Pengertian NAS dan Fungsinya

Pengertian NAS – Saat ini sudah memasuki era digital. Berbagai kegiatan akan dilakukan secara digital, mulai dari kegiatan penjualan hingga penyimpanan dokumen atau data. Karena teknologi semakin berkembang, akhirnya bermunculan berbagai teknologi yang membantu berbagai kegiatan kita. Salah satunya adalah penyimpanan data, bagi perusahaan atau individu yang usahanya bergerak di bidang digital maupun menggunakan pelayanan digital, penyimpanan data menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Untuk itum NAS atau Nework Attached Storage di buat. Lalu, apa yang pengertian NAS dan apa saja fungsinya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Dari NAS

NAS atau Network Attached Storage ialah perangkat atau alat yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data. BViasanya sisem operasi yang digunakan NAS ini dikhususkan untuk menyiapkan dua instrument yakni back up data dan share data.

Yang unik dari NAS adalah perangkat ini tak dibuat dengan sandi-sandi rumi. Bahkan untuk koneksinya saja bisa menggunakan protoko jaringan biasa seperti TCP/IP.

NAS termasuk kedalam hardware yang lengkap, bahkan NAS juga sudah memiliki software atau aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk menyimpan, back up dan juga share data. Jadi dengan menggunakan alat ini, Anda tak membutuhkan lagi aplikasi pihak ketiga karena aplikasi bawaannya sendiri sudah tersedia.

NAS harus dimiliki oleh berbagai perusahaan atau lembaga yang memanfaatkan basis data dari semua kegiatannya. Penyimpanan data berbasis jaringan inilah yang nantinya bisa mengamankan data dan juga sekaligus menginformasikan data dengan cepat. Lebih hebatnya lagi, semua data bisa dimasukkan kedalam perangkat NAS ini karena kapasitas penyimpanannya cukup besar untuk menyimpan berbagai jenis data di perusahaan.

Biasanya, pihak perusahaan atau lembaga yang memanfaatkan basis data akan menunjuk tim ahli untuk mengoperasikan aplikasi di NAS agar mencegah kebocoran data dan juga berbagai hal yang tak diinginkan.

Fungsi Dari NAS

NAS bukan hanya sebuah perangkat untuk menyimpan daa yang tak memiliki fungsi penting. Malah, perangkat ini yang nantinya memegang peran penting dalam menjaga semua data perusahaan agar tetap akurat, aman dan juga terjaga. Berikut beberapa fungsi NAS yang mungki8n harus Anda ketahui sebelum menggunakan teknologi ini.

  1. Mengakses Data Jauh Lebih Cepat

Jika Anda menggunakan perangkat NAS, proses akses data akan jauh lebih cepat. Pasalnya, hardware sudah progress dengan LAN, sehingga NAS akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola data tanpa harus menyita waktu yang cukup banyak. Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengolah data yang masuk maupun yang akan di bagi ke staf-staf terkait data tersebut.

  • Minim Biaya Dan Mudah Dalam Perawatannya

Selain sudah memiliki instruktur untuk melakukan perawatan dan juga perbaikan. NAS juga dibuat dengan sangat simple dan ringan. Sehingga Anda juga bisa melakukan perawatan sendiri. Tentunya, hal ini akan sangat menghemat biaya perusahaan daripada harus membeli hardware data yang biaya maintenancenya cukup mahal dan juga besar. Jadi, NAS akan memangkas biaya maintenance perusahaan Anda terkai dengan data yang dimiliki.

  • Memiliki Software Yang Open Source

Dengan menggunakan NAS, Anda tak harus lagi menginstal software yang disediakan pihak ketiga. Pasalnya, software ini sudah terinsal dengan otomatis di dalam perangkat. Jadi, NAS bisa dibilang sebagai sistem penyimpanan data berbasis jaringan yang memang cukup lengkap bagi Anda dan perusahaan Anda.

  • Cocok Untuk Semua Format data

Perangkat NAS tak hanya digunakan untuk menyimpan data kerja dengan format word, powerpoint atapun aplikasi yang berbasis arsip lainnya. Akan tetapi, NAS juga bisa dijadikan sarana untuk menyimpan data kerja dengan format video, audio, image maupun format data lainnya. Dengan begitum, Anda tidak usah kebingungan lagi.

  • Proses Back Up Data Yang Aman

NAS ternyata juga bisa digunakan untuk memback up data. Sehingga, semua kekhawatiran kia mengenai kerusakan atau kehilangan data bisa teratasi. Pasalnya, semua daa yang Anda buat akan secara otomatis ter backup jika menggunakan NAS ini. NAS juga memiliki keamanan back up data yang luar biasa, karena aman dari kejahatan peretasan atau virus.

Itulah pengertian NAS dan fungsinya yang mungkin berguna bagi Anda. Aada banyak merk NAS yang bisa ANda beli untuk memfasilitasi kerja Anda. Pahami pengertian NAS dengan baik sehingga Anda bisa paham semua fungsinya bagi Anda atau perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *