Mengenal Anti Virus Laptop dan Jenis-Jenisnya

Keberadaan anti virus laptop dirasa sangat dibutuhkan di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini. Anti virus merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk memberikan proteksi pada file-file yang terdapat pada laptop maupun komputer. Laptop rentan terkena virus atau malware yang sangat mengganggu kenyaman jika tidak dipasangi dengan anti-virus di dalamnya. Dengan adanya anti virus yang terpasang pada laptop, virus-virus yang bisa merusak data maupun sistem yang terdapat di dalam laptop tersebut dapat dihilangkan. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Anti Virus

Anti Virus

Anti virus adalah perangkat lunak yang terdapat pada komputer, laptop, maupun perangkat lainnya yang  berfungsi untuk menemukan, mencegah, serta menghapus perangkat lunak yang terinveksi virus yang berasal dari file yang terdapat dalam perangkat tersebut maupun yang berasal dari flashdisk.

Virus sendiri merupakan program yang sengaja diciptakan untuk merusak suatu aplikasi ataupun data sehingga data tersebut kondisinya tidak normal lagi.

Anti virus modern yang kini dapat Anda unduh secara gratis mupun berlangganan dirasa sangat penting karena dapat melindungi laptop ataupun perangkat lainnya dari objek pembantu browser berbahaya, peretas peramban, ransomware, backdoors, rookit, Trojan horses,worm, adware, spyware, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Anti Virus

Berikut ini adalah beberapa jenis anti virus laptop yang  dapat Anda download secara gratis. Anti virus berikut ini memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga dapat memberikan proteksi maksimal pada laptop Anda.

  1. Avast Antivirus

Avast Antivirus menjadi perangkat lunak antivirus paling populer yang dapat memberikan proteksi optimal pada sebuah laptop, mulai dari malware besar hingga serangan hacker. Avast Antivirus memiliki fitur seperti CyberCapture yang berguna untuk membersihkan thread. Selain itu, ada juga fitur WiFi Inspector yang berguna untuk memproteksi jaringan WiFi.

Kelebihan dari Avast Antivirus adalah adanya fitur Keamanan Real-time dan scanning yang lengkap dan terdapat fitur password manager untuk keamanan akun. Namun sayangnya, antivirus yang satu ini memiliki kelemahan, yakni hanya ada beberapa fitur yang terdapat pada versi Pro.

  1. Avira Free Antivirus

Bagi para pengguna Windows DOS, Avira Free Antivirus sudah sejak lama digunakan untuk memberikan proteksi pada laptop dari gangguan virus. Avira Free Antivirus memiliki performa yang solid serta user interface yang berkualitas sehingga banyak digunakan oleh pengguna laptop. Perangkat lunak antivirus yang satu ini memiliki fitur Protection Cloud yang berfungsi untuk menganalisa file. Selain itu, terdapat pula fitur Browser Tracking Blocker yang berfungsi untuk mengawasi aktivitas browsing.

Avira Free Antivirus memiliki keunggulan tersendiri berupa user interface yang mudah untuk digunakan. Namun, antivirus ini juga memiliki kekurangan, yaitu fitur keamanan real-time yang cukup mengganggu.

  1. Kaspersky Antivirus

Kaspersky Antivirus juga termasuk yang paling populer dan sudah sejak lama digunakan oleh para penggunana PC maupun komputer. Fitur Web Protection dan Email Protection yang terdapat pada antivirus ini sangat mendukung kemampuan dari Kaspersky Antivirus ini.

Kelebihan dari antivirus ini adalah kemampuannya untuk melakukan pemblokiran malware dan link jahat. Sementara itu, antivirus yang satu ini memiliki kekurangan, yaitu fitur Esensialnya yang kurang lengkap.

  1. AVG Antivirus

AVG Antivirus menjadi salah satu antivirus tertua dan sudah sejak lama digunakan. Antivirus yang satu ini telah diakuisisi oleh Avast pada September 2006. Pada antivirus ini terdapat fitur Web Protection yang berguna untuk memantau serta memberikan proteksi pada saat browsing.

Kelebihan dari AVG Virus adalah adanya fitur pemantau aktivitas browsing. Sedangkan kelemahan antivirus yang satu ini adalah cukup berat untuk digunakan.

  1. Bitfender Antivirus Free Edition

Anti virus asal Rumania ini memiliki fitur yang mampu memproteksi perangkat laptop dari berbagai macam virus berbahaya. Fitur-fitur tersebut antara lain On-demand Virus Scanning yang berfungsi sebagai pemusnah segala jenis virus, seperti trojan, malware, ransomware, dan lain sebagainya, fitur Anti-phising Feature yang memberikan perlindungan pada akun-akun online, fitur Behavioral Detection yang berfungsi untuk memonitor aplikasi, serta fitur Anti-fraud yang berfungsi untuk mengawasi situs-situs yang Anda kunjungi.

Kelebihan antivirus ini adalah adanya keamanan berlapis pada malware dan ransomeware. Selain itu, Bitfender Antivirus Free Edition ini juga memiliki fitur Password Manager dan Private VPN. Sayangnya, antivirus ini memiliki kelemahan tersendiri, yakni beberapa fitur hanya dapat dinikmati dengan cara berlangganan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian anti virus laptop dan jenis-jenisnya. Semoga informasi yang terapat pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *