Pengertian Seat Management dan Penggunaannya dalam Perusahaan

Seat Management

Seiring perkembangan teknologi, hadirnya aplikasi seat management dirasa sangat membantu dan mendukung proses kerja suatu perusahaan. Aplikasi tersebut muncul untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang dituntut untuk menyediakan perangkat dan infrastruktur IT. Besarnya kebutuhan IT suatu perusahaan sebanding dengan kebutuhan solusiIT yang diterapkan oleh perusahaan. Semakin besar kebutuhan solusi IT-nya,maka akan semakin besar kebutuhan perangkat IT perusahaan tersebut. Masalah yang biasa mengiringi kebutuhan IT biasanya adalah bagaimana pengelolaan, pemeliharaan, dan berapa besar jumlah investasi yang dibutuhkan. Selain itu, perusahaan juga harus tahu berapa banyak sumber daya manusia yang dibutuhkan guna menyelesaikan permaslahan tersebut. Untuk itu,  software seat management hadir untuk memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut.

Pengertian Seat Management

Seat Management
Seat Management

Seat management dapat diartikan sebagai sebuah metode yang dapat mengoordinasikan semua workstation dalam jaringan perusahaan dengan melakukan pengawasan instalasi, operasi, pengelolaan serta pemeliharaan hardware maupun software di setiap workstation. Metode ini dapat meminimalisir biaya operasi, mengelola sistem dengan lebih baik, serta meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Pengertian lain dari seat management adalah sebuah wadah penyedia peralatan yang dapat mendukung keberhasilan suatu pekerjaan. Sekarang ini masih banyak manajemen yang masih ditangani secara manual dan masih menggunakan form pengisian dalam lembar kertas. Hal ini membuat data menjadi tidak akurat dan kurang efektif dalam pencarian data tersebut. Karena itu, seat management yang berbasis web dirasa sangat dibutuhkan guna mempermudah suatu pekerjaan serta meningkatkan kinerja dalam sebuah perusahan. Selain itum, aplikasi seat management dapat menunjang aktivitas kerja di perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dalam sebuah perusahaan.

Penyedia Seat Management

Pada umumnya, seat management masih dipegang oleh pihak kontraktor swasta di luar perusahaan atau agen client. Layanan tersebut disediakan berdasarkan kursi. Kursi yang dimaksud di sini adalah stasiun kerja atau terminal yang bisa dioperasikan oleh satu user pada satu waktu. Dalam beberapa perencanaan seat management ini, vendor menawarkan berbagai macam layanan yang mempunyai semua perangkat keras dan  juga program.

Selain itu, client mempunyai program dasar serta perangkat keras dasar, seperti komputer, printer, dan juga alat pemindai. Sementara itu, vendor menyediakan pemeliharaan dan pengelolan perangkat keras periferal dan juga program yang dibutuhkan untuk menjalankan ketentuan kontrak.

Penerapan Seat Management pada Sebuah Perusahaan

Untuk jaringan tunggal, manajemen kursi dapat mencangkup layanan, seperti instansi, operasi, serta pemeliharaan dan pengelolaan  semua perangkat keras maupun perangkat lunak di setiap workship. Hal ini biasanya disediakan berdasarkan kursi per workstation, dimana setiap worstasion tersebut mewakili satu individu.

Seat management mencangkup beberapa perencanaan, yaitu memberi pelayanan dan pemeliharaan hardware dan software pada jaringan yang dimiliki oleh client dan beberapa perangkat keras dan juga perangkat lunak yang telah disediakan oleh kontraktor.

Dengan adanya seat management yang berbasis pada web alias software seat management, perusahaan dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan mengelola seat management secara manual.

Untuk layanan TI yang mencangkup seluruh organisasi atau perusahaan, seat management menyediakan berbagai macam layanan seperti:

  • Server hosting
  • Manajemen aset atau pemulihan
  • Manajemen infrastruktur
  • Dukungan help desk atau meja bantuan
  • Instalasi perangkat keras dan perangkat lunak
  • Perpindahan data
  • Dukungan program khusus
  • Dukungan pemeliharaan
  • Pelatihan
  • Jasa desain dan instalasi
  • Analisis Kebutuhan Jaringan, server, dan juga desktop
  • Layanan berbasis kinerja yang terjamin
  • Dukungan operasi sistem
  • Analisis persyaratan akses khusus

Manfaat Menggunakn Penyedia Layanan Seat Management

Dengan adanya seat management, perusahaan akan mendapatkan berbagai macam keuntungan sebagai berikut:

  • Mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk menyediakan perangkat IT
  • Mengubah CAPEX menjadi OPEX
  • Sumber Daya Manusia yang ada dalam perusahan dapat lebih fokus pada bisnis utama yang ada di perusahaan tersebut
  • Solusi IT perusahaan dapat berjalan secara lebih baik dan efisien
  • Perangkat IT akan selalu up to date mengikuti perkembangan zaman
  • Dapat meningkatkan service delivery
  • Perusahaan juga dapat lebih memahami dan mudah mengelola solusi IT

Demikianlah pembahasan tentang apa itu seat management dan juga penggunaan aplikasi seat management dalam perusahan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *