Pengertian Hybrid Cloud, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

pengertian hybrid cloud

Pengertian hybrid cloud – Sejak ada teknologi penyimpanan berbasis cloud kini banyak organisasi maupun perusahaan yang berusaha untuk beralih ke cloud ini tujuannya adalah menyeimbangkan semua layanan IT di kantor dan agar semua akses data lebih fleksibel. Selama beberapa tahun ini komputasi awan sudah menjadi fokus bagi para pengambil keputusan dalam bidang IT, namun perusahaan bisnis masih banyak yang belum ingin menggunakan komputasi awan dikarenakan ragu dengan keamanannya mengingat saat menggunakan cloud ini harus memindahkan semua data ke cloud menggunakan bantuan jasa pihak ketiga.

Saat ini teknologi yang mendasari layanan cloud sudah banyak diperbarui sehingga tidak mengherankan jika ada berbagai macam jenis cloud yang bisa ditemukan. Salah satu jenis cloud yang sering di dengar saat ini adalah hybrid cloud.  Untuk memahami hybrid cloud lebih jauh ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian hybrid cloud dan beberapa informasi penting tentang hybrid cloud terlebih dahulu.

Pengertian Hybrid Cloud

pengertian hybrid cloud
pengertian hybrid cloud

Banyak yang bertanya apa itu hybrid cloud dan apa manfaatnya. Pengertian hybrid cloud adalah campuran dari public cloud dengan private cloud. Aktivitas yang rahasia tidak akan dilakukan dengan public cloud sedangkan kegiatan rahasia yang dilakukan oleh perusahaan akan diubah menjadi private cloud.  Hybrid cloud ini akan mengelola private cloud dan juga public cloud secara bersama menggunakan tool pada lingkungan cloud yang berbeda.

Manfaat

Tidak hanya pengertiannya saja yang harus dipahami namun manfaat dari hybrid cloud ini pun harus dipahami.  Manfaat yang pertama adalah dengan hybrid cloud ini pengambil keputusan IT akan memiliki kontrol yang lebih besar terhadap komponen private dibandingkan dengan publik yang dikemas sebelumnya. Anda akan bisa mendapatkan semua hal yang diinginkan termasuk meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas untuk kebutuhan yang berbeda.

Manfaat lainnya adalah dengan menggunakan hybrid cloud ini Anda akan memiliki infrastruktur komputasi lokal yang mana bisa mendukung beban kerja rata-rata untuk bisnis Anda, sekaligus bisa mempertahankan kemampuan dalam memanfaatkan public cloud jika menemui keterbatasan sumber daya yang beban kerjanya melebihi dari kapasitas komputasi perusahaan. Membangun hybrid cloud juga akan memungkinkan bagi Anda untuk mendesain server, menyediakan penyimpanan cepat dan arsip dengan biaya yang lebih rendah.

Kelebihan

Dengan menggunakan hybrid cloud ada banyak kelebihan yang ditawarkan. Yang pertama adalah skalabilitas dimana hybrid cloud menawarkan fitur gabungan kedua model public cloud dan private cloud. Kelebihan yang kedua adalah hemat biaya dimana public cloud lebih murah dibandingkan dengan private cloud, meski begitu dengan hybrid cloud ini Anda akan bisa menghemat buaya dan operasional di dalam organisasi atau bisnis perusahaan. Hybrid cloud ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi dimana mewarisi tingkat keamanan private cloud.

Kekurangan

Ada kelebihan tentu juga ada kekurangannya, dimana kekurangan ini wajib untuk Anda ketahui dengan baik. Kekurangan yang pertama adalah peraturan yang ketat  dimana harus memastikan bahwa layanan cloud sesuai dengan kebijakan pemerintah. Sebagai contohnya perusahaan A menyewa layanan public cloud dari vendor A untuk rumah aplikasi yang sudah dibuat, karena aturan UU yang berlaku data konsumen yang ada di perusahaan A tidak boleh ada di pihak ketiga maka perusahaan A taat dengan peraturan tersebut yaitu menyimpan data konsumen ke database mereka sendiri dan aplikasi baru akan mengakses database di internal perusahaan tersebut. Kekurangan yang terakhir adalah ketergantungan infrastruktur IT dan juga penyedia layanan sehingga diperlukan backup di seluruh pusat data agar perusahaan Anda memiliki kopiannya.

Demikianlah pengertian hybrid cloud, manfaat, kelebihan, dan kekurangannya yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *