Pengertian DRC (Disaster Recovery Center) dan Fungsinya

Disaster Recovery Center

Pengertian DRC (Disaster Recovery Center) – Data adalah hal yang paling berharga dari sebuah perusahaan sehingga perusahaan harus memastikan bahwa data yang mereka miliki ini tetap aman. Untuk menjaga data tersebut tetap aman perusahaan bisa menggunakan DRC yang mana menjadi wujud penggunaan teknologi informasi dalam sendi aktivitas perusahaan. Teknologi informasi ini tidak hanya penting dalam mengelola administrasi perusahaan namun juga vital untuk bisa mendapatkan pelanggan baru.

Ketergantungan yang besar terhadap teknologi informasi ini membuat tim IT perusahaan harus bisa memastikan bahwa data center perusahaan bisa beroperasi tanpa adanya masalah. Meski begitu data center di perangkat elektronik yang di dalamnya memiliki risiko kegagalan sehingga penting bagi perusahaan untuk memiliki DRC ini sehingga ketika terjadi kegagalan di data center utama maka DRC akan mengambil alih aktivitas perusahaan bisa tetap berjalan. Sebelum mengetahui informasi lainnya tentang DRC ini ada baiknya jika  tahu pengertian DRC (Disaster Recovery Center) terlebih dahulu.

Apa Itu DRC?

Disaster Recovery Center

Pengertian DRC (Disaster Recovery Center) adalah sebuah tempat yang mana ditujukan untuk menempatkan perangkat IT, sistem, aplikasi, dan data cadangan untuk bisa menghadapi bencana yang diperlukan oleh perusahaan besar dan juga organisasi pemerintahan. Bencana yang serius ini tidak hanya bisa menimpa satu unit kerja saja namun bisa beberapa unit. Unit yang sering terserang adalah penyimpanan data dan juga pengolahan data maupun informasi. DRC ini bukan hal yang baru di dunia IT Indonesia bahkan Bank Terbesar di Indonesia BI sudah mensyaratkan agar sema bank memiliki DRC ini.

Fungsi DRC

Tidak hanya Pengertian DRC (Disaster Recovery Center) saja yang harus diketahui namun fungsinya secara umum pun juga harus diketahui. Secara umum DRC ini memiliki fungsi berupa meminimalkan kerugian finansial atau non finansial dalam menghadapi kekacauan bisnis atau bencana alam yang meliputi fisik dan informasi berupa data penting yang ada di perusahaan. Fungsi selanjutnya adalah meningkatkan rasa aman di antara personel, supplier, investor, dan pelanggan.

Alasan DRC Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Ada beberapa alasan mengapa DRC ini sangat penting untuk perusahaan, sehingga perusahaan yang belum menggunakan DRC akan mengalami beberapa risiko dan kerugian dibandingkan dengan perusahaan yang sudah menggunakan DRC ini. Alasan yang pertama mengapa DRC dibutuhkan oleh perusahaan adalah kegagalan mesin dan hardware. Meski perusahaan sudah menginvestasikan membeli mesin dan juga hardware dengan kapasitas tinggi, bukan berarti perusahaan tidak perlu membangun DRC. Mesin canggih dengan hardware tinggi DRC akan membuat perusahaan tidak akan menemukan kegagalan layanan yang disebabkan oleh fungsi hardware.

Alasan selanjutnya mengapa perusahaan membutuhkan DRC adalah faktor kesalahan manusia. Tidak jarang perusahaan masih mengalami human error dimana hal tersebut menyebabkan kerugian bagi perusahaan tersebut. Mencegah human error dengan DRC adalah langkah yang bijak dimana perusahaan bisa mencadangkan data dan mengembalikannya lagi seperti sebelum kesalahan dilakukan. Bencana tidak bisa dihindari dan juga diprediksi oleh sebab itu DRC bisa diletakkan di beberapa tempat yang mana secara teori aman dari bencana besar.

Hal yang Harus Diperhatikan

Saat perusahaan akan menggunakan DRC ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan atau diperhatikan agar bisa mendapatkan fungsi yang maksimal. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah DRC ini harus berada di daerah yang aman tapi di dalam jarak yang terjangkau dengan layanan yang dilayaninya. Selain itu jika perusahaan  ingin membangun kontrak DRC, perjanjian kontrak harus memiliki spesifikasi berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menanggapi laporan dari client dan harus tahu pelayanan apa saja yang ditawarkan oleh si pemberi layanan.

 

Demikianlah pengertian DRC (Disaster Recovery Center) dan beberapa informasi menarik lainnya tentang DRC yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *