Mengenal Cloud Server dan Fungsinya

fungsi Cloud Server

Cloud server – Sesuai dengan namanya, cloud yang berarti awan, maka teknologi ini seolah menggambarkan bahwa setiap data bisa disimpan secara tak kasat mata. Teknologi ini adalah suatu layanan yang menggabungkan jaringan berbasis internet dan komputer. Intinya, teknologi ini memanfaatkan internet sebagai pusat server untuk mengunggah dan mengelola data. Sehingga tiap data yang diperlukan bisa dengan mudah diakses serta tidak perlu disimpan pada hardware seperti falshdisk atau hardisk.

Hal ini tentunya akan sangat mempermudah apabila kita memiliki data yang tersimpan di salah satu perangkat dan tak sengaja perangkat tersebut hilang. Karena setiap data dalam perangkat tersebut sudah terhubung pada server cloud sehingga bisa tetap diunduh dan diakses.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Cloud Server

Cloud Server
Cloud Server

Teknologi ini pada dasarnya sudah diterapkan di berbagai software gawai masa kini. Seperti pada iPhone misalnya yang memiliki sistem iCloud sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data dalam berbagai bentuk file untuk kemudian dapat diakses kembali kapanpun melalui iPhone yang berbeda sekalipun.

Dengan adanya teknologi ini, maka data bisa diakses sewaktu-waktu sehingga pekerjaan pun lebih efisien. Bahkan kita juga tidak perlu membeli perangkat penyimpanan data tambahan seperti hardisk misalnya yang pastinya menambah biaya anggaran. Penggunaan teknologi berbasi penyimpanan data ini juga bisa digunakan untuk mengatur penyimpanan, mulai dari jumlah core CPU hingga RAM yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila Anda ingin menggunakan jasa layanan dari teknologi ini, maka biasnya Anda akan diminta membuat akun menggunakan email. Dari email itulah Anda dapat menentukan ID dan password sehingga data didalamnya bisa diakses dari berbagai perangkat yang berbeda.

Beberapa Fungsi Cloud Server

fungsi Cloud Server
fungsi Cloud Server
  1. Tidak akan Kehilangan Data

Ketika kita menyimpan file pada hardisk atau flashdisk, maka kita harus menjaga barang tersebut agar jangan sampai rusak atau hilang. Lalu bagaimana jika ternyata barang itu malah hilang atau rusak? Tentu data didalamnya kemungkinan besar tidak akan bisa terselamatkan.

Untuk itu, dengan menggunakan teknologi ini maka kejadian seperti di atas bisa diminimalisir karena data tersimpan di server internet yang mana tidak akan hilang kecuali Anda menghapusnya. Dengan demikian, Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

  1. Upgrade yang Cepat

Penggunaan teknologi ini juga memungkinkan Anda untuk mengupgrade data secara cepat. Dengan memanfaatkan teknologi ini, setiap data akan terhubung dengan koneksi internet sehingga Anda dapat mengelolanya secara cepat dan efisien.

  1. Tidak Perlu Menambah Anggaran Hardware

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, penggunaan teknologi ini mampu menyimpan data dalam jumlah besar. Dengan demikian Anda sudah tidak perlu lagi membeli perangkat storage tambahan. Secara keuntungan, jelas menunjukkan jika teknologi ini tidak hanya mempermudah Anda dari segi waktu namun juga biaya yang dikeluarkan.

Dari berbagai sisi, tentu kita sepakat apabila menyebut teknologi ini mampu mempermudah pekerjaan. Segala keuntungan yang diberi benar-benar mampu mewakili kebutuhan publik saat ini yang mana dituntut agar lebih cepat dan produktif dalam segala hal, tak terkecuali menyimpan dan mengunduh data.

Namun dibalik itu Anda juga harus waspada karena teknologi ini juga memiliki kelemahan, salah satunya iala keamanan data. Untuk itu pastikan Anda memilih penyedia jasa layanan terbaik agar data tetap aman dan sulit ditembus oleh oknum pencuri data.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan seputar pengertian cloud server dan beberapa fungsinya. Dengan demikian tidak perlu ragu lagi untuk segera memaksimalkan teknologi ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *