Mengenal Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer

Keamanan data

Komputer adalah perangkat penting yang dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari Anda. Namun, tanpa adanya jaringan, penggunaan perangkat ini pun tidak akan maksimal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa fungsi jaringan komputer terhadap perangkat ini sangatlah krusial. Secara umum, terdapat enam fungsi yang dihadirkan oleh jaringan ini. Namun, sebelum membahas topik tersebut perlu Anda ketahui terlebih dulu definisi dari jaringan komputer itu sendiri.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Secara singkat, Tannebaum (1981) mendefinisikan jaringan komputer sebagai sebuah kumpulan interkoneksi dari barbagai komputer yang otonom. Idealnya, sebuah jaringan komputer terdiri dari dua, puluhan, ratusan, ribuan bahkan jutaan node. Adanya jaringan komputer membuat perangkat mampu saling berhubungan satu sama lain. Misalnya: pertukaran file, berbagi sumber daya, dan berkomunikasi secara elektronik hingga

Mengamankan data

Keamanan data
Keamanan data

Jaringan komputer memiliki peranan yang penting bagi individu maupun lembaga seperti perusahaan. Salah satu fungsi dari jaringan komputer adalah memberikan perlindungan terhadap data penting. Dengan demikian, resiko kehilangan data penting tersebut dapat diminimalisir. Selain itu, jaringan komputer juga akan memastikan seluruh infomasi penting tidak hilang ketika didistribusikan ke perangkat lain.

Mempercepat transfer data

Mempercepat transfer data
Mempercepat transfer data

Jaringan komputer tidak hanya berfungsi untuk mengamankan data. Lebih dari itu, jaringan komputer juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat transfer data. Proses transfer data memang lebih cepat dibandingkan menggunakan media lainnya. Aktivitas berbagi data secara cepat tentu akan membuat user semakin mudah memperoleh informasi.

Menjaga informasi

menjaga informasi
menjaga informasi

Sekilas fungsi jaringan komputer yang satu ini hampir sama dengan mengamankan data. Namun, sebenarnya kedua fungsi ini memiliki peran yang berbeda. Proses mengamankan data berarti memcegahnya agar tidak hilang. Sementara itu, menjaga informasi adalah membuat data penting selalu valid dan up to date. Selain itu, penjagaan informasi juga bisa dilakukan oleh jaringan komputer dengan membatasi akses sewaktu data sedang diproses.

Menghemat uang

Menghemat uang
Menghemat uang

Kenapa penggunaan jaringan komputer bisa menghemat uang? Hal ini dikarenakan dengan hadirnya jaringan ini penggunaan komputer untuk aktivitas sehari-hari menjadi lebih efektif. Contohnya adalah dalam dunia kerja, dimana perusahaan tidak perlu membeli printer untuk masing-masing komputer. Ini dikarenakan dengan adanya jaringan komputer, satu printer bisa diakses beberapa perangkat.

Media komunikasi

Fungsi yang paling populer dari jaringan komputer ialah sebagai media komunikasi. Misalnya: kantor Anda akan mengadakan rapat kerja pada hari Senin mendatang. Sebagai seorang sekretaris Anda  dapat mengumumkan informasi tersebut menggunakan media jaringan komputer. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menggunakan cara lama yaitu menempel kertas pengumuman di kantor.

Realibilitas tinggi

Realibilitas jaringan komputer yang tinggi
Realibilitas jaringan komputer yang tinggi

Apa itu realibilitas yang tinggi? Istilah tersebut dapat diartikan sebagai kemampuan jaringan komputer untuk membagikan data ke beberapa perangkat. Umumnya, proses pembagian data menggunakan jaringan komputer bisa menjangkau dua, tiga perangkat bahkan lebih. Kondisi ini tentu saja membuat Anda mempunyai salinan data penting. Jadi, seandainya komputer utama rusak Anda tidak perlu terlalu memusingkannya.

Membagi sumber daya

Peranan dari jaringan komputer yang terakhir adalah memungkinkan untuk berbagi sumber daya. Jenis sumber daya tersebut tidak terbatas pada data-data tetapi juga meliputi software dan juga printer. Dulu sebelum berkembangnya jaringan komputer, printer hanya bisa digunakan oleh satu perangkat. Sekarang, printer sudah bisa digunakan lebih dari satu perangkat komputer.

Membagi sumber daya jaringan
Membagi sumber daya jaringan

Komputer adalah perangkat yang memudahkan aktivitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Kini, dengan komputer Anda bisa menyimpan, menerima bahkan membagi data ke perangkat lain secara aman dan cepat. Berbagai kemudahan yang Anda dapatkan tersebut tidak terlepas dari fungsi jaringan komputer.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *