Pengertian Peripheral Storage dan Jenisnya

Pengertian peripheral storage – Bagi Anda yang bergerak di bidang IT, tentunya sudah memahami apa yang dimaksud dengan peripheral storage. Namun, masih banyak yang belum memahami apa yang dimaksud dengan peripheral storage. Media penyimpanan sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 yakni primary storage dan secondary storage. Namun, terdapat beberapa istilah lainnya yang sebenarnya mengacu pada kedua jenis storage tersebut, Berikut ini pengertian peripheral storage yang wajib Anda ketahui.

Pengertian Dari Peripheral Storage

Peripheral storage yang ada di sebuah komputer adalah sebuah media penyimpanan data, data yang nantinya disimpan di pheriperal storage bersifat permanen dan juga bukan data yang bersifat sementara. Hal tersebut membuat kita bisa menghapus ataupun menyimpan sesuai keinginan pada user. Seiring dengan perkembangan komputer saat ini, peripheral storage juga saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat sehingga bila dilihat baik dari ukurannya, bentuknya dan juga modelnya sudah sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena termasuk kedalam perangkat peripheral komputer, peripheral storage pun dimasukkan kedalam jenis storage eksternal karena tidak tertanam di dalam perangkat komputer, tidak seperti storage biasa. Peripheral storage pun menjadi perangkat yang wajib dimiliki hampir semua orang agar mereka bisa membawa data mereka tanpa harus membawa laptop dan perangkat komputer lainnya. Bahkan, saat ini handphone Android pun bisa dijadikan perangkat untuk memindahkan data dari peripheral storage.

Peripheral Storage saat ini digunakan untuk mempermudah kinerja para pengguna komputer agar mereka tidak kerepotan saat memindahkan dan juga menyimpan data. Pasalnya, sudah banyak jenis peripheral storage yang berbentuk kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Walau memiliki bentuk yang kecil dan bisa dibawa kemana saja, namun kapasitas dari peripheral storage tersebut tetap mampu menyimpan jenis file-file dengan ukuran yang besar.

Jenis Peripheral Storage Yang Saat Ini Ada

Setelah Anda memahami pengertian peripheral storage, selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah macam-macam peripheral storage itu sendiri. Ada banyak jenis peripheral storage yang sering digunakan oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkapnya.

  1. External Hard Drive

External harddrive merupakan salah satu perangkat peripheral storage yang fungsinya untuk menyimpan berbagai jenis ekstensi file dengan ukuran kecil hingga sangat besar. Bentuknya hampir seperti hardisk biasa, namun berbeda dari kabel konektornya. Eksternal Harddrive menggunakan kabel USB untuk memindahkan, menyimpan dan merubah data yang ada di dalamnya yang nantinya dihubungkan ke perangkat komputer.

Sebagian eksternal harddrive akan memiliki dua kabel konektor, 1 kabel berfungsi untuk transfer data, 1 kabel berfungsi sebagai daya listik untuk menjalankan eksternal harddrive tersebut. Namun, seiring berkembangnya dunia IT, saat ini eksternal harddrive hanya memiliki 1 kabel konektor.

  • Flask Disk

Fungsi dari flask disk hampir sama dengan eksternal harddrive, namun bentuknya lebih kecil dan tidak memiliki kabel konektor yang panjang. Perangkat penyimpanan akan langsung terkoneksi dengan usb yang nantinya bisa dikoneksikan ke perangkat komputer untuk menyimpan, memindahkan, dan merubah data yang ada di dalamnya.

Bentuk Flask Disk sendiri sangat kecil sehingga sangat effisien bagi para pekerja atau siswa yang memiliki data pribadi, namun ingin digunakan di mana saja.

  • CD-RW dan DVD-RW

CD dan DVD-RW merupakan salah satu dari beberapa macam peripheral storage yang saat ini banyak digunakan orang. Bentuk dari peripheral storage yang satu ini mirip seperti CD atau DVD biasa. Namun, Anda bisa memasukkan, memindahkan dan menghapus data yang ada di dalamnya. Berbeda dengan CD dan DVD-ROM yang jika data sudah di burning, maka data sudah tidak bisa dihapus atau ditambahkan data lagi.

Itulah pengertian peripheral storage dan beberapa jenis peripheral storage yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan digital Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *