Pengertian Sistem Pakar, Cara Kerja, Beserta Contohnya

Sistem Pakar

Pengertian sistem pakar sering kali dikaitkan dengan pengertian dari kecerdasan buatan saat ini. Meskipun terdapat perbedaan yang signifikan, namun kemampuan kedua program tersebut untuk memberikan aksi atau respons atas satu masalah secara lebih cerdas dan manusiawi membuat keduanya patut dijajarkan. Hanya saja, jika tujuan utama dari kecerdasan buatan atau AI adalah untuk membuat program yang bisa menyamai kecerdasan manusia, sistem pakar umumnya hanya terbatas pada satu keahlian seorang pakar yang diajarkan saja. Maksudnya, sistem pakar hanya memuat kemampuan yang sudah di berikan sebelumnya oleh para ahli atau pakar dalam bidangnya masing-masing yang dituangkan ke dalam sebuah sistem. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian sistem pakar secara lebih rinci.

Pengertian Sistem Pakar

Sistem Pakar
Sistem Pakar

Seorang ahli, Marimin, menyebut bahwa sistem pakar adalah kumpulan sistem yang membentuk perangkat lunak atau software dalam komputer yang dirancang untuk menggunakan fakta, teknik, dan ilmu dalam pengambilan keputusan atas masalah yang biasanya hanya bisa diselesaikan oleh tenaga ahli atau pakar dalam bidangnya. Dari pengertian tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa sistem pakar adalah software yang dirancang untuk menyelesaikan masalah kompleks yang hanya bisa dikerjakan oleh para tenaga ahli di bidangnya saja.

Jelas dalam proses penyusunannya, ada banyak tenaga ahli atau pakar yang diikutkan untuk membangun sistem pakar seperti yang diinginkan. Nantinya, sistem akan menyimpan data yang diinput tersebut dan digunakannya untuk menganalisa masalah sekaligus menyelesaikannya di masa mendatang. Sebagai gambaran proses pembentukan sistem pakar, berikut adalah modul-modul yang menyusun sistem pakar.

Modul Sistem Pakar

Modul Sistem Pakar
Modul Sistem Pakar

Sistem pakar terdiri dari beberapa modul untuk menjalankannya, berikut adalah rinciannya.

  1. Modul Penerimaan Pengetahuan

Sistem pakar akan menggunakan modul ini saat sedang menerima input pengetahuan dari para pakar atau tenaga ahli. Proses pengumpulan pengetahuan akan dibantu oleh seorang Knowledge Engineer yang berfungsi menerjemahkan bahasa pakar ke dalam sistem pakar nantinya.

  1. Modul Konsultasi

Sistem pakar akan beralih ke modul konsultasi saat sistem menerima pertanyaan dari user. Pertanyaan terkadang juga bisa diberikan dalam bentuk permasalahan yang memang yang memang menjadi keahlian dari sistem pakar tersebut.

  1. Modul Penjelasan

Pada modul ini, sistem pakar menjalankan tugasnya sebagai pemberi jawaban atau jalan keluar atas masalah yang diajukan.

Lalu bagaimana contoh sistem pakar dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh Sistem Pakar

  1. Sistem Pakar dalam Industri

Ada beberapa contoh sistem pakar yang saat ini digunakan dalam bidang industri. Di antara sistem pakar tersebut adalah sistem pakar perancangan PRIDE atau Pinch Roll Interactive Design Expert yang digunakan untuk mengatur kertas dalam mesin fotokopi. Selain itu ada Alumunium Foil Rolling Flatness Control Application yang digunakan untuk mengukur tingkat karat dalam satu alumunium Oil secara otomatis. Dan masih banyak lagi.

  1. Sistem Pakar dalam Manajerial

Selain bidang industri, sistem pakar juga sudah merambah dunia manajerial saat ini. Beberapa fungsi sistem pakar dalam bidang manajerial adalah sebagai alat analisis. Sistem pakar mampu menganalisa komoditi tertentu dalam satu pasar secara otomatis. Selain itu, ada fungsi diagnostik yang membuat sistem pakar mampu mendeteksi adanya penurunan kinerja perusahaan sekaligus menyediakan solusi bagi perusahaan tersebut.

  1. Sistem Pakar dam Kedokteran

Saat ini, pendeteksian penyakit menjadi lebih mudah karena sistem pakar mampu mengenali penyakit sejak dini dan penderita bisa mendapatkan perawatan secara langsung. Penyakit yang bisa dengan mudah dideteksi biasanya setiap penyakit yang berhubungan dengan mata karena sistem pakar bisa berinteraksi langsung dengan penderita.

Itulah sekilas tentang pengertian sistem pakar beserta contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *