Mana yang Lebih Baik, Jaringan Wire Atau Wireless untuk LAN?

Wired LAN

Mungkin sebagian orang masih penasaran mana yang lebih baik, jaringan wire atau wireless. Kemajuan teknologi semakin mendorong penggunaan jaringan dengan kabel (Wired) maupun jaringan tanpa kabel (Wireless) agar memudahkan komunikasi. Seperti yang diketahui bahwa koneksi internet bisa diperoleh melalui dua cara tersebut.  Fungsi dari Wired dan juga Wireless sebenarnya sama, yaitu sebagai media penghubung perangkat satu dengan perangkat yang lain. Yang menjadi perbedaannya adalah wired menggunakan kabel, sedangkan wireless tidak menggunakan kabel karena hanya menggunakan sensor yang ada di dalam alat itu sendiri. Agar dapat mengetahui mana yang lebih baik, wired atau wireless, yuk simak pembahasan berikut!

Wired

Wired LAN
Wired LAN
  1. Pengertian Wired LAN

Wired merupakan sebuah media penghubung dengan menggunakan kabel dan jangkauannya hanya dalam satu area atau biasa disebut dengan istilah LAN (Local Area Nework). Jenis-jenis kabel wired antara lain: Coaxial, unshielded twist pair (UTP, contohnya seperti RJ-45 dan RJ-11), serta Fiber optic.

  1. Kelebihan Wired

Wired mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

  • Memiliki kecepatan pengiriman yang lebih tinggi
  • Jaringannya lebih stabil
  • Lebih compatible dengan berbagai alat elektronik
  • Memiliki ketahanan terhadap petir (lebih stabil bila dibangkan wireless)
  1. Kekurangan Wired

Sementara itu, wired juga punya beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Memiliki instalasi yang cukup rumit
  • Karena bersifat lokal, maka Wired tidak dapat diaplikasikan dengan komunikasi antar daerah ataupun luar kota

Wireless

Wireless LAN
Wireless LAN
  1. Pengertian Wireless

Wireless merupakan media penghubung yang bersifat nirkabel atau tanpa kabel. Wireless menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghubungkan media dari kejauhan.

  1. Kelebihan Wireless

Kelebihan Wireless Wireless memiliki beberapa kelebihan, di ataranya:

  • Dapat digunakan dari kejauhan
  • Jaringan yang digunakan dapat menembus penghalang
  • Dapat membangun jaringan dengan cepat
  1. Kekurangan Wireles

Berikut ini adalah beberapa kekurangan wireless:

  • Tidak compatible dengan semua peralatan elektronik
  • Sinyalnya menjadi buruk saat cuaca sedang tidak baik

Perbandingan Antara Wireless dan Wired

Sebelum Anda memutuskan mana yang lebih baik, jaringan Wire atau Wireless, terlebih dahulu Anda perlu menyimak perbandingan di antara kedua.

  1. Cocok Untuk Siapa?

Ada orang yang beranggapan bahwa Wireless hanya tepat untuk golongan tertentu saja, seperti para eksekutif muda, administrator perusahaan besar, serta orang-orang dengan mobilitas yang tinggi. Anggapan tersebut tidak selalu tepat. Karena faktanya, setiap pengguna komputer bisa menggunakan jaringan wireless.

Dibandingkan dengan jaringan Wired, pengguna tidak perlu repot-repot saat hendak menggunakan Wireless LAN karena Wireless memang tak membutuhkan instalasi kabel jaringan. Karena itulah, jika Anda lebih mengutamankan fleksibilitas dan tak mau direpotkan dengan berbagai macam instalasi kabel, maka Wireless adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

  1. Faktor Biaya

Biaya menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan mana yang lebih baik antara jaringan Wired atau Wireless. Saat ini, Ethernet card memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Wifi adaptor. Bisa dikatakan bahwa peralatan yang dibutuhkan dalam jaringan Wired, seperti router, hub, dan switch, memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan peralatan Wireless.

Dari segi biaya, tentu saja Wired LAN lebih disukai oleh para pengguna komputer dibandingkan dengan Wireless. Jadi bagi Anda yang ingin menghemat budget, Wired LAN adalah pilihan yang tepat.

  1. Performa

Dari segi performa, Wired LAN lebih unggul jika dibandingkan Wireless LAN. Jadi jika Anda sering menggunakan aplikasi yang tergolong berat seperti streaming video, transfe file music, sharing file, game 3D, maka Wired LAN adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

  1. Fitur Security

Security atau keamanan adalah sebuah hal yang penting untuk sebuah jaringan. Wired LAN mengandalkan kemampuan security dari perangkat lunak yang diinstall pada komputer Firewal.

Sementara itu, Wireless LAN didukung oleh security built-in, yaitu berupa kemampuan enkripsi. Enkripsi yang terdapat pada Wifi disebut dengan WEP.

Kesimpulannya, Wired LAN maupun Wireless LAN sama-sama memiliki fasilitas security. Bedanya, Wireless LAN memiliki fitur security built-in sementara Wired belum memiliki opsi security built-in.

Lebih Baik Mana, Wired Atau Wireless?

Sebenarnya Wired maupun Wireless memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, dua-duanya bisa dikatakan sama-sama bagus jika memang diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin membuat jaringan jarak jauh, maka sebaiknya Anda menggunakan jaringan Wireless. Sementara itu, jika Anda ingin membuat jaringan dengan jarak dekat, maka Wired LAN merupakan pilihan yang tepat.

Demikianlah pembahasan tentang jaringan Wired dan Wireless yang mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan Anda tentang mana yang lebih baik, jaringan wire atau wireless.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *