Pengertian dan Konsep Network Security yang Wajib Diketahui

Dell komputer

Pengertian dan konsep network security – Keamanan jaringan sangat penting sehingga network security penting dipelajari. Jaringan bisa di bobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dimana dampaknya pada data. Sistem harus dilindungi dari berbagai macam serangan dari usaha penyusupan atau pemindaian oleh pihak yang tidak berhak. Banyak kasus dimana jaringan yang berhasil disusupi akan diubah sistemnya kemudian menimbulkan kekacauan seperti menginformasikan hal-hal yang tidak real atau hoax, melakukan cyber crime mengatasnamakan perusahaan yang jaringannya berhasil di retas tersebut, menimbulkan ketidaknyamanan dengan mengupload hal-hal yang tidak pantas di website resmi, kehilangan data, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menjaga network security ini, risiko tersebut bisa dikurangi.

Yang menjadi masalah adalah network security ini akan bertabrakan dengan network access dimana saat network access semakin mudah maka network security akan semakin rawan, begitu pula sebaliknya. Sebelum Anda mengetahui tentang network security lebih lanjut, simak pengertian dan konsep network security terlebih dahulu berikut ini:

Pengertian

 

Pengertian dan konsep network security ini bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Agar Anda tahu pengertiannya lebih jelas maka Anda harus tahu bagaimana konsep dari network security itu sendiri. Network security adalah keamanan jaringan dimana terdiri dari kebijakan dan juga praktik agar bisa mencegah maupun memantau akses yang tidak sah, penyalahgunaan akses, maupun penolakan yang terjadi di jaringan komputer. Network security ini akan melibatkan otorisasi akses ke data yang ada di dalam jaringan dimana dikendalikan oleh administrator jaringan.

Konsep

Agar mampu memahami pengertian dari network security tersebut Anda juga harus tahu bagaimana konsep dari network security tersebut. Konsep dari network security biasa disebut dengan CIA yang mana merupakan singkatan dari confidentiality atau kerahasiaan, integrity atau integritas, dan availability atau ketersediaan. Berikut adalah pengertian dari masing-masing istilah tersebut yang wajib untuk Anda ketahui:

  1. Confidentiality

Sesuai dengan artinya kerahasiaan, network security bermanfaat untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan. Kerahasiaan ini setara dengan privasi dan dirancang untuk mencegah bocornya informasi sensitif dan memastikan bahwa orang yang memiliki akses ke jaringan adalah orang yang tepat. Terkadang menjaga kerahasiaan data ini melibatkan pelatihan khusus bagi mereka yang mengetahui dokumen tersebut.

  1. Integrity

Integritas ini adalah menjaga konsistensi, akurasi, dan juga kepercayaan data. Data di dalamnya tidak boleh diubah oleh orang yang tidak memiliki hak di dalamnya. Dengan adanya integrity bisa memastikan bahwa yang mengakses dan mengubah data tersebut adalah orang yang benar-benar memiliki hak akses terhadap data dan sistem tersebut.

  1. Availability atau ketersediaan

Konsep yang terakhir adalah availability yang mana menjadi konsep terbaik yang bisa digunakan untuk memelihara semua hardware, melakukan perbaikan terhadap hardware sesegera mungkin ketika diperlukan. Tidak hanya itu saja, availability ini juga bisa memelihara lingkungan sistem operasi.  Dalam konsep availability ini informasi akan selalu tersedia ketika dibutuhkan oleh orang yang memang memiliki akses atau wewenang di sistem tersebut.

Faktor Penyebab Risiko Kehilangan Data

Selain memahami pengertian dan konsep network security, yang harus Anda pahami dalam network security pengguna jaringan komputer akan berisiko kehilangan data karena beberapa faktor. Beberapa faktor penyebab risiko kehilangan data tersebut adalah kelemahan manusia atau human error, kelemahan perangkat keras, kelemahan sistem operasi jaringan, dan yang terakhir adalah kelemahan sistem jaringan komunikasi. Faktor penyebab risiko tersebut harus dihindari agar hacker, cracker, dan lain sebagainya tidak bisa membobol jaringan Anda dan mencuri maupun mengubah data yang ada di dalam sistem Anda sehingga data tetap aman.

Demikianlah pengertian dan konsep network security yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *