6 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Memilih Server VPN

Tips Memilih Server VPN

Tips Memilih Server VPN – Menggunakan VPN (Virtual Private Network) saat surfing di dunia maya banyak memberi keuntungan. Penjelajahan secara anonym dengan IP address berbeda, proteksi hingga enkripsi adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan VPN. Namun bukan hal yang mudah mendapat layanan VPN yang terjamin dan benar-benar aman.

Tips Memilih Server VPN
Tips Memilih Server VPN

Sebenarnya ada tak kurang dari 300 VPN yang telah ini diluncurkan oleh pengembang saat ini. Lantas bagaimana cara memilih VPN yang tepat, aman, dan sesuai kebutuhan?

Simak tips memilih server VPN yang aman berikut ini.

1.     Tujuan Penggunaan VPN

VPN berbasis router memungkinkan banyak koneksi simultan. Jika Anda menginginkan VPN paling baik untuk seisi rumah, VPN jenis router ini opsi paling tepat.

Lain halnya jika Anda suka steraming video atau film. Untuk aktivitas ini Anda butuh VPN high speed, koneksi handal, serta lebar pita yang tidak terbatas.

Jika tujuannya untuk jaringan Wi-Fi publik, Anda butuh VPN yang menawarkan sistem keamanan tingkat tinggi serta memiliki alamat server VPN  di seluruh dunia.

Setelah ada kepastian terkait tujuannya, silakan Anda catat fitur-fitur VPN yang penting dan mana yang harus diabaikan. Setelah itu Anda bisa memutuskan VPN mana yang paling tepat.

2.     Perhatikan Kualitas VPN

Pengembang VPN memprioritaskan pada satu keunggulan fitur. Misalnya enkripsi, speed, atau anonimitas. Anda perlu tahu bagian mana yang mereka prioritaskan.

Jika Anda suka menonton konten yang sudah diblokir secara geografis, pilih saja VPN yang punya reputasi bagus membuka blokir konten. Sebagai contoh, VPN Netflix sangat sulit ditembus oleh banyak VPN namun NordVPN serta EXpressVPN tidak kesulitan menerobosnya.

Lain lagi jika Anda lebih mengutamakan privasi dan anonimitas, VPN yang aman digunakan adalah jenis VPN yang mempunyai enkripsi aman. Namun yang perlu Anda periksa adalah protocol keamanannya. Pastikan juga apakah VPN tersebut dilengkapi fitur tombol pemutus (kill-switch) atau tidak.

3.     Sesuaikan dengan Perangkat yang Cocok

Saat ini mayoritas VPN kompatibel dengan semua platform seperti android, iOS, Windows, Mac, maupun Linux. Namun ada juga beberapa produk VPN yang tidak mendukung semua platform.

Jika misalnya Anda punya komputer Windows namun menggunakan smartphone iPhone, pastikan VPN yang Anda pilih mendukung kedua perangkat berbeda OS tersebut.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga memeriksa seberapa banyak perangkat yang bisa tersambung sekaligus dengan satu VPN. VPN yang mengizinkan perangkat tersambung tidak terbatas juga layak Anda pertimbangkan.

4.     Pilih VPN Ramah Pengguna

Cukup banyak VPN yang mempunyai antarmuka pengguna yang rumit dan sulit dipahami. Bagi yang kurang paham teknologi mungkin kesulitan mengkonfigurasikannya. Untuk itu cobalah cari VPN ramah pengguna, lebih simpel dengan prosedur yang sederhana.

5.     Men-cover Lokasi Penting

Kinerja beberapa produk VPN kadang ditentukan oleh jumlah server dan lokasi. Jika Anda ingin mengunjungi negara yang secara teknologi kurang maju dan berencana tinggal disana sementara, Anda butuh VPN yang punya server berdekatan dengan lokasi Anda.

6.     Tentukan Jenis Pembayaran

VPN gratis memang banyak berseliweran dan mungkin sangat menggiurkan, namun begitu tidak direkomendasikan untuk digunakan. Ada banyak hal penting yang Anda pertaruhkan meskipun tidak berbayar.

Sistem pembayaran selalu krusial untuk dipertimbangkan saat Anda mencari VPN handal dan terbaik. Terkait harga mungkin berbeda-beda setiap VPN, tergantung fitur yang ditawarkan dan lamanya Anda berlangganan.

Cara pembayaran juga penting Anda perhatikan. Ada beberapa VPN yang mewajibkan pelanggan melakukan pembayaran secara anonym, misalnya dengan mata uang virtual BitCoin. Ada juga beberapa yang mewajibkan membeli gift untuk menghindari penyalahgunaan informasi pribadi.

Nah, itu tadi 6 tips memilih server VPN paling aman. Untuk segala sesuatu yang terbaik, faktor gratis sepertinya perlu Anda abaikan. Begitu juga ketika memilih VPN, jika Anda menginginkan yang terbaik dan aman sebaiknya pilih VPN berbayar.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *