Pengertian Honeypot Security System, Keuntungan, dan Kelemahannya

Honeypot Security System

Pengertian Honeypot security system – Saat ini keamanan informasi menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi. Alasannya adalah untuk melindungi data-data yang mana sifatnya adalah rahasia atau sensitif. Untuk melindungi informasi dan menjaga keamanannya ini sangat mudah terlebih lagi sudah banyak staff profesional keamanan informasi yang mudah untuk dijumpai. Mencegah terjadinya pencurian data dan informasi ini memang penting namun yang terpenting adalah Anda bisa mendeteksi kapan serangan tersebut terjadi. Yang harus Anda ketahui adalah serangan ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk dan tergantung dengan kreativitas si penyerang.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menangkal serangan dari hacker dengan menggunakan Honeypot. Masih banyak yang asing dengan Honeypot security system ini sehingga belum banyak yang memanfaatkannya. Padahal dalam praktiknya sudah banyak yang bisa melindungi data dan informasi dengan Honeypot security sistem ini. Berikut ini adalah pengertian Honeypot security system yang harus Anda ketahui:

Pengertian

 Honeypot Security System
Honeypot Security System

Pengertian Honeypot security system adalah suatu cara untuk bisa menjebak atau menangkal usaha-usaha penggunaan tak ter otorisasi di dalam sebuah sistem informasi. Honeypot ini juga menjadi pengalih dari perhatian hacker untuk membuatnya seolah-olah sudah berhasil menjebol maupun mengambil data informasi dari sebuah jaringan padahal data itu tidak penting dan sudah terisolir. Pengertian Honeypot secara singkat adalah sebuah sistem yang dibangun menyerupai sistem yang sesungguhnya tujuannya agar para hacker tersebut perhatiannya teralihkan ke sistem palsu yang telah dibangun dan lupa dengan sistem utama yang akan di serangnya.

Tidak hanya untuk menjebak saja, namun Honeypot juga bermanfaat bagi system administrator untuk melakukan analisis aktivitas apa saja yang dilakukan oleh attacker atau penyebar malware dalam sistem Honeypot. System administrator juga bisa melakukan pengamatan jenis serangan apa yang bisa didapatkan, seberapa banyak file yang sudah dideteksi, dan berbagai jenis ancaman yang tergolong baru.

Keuntungan dan Kelemahan

Setelah Anda tahu pengertian Honeypot security system ada baiknya jika Anda tahu apa saja keuntungan dan kelemahan dari Honeypot tersebut. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah Honeypot mampu mengumpulkan data tentang bagaimana penyerang atau attacker dalam menembus sistem dan apa yang dilakukannya selama berada di sistem tersebut, selain itu Honeypot juga mampu untuk mengoptimalkan sumber data. Cracker hanya bisa menyerang Honeypot Anda namun tidak menyerang firewall atau NIDS Anda. Meski memiliki banyak keuntungan yang ditawarkan, Honeypot juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan. Kelemahan yang pertama adalah Honeypot tidak akan berguna jika attacker maupun hacker tidak terpancing dengan umpan tersebut sehingga usaha yang dilakukan menjadi sia-sia.

Jika tidak dilakukan konfigurasi dengan baik, hacker, cracker, maupun attacker lainnya bisa menyerang sumber daya yang lain di jaringan Anda. Oleh sebab itu jika belum yakin dengan kemampuan Anda dalam menginstal, memantau, dan me-maintain Honeypot tersebut sebaiknya jangan melakukan Honeypot security ini karena sangat berisiko kehilangan data dan informasi. Selain itu konfigurasi Honeypot rumit dan berisiko sehingga dibutuhkan skill dan kemampuan yang mumpuni di dalamnya.

Klasifikasi

Honeypot memiliki dua klasifikasi, pertama adalah Low Interaction Honeypot, kedua high interaction Honeypot. Untuk low interaction Honeypot hanya akan mengemulasikan sebagian service saja, sedangkan yang high akan menggunakan keseluruhan dari resource sistem dimana Honeypot dibuat persis dengan sistem yang real. High Honeypot ini juga menjadi keseluruhan operating system.

Demikianlah pengertian Honeypot security system yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *