Pengertian Cloud Computing dan Manfaatnya

Pengertian cloud computing dan manfaatnya – Cloud computing mungkin bagi sebagian orang masih terdengar awam, namun di era digital seperti saat ini cloud computing sangat dekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia mengingat sudah banyak smartphone yang berbasis cloud. Terlebih lagi bagi perusahaan, clod computing akan sangat bermanfaat dalam operasional perusahaan lebih mudah. Dengan menggunakan cloud computing ini semua program atau aplikasi yang berjalan di Internet akan jauh lebih mudah, namun yang harus Anda ketahui adalah tidak semua aplikasi berbasis cloud, keberadaan cloud computing hanya dijadikan sebagai sarana untuk menjalankan aplikasi tambahan saja. Agar mengenal cloud computing lebih dalam, simak pengertian cloud computing dan manfaatnya berikut ini:

Pengertian

Hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian cloud computing dan manfaatnya terlebih dahulu. Secara garis besar cloud computing gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer atau komputasi di dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet atau awan yang mana memiliki fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi alam waktu yang sama. Sistem cloud ini akan bekerja menggunakan internet sebagai sever di dalam mengolah data, selain itu akan memungkinkan bagi pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus melalui penginstalan  terlebih dahulu.

Manfaat

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari cloud computing tersebut seperti berikut ini:

  1. Fleksibel

Manfaat dari cloud computing yang pertama adalah fleksibel. Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak perusahaan yang menyadari bahwa cloud computing sangat penting untuk diterapkan di dalam lingkungan kerja. Bahkan survei terbaru mengungkapkan bahwa sebesar 42% perusahaan menyadari bahwa fleksibilitas ini akan didapatkan jika menggunakan cloud computing tersebut. Saat Anda membutuhkan akses dokumen dan data saat berada di luar kota maka Anda bisa berinteraksi dengan kantor virtual dengan cepat dan tanpa kesulitan, kapan pun dan dimana pun menggunakan perangkat yang tersambung dengan internet.

  1. Sebagai tabungan dan investasi

Manfaat cloud computing selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah sebagai tabungan dan investasi biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar membeli inventaris untuk infrastruktur dan hard disk. Anda hanya akan mengeluarkan biaya rendah sebagai kompensasi yang rutin dibayar per bulan atau cukup sekali dibayar. Sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati oleh penyedia layanan cloud computing. Dengan demikian biaya royalti terhadap lisensi penggunaan perangkat lunak bisa berkurang bahkan bisa dipangkas sama sekali berkat komputasi berbasis cloud ini.

  1. Interaksi yang lebih efektif dan efisien

Cloud computing akan memungkinkan bagi karyawan untuk bisa melakukan komunikasi dan berinteraksi lebih mudah. Bahkan software ini memungkinkan interaksi yang lebih baik antara karyawan dan juga memungkinkan beberapa pengguna untuk bisa berbagi dan mengerjakan data maupun file secara bersamaan. Cloud computing juga memudahkan pekerjaan para ahli desain dan konstruksi mendapatkan informasi, dokumen, dan catatan terkait pekerjaan secara cepat dan aman meski bekerja di luar wilayah atau daerah.

  1. Skalabilitas

Layanan cloud computing ini sangat ideal bagi perusahaan dengan permintaan bandwidth yang meningkat dan selalu melakukan fluktuasi. Bisnis akan bisa meningkatkan atau mengurangi pengoperasian dan kebutuhan sumber daya bisnis. Saat kebutuhan meningkat Anda bisa meningkatkan kapasitas cloud Anda dan bisa memanfaatkan layanan server jarak jauh, sedangkan sebaliknya jika ingin berhemat Anda bisa mengurangi kapasitasnya.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan cloud computing ini terutama perusahaan yang  sudah besar seperti Kaskus, Amazon, Facebook, dan masih banyak lagi lainnya, sehingga setelah mengetahui pengertian cloud computing dan manfaatnya diharapkan perusahaan yang beralih ke cloud computing bertambah banyak dibandingkan saat ini mengingat manfaat yang ditawarkan oleh komputasi berbasis cloud ini sangat banyak.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *