Menilik Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Komputer Generasi Pertama

Perkembangan komputer dari masa ke masa – Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang berkembang pesat sekarang ini. Dan dari sekian banyak teknologi yang ada, ialah komputer yang menjadi salah satu perangkat teknologi paling banyak digunakan. Bahkan sistem pengoperasian komputer ini juga tidak bisa kita lewatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi walau demikian, tidak semua dari kita tahu tentang sejarah dan perkembangan teknologi komputer. Untuk itu agar menambah wawasan, pada ulasan kali ini kami akan membagikan sedikit info seputar perkembagan komputer dari masa ke masa.

Komputer Generasi Pertama (Tahun 1941 – 1952)

Dalam masa awal penemuan komputer, tujuan utamanya ialah untuk membantu setiap proses hitung-hitungan terkait kondisi peperangan saat itu. Dulunya, persaingan komputer diawali oleh persaingan 2 negara yang terlibat di dalam Perang Dunia 2. Dan kehadiran komputer benar-benar dimanfaatkan oleh 2 kubu tersebut untuk membantu proses perhitungan matematis, seperti contohnya perhitungan dalam mengendalikan pesawat dan peluru kendali.

Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Pertama

Setelah Perang Dunia 2 sudah berakhir, perkembangan komputer dilanjutkan untuk memenuhi kebutuhan harian manusia. Saat itu ada Howard Aiken yang menciptakan kalkulator elektronik yang kemudian dilanjutkan menjadi perangkat untuk membantu kegiatan numerik.

Setelah itu, perkembangan komputer pada generasi ini masih terbatas karena tujuan pengadaannya memiliki target pengguna yang signifikan. Sehingga tidak sembarang jenis komputer dipelajari, melainkan masih fokus terhadap komputer dengan kemampuan numerik.

Komputer Generasi Kedua (Tahun 1953 – 1958)

Komputer Generasi Kedua
Komputer Generasi Kedua

Di generasi kedua ini, komputer memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dapat terjadi karena ditemukannya teknologi transistor pada tahun 1948. Walaupun pada dasarnya jika dibandingkan dengan sekarang, tentu komputer pada masa ini masih sangat besar ukurannya.

Komputer generasi kedua juga relatif lebih hemat energi. Namun sayangnya, fasilitas ini hanya terbatas pada super komputer saja. Atau dalam arti lain masih belum diproduksi secara massal dan masih dikemas secara eksklusif sehingga hanya golongan tertentu saja yang bisa merasakan perkembangan komputer dari masa ke masa pada generasi kedua ini.

Hal yang menarik di era ini adalah adanya penggunaan bahasa pemrograman pada komputer. Dengan demikian, pengoperasian komputer menjadi semakin maju karena ada semakin banyak bahasa pemrograman yang akhirnya ditemukan untuk memenuhi kebutuhan komputasi harian.

Komputer Generasi Ketiga (Tahun 1959 – 1970)

Komputer Generasi Ketiga
Komputer Generasi Ketiga

Generasi ketiga dimulai dengan adanya penemuan IC yang kala itu menggantikan penggunaan transistor. Fungsi IC dalam generasi ketiga ini adalah agar mampu menekan panas berlebih yang dihasilkan suatu komputer. Bahkan perannya dalam mengintegrasikan komponen pada satu chip membuat generasi ketiga ini dipenuhi komputer dengan ukuran yang lebih kecil.

Selain itu, di generasi ini pula sistem operasi mulai diluncurkan. Sehingga kita bisa memonitor penggunaan pada memori yang tersedia dan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus atau multitasking.

Komputer Masa Kini dan Masa Depan

Saat ini kita sudah mengenal komputer dengan berbagai bentuk dan kelebihan yang sangat berbeda dibanding masa lalu. Di era ini pula suatu komputer memiliki kelebihan artificial intelligence sehingga bisa bersikap seperti manusia dalam memindai atau melakukan komputasi harian lainnya.

Bahkan dengan sentuhan teknologi tambahan, komputer juga dapat menganalisis berbagai hal, mulai dari penyebab bencana hingga prediksi terkait kondisi lingkungan tertentu. Dan di masa depan, tentu tidak ada yang tahu akan seperti apa kecanggihan komputer ini berlanjut.

Perkembangan Komputer dari masa ke masa
Perkembangan Komputer dari masa ke masa

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan seputar perkembangan komputer dari masa ke masa. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan memberi pengetahuan tambahan seputar NKRI.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *