Mengenal Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Secara Singkat

Komputer 1940-an batch processing

Komputer merupakan perangkat teknologi yang memudahkan aktivitas Anda khususnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebuah perangkat komputer tidak hanya membutuhkan hardware maupun software. Lebih dari itu, komputer juga membutuhkan jaringan agar kinerjanya menjadi lebih optimal. Sejarah perkembangan jaringan komputer telah menjalani periode panjang hingga mencapai titik dimana kinerja perangkat ini semakin canggih.

Tahun 1940-an: Batch Processing

Komputer 1940-an batch processing
Komputer 1940-an batch processing

Awal mula perkembangan jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat. Saat itu, para akademisi Universitas Harvard sedang melakukan penelitan di bawah pimpinan Prof. H. Aiken. Topik yang diteliti adalah mengenai pengembangan komputer model I. Pada waktu proses penelitian, muncullah implementasi program yang disebut batch processing. Cara kerja proses beruntun ini adalah memanfaatkan beberapa komputer untuk mengerjakan program atau pekerjaan sekali waktu.

Tahun 1950-an: pengembangan TSS (Time Sharing System)

Sekitar 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1950, aktivitas penggunaan dan pengembangan dari sistem komputer semakin masif. Kondisi ini, akhirnya memicu munculnya sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS. TSS sendiri merupakan suatu sistem yang memungkinkan komputer bertindak sebagai server mapun host.

Time Sharing System komputer
Time Sharing System komputer

Dengan demikian, komputer dapat mengakses maupun diakses menggunakan media terminal, client, workstation yang tersedia dalam waktu bersamaan. TSS adalah sistem pertama yang benar-benar mengimplementasikan konsep jaringan komputer. Jadi, dapat dikatakan bahwa Time Sharing System merupakan cikal bakal network yang Anda kenal sampai sekarang.

Tahun 1970-an: Distribution Processing

1970 Distribution Processing
1970 Distribution Processing

Sejarah perkembangan jaringan komputer berlanjut 30 tahun kemudian. Pada masa ini, sistem TSS telah dikembangkan menjadi distribution processing. Penggunaan sistem ini memungkinkan 2 host komputer untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Disamping itu, setiap host dan juga server memiliki kemampuan untuk melayani banyak terminal atau client. Satu lagi aspek yang menonjol dari sistem ini adalah meningkatnya kemampuan host atau server untuk mengolah dan melayani station.

Tahun 1980-an: penggunaan TCP/IP untuk standarisasi jaringan

Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol yang diberi nama TCP (Transmission Control Protocol). TCP inilah yang saat ini Anda kena dengan nama IP atau Internet Protocol. Kehadiran protokol ini membuat banyak komputer dan usernya bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan global. Kemudian, di tahun 1984 muncullah apa yang disebut dengan DNS.

Secara sederhana, DNS dapat diartikan sebagai kumpulan alamat web yang berbeda. Alamat web tersebut dapat dikunjungi siapapun yang terhubung ke jaringan internet. Lalu, pada waktu yang sama juga muncul topologi jaringan komputer yang pertama yaitu LAN. Dengan adanya LAN, maka dua komputer dapat terkoneksi satu sama lain tanpa menggunakan media host maupun server.

IP untuk standarisasi jaringan
IP untuk standarisasi jaringan

Tahun 1988, perkembangan jaringan komputer semakin pesat. Ini ditandai dengan kemuculan IRC atau Internet Relay Chat yang dikembangkan oleh Jarkko Oikaren. IRC merupakan program yang memungkinkan Anda untuk melakukan chatting melalui jaringan internet dengan user lain. Pada waktu itu, penggunaan IRC oleh user sangat intens karena belum populernya fitur SMS.

Tahun 1990-an: lahirnya World Wide Web

Seorang bernama Tim Bernes Lee mulai merancang dan mengembang sebuah program yang dapat melihat seluruh isi internet. Program yang dirancang dan dikembangkan pada tahun 1990 ini diberi nama World Wide Web. Dengan adanya WWW, maka beberapa komputer bisa membentuk suatu jaringan.

world Wide Web
world Wide Web

Pada tahun ini pula, program e-retail mulai muncul. Disini, Anda dapat berbelanja menggunakan alamat website. Pada tahap selanjutnya, e-retail terus berkembang hingga menjadi e-commerce. Selain e-retail, program Yahoo dan juga Netscape Navigator mulai bermunculan. Yahoo umumnya digunakan untuk chatting dengan user lain. Sementara itu, kegunaan dari Netscape Navigator adalah menyediakan akses kepada user untuk browsing.

Dewasa ini, kinerja dari sebuah perangkat komputer memang semakin canggih. Kecanggihan yang dihadirkannya tidak terlepas dari sejarah perkembangan jaringan komputer dari tahun 40-an hingga sekarang. Dalam jangka waktu tersebut, banyak terjadi perubahan untuk penyempurnaan sistem jaringan komputer. Oleh sebab itu, Anda harus memanfaatkan komputer secara bijak untuk menghargai kerja keras para pengembang terdahulu.

 

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *