Pengertian Backing Storage dan Manfaat Penggunaannya

Anda mungkin jarang mendengar istilah yang satu ini di dunia IT. Pasalnya, kebanyakan orang lebih sering menyebutnya secondary storage daripada istilah backing. Namun, walau memiliki istilah atau nama yang berbeda, fungsinya tetap sama, yakni untuk menyimpan backup data yang nantinya bisa digunakan oleh para user komputer setelah data selesai di proses. Lalu, apa yang dimaksud dengan backing storage dan apa saja  manfaat dari penggunaannya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Backing Storage

Backing Storage atau secondary storage merupakan media penyimpanan yang disediakan untuk menyimpan berbagai jenis program dan juga file yang memiliki ukuran besar yakni berbagai jenis program dan juga file yang tak sedang digunakan atau dioperasikan saat itu, namun nantinya akan dipindahkan ke media penyimpan utama saat diperlukan oleh user untuk kembali diolah menjadi data yang baru.

Ciri-ciri dari storage jenis ini adalah memiliki kapasitas yang besar dan bisa menyimpan berbagai jenis file untuk nantinya kembali digunakan oleh user. Selain itu, storage jenis ini juga akan berkaitan dengan primary storage sehingga wajib ada di setiap komputer. Saat ini sudah banyak jenis secondary storage yang biasa digunakan oleh para user komputer seperti harddiks, flashdisk, floppy disk, CD-ROM dan DVD-ROM. Semua media penyimpanan tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni untuk menyimpan berbagai jenis data yang tidak sedang digunakan oleh primary storage.

Walau mampu menyimpan berbagai jenis data, backing atau secondary storage rentan terinfeksi oleh berbagai jenis malware, sehingga Anda wajib membersihkan storage tersebut secara berkala agar file atau data Anda bisa tetap terjaga dan tidak rusak.

Manfaat Menggunakan Backing Storage

Ada beberapa manfaat penggunaan backing storage yang wajib Anda ketahui sebelum Anda menggunakan storage ini di komputer Anda.

  • Mampu Menyimpan Ukuran File Dengan Kapasitas Yang Besar

Backing atau secondary storage mampu menyimpan berbagai jenis ekstensi file dengan ukuran yang besar. Sehingga Anda tidak membutuhkan banyak storage untuk menyimpan data penting Anda. Selain itu, storage ini bisa Anda kunci dengan menggunakan software pihak ketiga sehingga keamanan data Anda lebih terjamin.

Anda juga nantinya bisa menambah kapasitas storage ini jika memang dirasa kurang karena file atau data Anda yang memiliki kapasitas sangat besar.

  • Memiliki kemampuan Membackup Data Sementara Yang Diproses Primary Storage

Storage jenis ini juga mampu membackup data sementara yang sedang diproses oleh primary storage jika prosesnya terganggu karena komputer mati atau gangguan lainnya. Hal tersebut membuat data yang sedang diolah tetap bisa tersimpan dan bisa kembali dilanjutkan nantinya. Jika Anda tidak menggunakan storage ini, Anda akan kesulitan untuk membackup data nantinya jika komputer Anda mengalami masalah.

  • Keamanan Data Tetap Terjaga Walau Storage Mengalami Kerusakan

Jika storage yang Anda gunakan mengalami kerusakan. Anda bisa mengambil kembali data Anda dengan menggunakan jasa untuk merecovery data yang ada pada storage tersebut. Backing atau secondary storage tetap akan menyimpan data Anda dengan aman walau mengalami kerusakan.

Selain itu, saat ini sudah ada berbagai aplikasi untuk merecovery data dari harddisk yang mengalami kerusakan sehingga Anda tidak usah kesulitan lagi.

Itulah pengertian dan manfaat menggunakan backing storage bagi Anda yang memiliki banyak data penting di komputer Anda, selalu usahakan Anda melakukan perawatan berkala pada storage Anda jika tidak ingin kehilangan data-data penting Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *