Pengertian Advanced Technology Attachment (ATA) dan Fungsinya

Pengertian Advanced Technology Attachment (ATA) – Bagi Anda yang berkecimpung dengan computer, pasti sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan ATA atau Advance Technology Attachment. Namun, tidak sedikit yang belum mengetahui pengertian ATA dan juga sejarahnya. ATA sendiri merupakan salah satu technology yang digunakan untuk menghubungkan hard drive dengan motherboard sebagai media penyimpanan. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian Advanced Technology Attachment (ATA) dan sejarahnya.

Pengertian ATA

ATA atau Advance Technologi Attachment merupakan interface standar untuk mempertemukan harddrive, DVD-ROM dengan motherboard agar bisa digunakan di komputer Anda. Dalam perangkat komputer yang sangat banyak digunakan, biasanya menggunakan drive dengan jenis ATA  atau biasa disebut dengan Advanced Technology Attachment . System drive ini juga merupakan  perkembangan dari teknologi pendahulunya yakni IDE. Oleh karena itu ATA juga sangat lazim disebut sebagai IDE/ ATA, dengan memiliki system penghubung antar drive yang biasa disebut Parallel

Fungsi ATA sendiri adalah untuk menghubungkan antara motherboard dengan hardisk dan juga CD-ROM atau DVD-ROM di dalam perangkat komputer. System Parallel ATA juga merujuk kepada pemasangan hardisk dengan menggunakan 1 ataupun 2 IDE device yang nantinya dihubungkan dengan 1 kabel terkoneksi ke dalam satu port IDE secara parallel.

ATA ini memiliki kelebihan dalam kecepatan transfer dibandingkan dengan SATA. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang lebih memilih menggunakan ATA dibandingkan interface lainnya.

Sejarah Perkembangan ATA

Perkembangan kemajuan teknologi ATA terbilang cukup pesat. Standard terakhir disandang oleh teknologi ATA generasi ke -7. Teknologi ini dirilis pada tahun 2001 dengan penambahan percepatan transfer data hingga sebesar 133 Mbps/ detik dengan 16 bit parallel.

Kabel IDE/ATA juga menggunakan” ribbon cable “ atau kabel pita dengan  selebar 2 inch atau kurang lebih 5 Cm dengan jumlah 40 pin koneksi data yang masing-masing pin akan membutuhkan daya sebesar 5 V. Panjang kabel pita pada teknologi ATA hanya diperbolehkan hingga memasuki batasan 46 centimeter saja.

Kelebihan dari teknologi ATA antara lain,  harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan HDD lainnya, lebih kuat dan juga pemakaiannya jauh tahan lama. Karena lebih awet dan juga harganya yang murah, membuat ATA masih banyak digunakan hingga sekarang. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang perangkat komputernya masih menggunakan ATA.

Sayangnya, Ada beberapa kekurangan ATA dibandingkan SATA. Salah satunya adalah proses transfer yang tidak bisa multitasking, berbeda dengan SATA yang mampu melakukan multitasking tanpa memakan banyak proses di computer Anda. Pasalnya, saat melakukan proses transfer data, ATA akan menggunakan semua kemampuannya untuk mempercepat proses transfer. Sehingga ketika melakukan proses lain, maka prosesnya akan melambat dan membuat kinerja computer Anda berkurang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menambah kapasitas RAM di computer agar bisa melakukan multitastik di computer Anda.

Biasanya, orang akan menambah kapasitas Ram hingga 3-4 Gb sehingga prosesor pun tidak akan terlalu berat dalam memproses data. Begitu juga saat melakukan transfer data menggunakan ATA.

Itulah pengertian Advanced Technology Attachment (ATA) yang harus Anda ketahui agar jika mengalami masalah dengan computer Anda di rumah atau di kantor, Anda bisa menyelesaikan semuanya tanpa harus meminta bantuan tim IT. Anda bisa mempelajari pengertian Advanced Technology Attachment (ATA) dan juga membedakannya dengan teknologi interface lainnya.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *