Pengertian Database dan Fungsinya

Database

Pengertian database – Di era yang modern ini tentu keberadaan teknologi menjadi hal yang biasa untuk ada di tengah masyarakat. Hal ini menjadi bukti dari semakin berkembangnya teknologi. Dan salah satu yang paling berkembang namun masih awam untuk diketahui adalah Database. Pada dasarnya database sudah akrab untuk digunakan sehari-hari, hanya saja kebanyakan dari kita masih belum mengerti pengertian dari teknologi yang satu ini.

Database sendiri pada dasarnya tidak hanya ditemui pada dunia IT saja, melainkan di berbagai bidang lainnya. Untuk itu agar mengetahui lebih lanjut seputar database, langsung saja simak ulasan berikut tentang pengertian database beserta fungsi dan jenisnya.

Mengenal Database

Database
Database

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa database pada hakikatnya adalah suatu kumpulan data yang sebelumnya sudah dihimpun. Apabila dilihat dari segi bahasa, database juga bisa disebut dengan basis data. Sehingga dapat disimpulkan jika database merupakan kumpulan berbagai data dan informasi yang ada dan disimpan di suatu media tertentu, umumnya pada komputer.

Pengolahan database dalam komputer bertujuan untuk mempermudah akses komputerisasi. Pengolahan sistem database ini biasa juga disebut dengan istilah DBMS atau Database Managamenet System yang juga bisa didefinisikan sebagai kumpulan tabel yang menyimpan data dan informasi.

Tetapi pada hakikatnya penerapan database ini termasuk dalam lingkup IT saja. Akan tetapi pemanfaatannya bisa dilakukan di berbagai bidang, seperti misalnya sekolah dan kampus yang wajib menampung seluruh data dari para staff dan siswanya.

Mengenal Fungsi Database

Fungsi Database
Fungsi Database

Bagi masyarakat awam, mungkin database hanya diartikan sebagai kumpulan data dan informasi yang sepele. Padahal lebih daripada itu, database memiliki beberapa fungsi lain yang mampu mempermudah kinerja seseorang di era penyebaran informasi yang serba cepat ini. Beberapa fungsi lainnya diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sesuai dengan pengertian database yang mana memungkinkan kita untuk mengelompokkan data dengan tujuan untuk mempermudah identifikasi data. Pengelompokan bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti misalnya membuat beberapa tabel atau field yang berbeda. Sebagai contohnya, hal ini sangat berperan bagi pihak perusahaan bank untuk mengumpulkan dan mengakses kembali data-data dari para nasabahnya.
  2. Database juga mampu menghindari data yang tersimpan lebih dari sekali. Pada dasarnya semua kata perintah telah terekam di komputer sehingga bisa ketahuan apabila ada nama file ada data yang ganda.
  3. Database juga mempermudah penggunaan di segala sisi, seperti saat memasukkan data baru ataupun mengupdate data dan menghapusnya. Tentunya database juga memungkinkan kita untuk melakukan riset dari jarak jauh karena sudah memiliki akses untuk menelpon dan berkomunikasi melalui nomor yang tertera.
  4. Menggunakan teknologi ini juga memungkinkan kita untuk menghemat daya penyimpanan pada produk tertentu. Seperti misalnya kita bisa menyimpan data secara langsung melalui server dan jaringan internet sehingga tidak perlu lagi memberdayakan sumber daya manusia untuk menghimpun data yang jumlahnya sangat banyak itu.
  5. Mampu Menghemat Kertas

Penggunaan database juga memungkinkan kita untuk menyimpan file secara digital sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas dalam jumlah banyak. Hal ini pastinya sangat praktis karena kita bisa langsung mengcopy setiap data yang diperlukan tanpa harus menulisnya kembali di kertas.

Demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan seputar pengertian database dan fungsinya secara umum. Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda tidak perlu salah kaprah lagi dalam mengartikan database karena pada dasarnya hal ini merupakan sistem penyimpanan yang sudah terintregasi dengan email dan ID yang ditentukan sehingga lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *