Penasaran Apa Sebenarnya Fungsi Server dan Storage?

Server

Mungkin sebagian orang masih ada yang penasaran apa sebenarnya fungsi server dan storage itu. Di era teknologi yang begitu berkembang seperti saat ini, Anda tentu saja akan dengan mudah menikmati fasilitas sistem informasi yang selalu terkoneksi dengan internet. Nah, di balik kemudahan fasilitas tersebut terdapat satu infrastruktur jaringan komputer yang begitu kompleks yang saling terhubung satu sama lain. Infrasturtur ini akan diolah, diatur, dan selalu diawasi oleh komputer induk yang disebut sebagai server. Selain itu terdapat pula server storage yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data berkapasitas besar. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

Server

Server
Server
  1. Pengertian Server

Server dapat diartikan sebagai sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah sistem jaringan komputer. Server juga dapat juga diartikan sebagai terminal akhir yang dapat mengkoordinasikan semua aktivitas yang terjadi pada sistem infrastruktur jaringan komputer.

Sebuah server akan didukung oleh prosesor yang sifatnya scalable dan RAM yang besar serta dilengkapi dengan sistem operasi yang spesifik. Sistem operasi yang terdapat pada server adalah sistem operasi jaringan.  Sistem operasi tersebut berbeda dengan sistem operasi pada umumnya atau yang sering digunakan pada windows MacOS dan lain sebagainya.

Setiap sistem operasi server pada umumnya merangkai berbagai layanan yang diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client. Pada umumnya, sebuah server terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card yang berupa kartu PCI atau ISA.

Saat ini sistem operasi server yang cukup populer yaitu Windows 2000 Server dan Windows Server 2003. Selain itu ada pula Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

  1. Fungsi Server

Berikut adalah beberapa fungsi dari server:

  • Menyimpan database serta aplikasi yang diperlukan oleh komputer client
  • Memberi proteksi firewall pada seluruh jaringan komputer
  • Memberi keamanan dengan adanya fitur security yang berbasis server
  • Menjalankan software administratif atau software yang dapat digunakan untuk mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.
  1. Jenis Server

Jenis-jenis server adalah sebagai berikut:

  • Server aplikasi atau application server, yaitu server yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang bisa diakses oleh client
  • Server data atau data server, yaitu server yang dipakai untuk menyimpan data yang digunakan oleh client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
  • Server proxy atau proxy server, yaitu server yang digunakan untuk mengatur lalu lintas dalam jaringan melalui pengaturan proxy.

Storage

harddisk
harddisk

Untuk menjawab rasa penasaran Anda tentang apa sebenarnya fungsi server dan storage, Anda juga perlu menyimak tentang pengertian storage terlebih dahulu.

  1. Pengertian Storage

Storage merupakan media penyimpanan data yang berkapasitas besar sebagai contohnya hardisk. Store server dapat digunakan sebagai media untuk menjalankan fungsi server yang lain, seperti Database, Email Server, FTP server, Application Server, dan beberapa server lain yang membutuhkan kapasitas penyimpanan bersama dan terpusat. Sekarang ini beberapa vendor seperti IBM, fujitsu, maupun dell menjual storage server yang banyak digunakan oleh perusahaan yang berbasis IT.

Selain digunakan pada perusahaan yang berbasis IT, storage server ternyata juga dapat digunakan pada skala yang lebih kecil. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya perangkat digital seperti telepon seluler, kamera digital, PDA, ataupun MP3 Player yang membutuhkan sebuah sistem penyimpanan eksternal agar data-data dapat disimpan pada tempat selain hard disk drive seperti yang ada pada komputer. Hal ini tentu saja memberikan manfaat tersendiri bagi Anda, terutama yang sering melakukan pekerjaan yang membutuhkan media penyimanan dalam perangkat digital.

Contohnya, seorang profesional melakukan pengolahan file multimedia yang menghasilkan ratusan bahkan ribuan transaksi perhari seperti yang terjadi pada dunia perbankan, maka penggunaan perangkat penyimpanan tambahan atau external storage tentu saja sangat diperlukan.

  1. Fungsi Storage Server

Berikut ini adalah beberapa fungsi storage sistem:

  • Storage dapat digunakan sebagai Multimedia File (Klip, gambar, lagu, dan film)
  • Melakukan backup data
  • Database
  • Datashare Media (berbagi file dengan berbagai perangkat yang berbeda)

Demikianlah pembahasan yang mungkin dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang apa sebenarnya fungsi server dan storage. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *