bisa menpelajari mengenai pengertian  Small Computer System Interface (SCSI) secara mendalam dengan mencari informasi lainnya agar Anda tidak kesulitan saat akan menggunakan perangkat ini nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *