Pengertian Deep Web dan Penjelasan Lengkapnya

Deep Web

Pengertian Deep Web – Bagi sebagian orang, mungkin masih belum mengetahui bahwa di dunia online ini terdapat bebera situs tersembunyi yang tak bisa dijangkau mesin pencari, seperti google misalnya. Situs semacam inilah yang disebut dengan ‘Deep Web’ karena membutuhkan akses khusus apabila kita hendak menelusurinya.

Namun bukan berarti jika Deep Web berisi situs-situs aneh dan berbahaya saja. Ada berbagai penjelasan lain dalam situs ini. Apabila Anda ingin mengetahuinya, maka Anda dapat membaca ulasan dibawah ini seputar pengertian Deep Web, berikut ulasannya.

Mengenal Deep Web

Deep Web
Deep Web

Mari kita asumsikan bahwa dunia internet ini adalah sebuah bongkahan es yang mana memiliki dua sisi berbeda. Satu sisi berada di atas permukaan laut, sedangkan sisi lainnya berada dibawah air laut. Dalam hal ini, sisi yang berada di atas permukaan laut adalah ‘The Public Web’ atau bsia diartikan dengan website yang biasa kita kenal dan bisa ditemukan kapanpun oleh siapapun.

Sedangkan sisi lainnya, adalah sisi yang berada di bawah permukaan air laut. Sisi inilah yang diisi oleh Deep Web. Dalam mengaksesnya tentu dibutuhkan alat khusus selayaknya orang yang hendak menjangkau dasar dari bongkahan es. Namun tak serumit itu, karena pada dasarnya deep web masih bisa diakses dengan browser biasa. Tidak seperti ‘Dark Web’ yang membutuhkan browser khusus berteknologi tinggi untuk mengaksesnya.

Perlukah Mengakses Deep Web?

Perlukah mengakses deep web
Perlukah mengakses deep web

Pada dasarnya Deep Web bukanlah konten yang harus kita akses karena tidak semua orang membutuhkannya. Hanya saja bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahuinya, ada beberapa hal yang harus disiapkan dan diwaspadai.

Ketika Anda mengakses website di Deep Web, pastikan Anda tidak menulis informasi apapun. Dalam hal ini bisa seperti alamat email inti yang Anda gunakan ataupun password yang biasa Anda pakai. Selain itu, Anda juga tidak boleh asal menekan tombol ‘klik’ karena bisa saja beberapa konten memiliki virus atau malware.

Dan setelah Anda mengakses konten di Deep Web, Anda juga harus menghapus history secara keseluruhan. Hal ini ditujukan agar tidak ada hacker yang mencuri data Anda. Untuk itu saran terbaik adalah jangan asal dalam mengakses Deep Web. Dan apabila tidak diperlukan, maka langkah yang bijak adalah menjauhi konten-konten di situs ‘dalam’ ini.

Apakah Deep Web Sangat Berbahaya?

Pada dasarnya setiap website yang ada di ranah Deep Web tidaklah semenyeramkan yang kita bayangkan. Hanya saja, peran para pengguna internet lah yang membuat Deep Web menjadi ladang empuk untuk mencari mangsa. Hal tersebut berlaku bagi para hacker yang ingin mencuri data Anda. Ketika Anda tidak berpengalaman dalam dunia IT dan asal membuka konten di Deep Web, maka hacker bisa dengan mudah menyusup masuk ke jaringan IP Addres komputer Anda.

Hal ini sangat merugikan karena seluruh data Anda bisa dicuri dengan mudah. Bahkan beberapa kasus yang terjadi adalah hilangnya akses Anda sebagai pengguna utama. Untuk itu bagi Anda yang tidak memiliki basic sebagai ahli IT ada baiknya hanya melihat-lihat isi Deep Web saja tanpa harus masuk lebih dalam. Kecuali jika Anda sudah memiliki berbagai persiapan dan pengetahuan seputar jaringan internet, maka tak masalah untuk menelusuri Deep Web lebih jauh lagi.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagikan. Semoga informasi seputar pengertian Deep Web ini bisa menambah wawasan dan mengantisipasi akun atau data-data Anda aman dari serangan para hacker.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *