Mana Yang Lebih Baik CCTV Atau IP Kamera?

Mana yang lebih baik CCTV atau IP kamera – Terkadang banyak yang tidak bisa membedakan antara CCTV dengan IP Kamera. Memang kedua perangkat ini sama-sama berfungsi untuk keamanan dengan merekam berbagai kejadian yang ada di area coveragenya. Namun, ternyata antara CCTV dan IP kamera memiliki beberapa perbedaan walau sebenarnya fungsinya hampir sama. Jika Anda bertanya mana yang lebih baik CCTV atau IP kamera? Simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan CCTV Dengan IP Kamera

Ada perbedaan yang cukup mendasar antara kamera CCTV dengan IP kamera. Perbedaannya adalah pada alat perekamnya. Jenis Kamera CCTV analog biasanya bisa diakses melalui jarak jauh atau remote access dengan cara menghubungkan kamera CCTV dengan perangkat DVR atau alat perekam yang tentunya memanfaatkan jaringan yang ada. Sedangkan IP kamera tak membutuhkan DVR karena dengan sendirinya sudah memiliki manfaat jaringan tanpa harus menggunakan alat tambahan seperti halnya kamera CCTV.

Perbedaan yang selanjutnya adalah dari segi efisiensi. Kamera CCTV membutuhkan kabel jaringan agar bisa di akses oleh pengawas. Sedangkan IP kamera bisa diakses tanpa harus menggunakan kabel jaringan sehingga lebih mudah penggunaannya jika memang Anda butuh memasang IP kamera di beberapa titik sekaligus.

Selain itu, IP kamera memiliki resolusi yang tinggi dibandingkan dengan kamera CCTV analog. Pasalnya, IP kamera tidak terbebani harus merekam melalui DVR. Perangkat IP kamera akan secara otomatis menyimpan hasil rekaman ke dalam harddisk dengan ukuran yang besar. Sedangkan CCTV analog akan merekam dan menyimpannya ke dalam DVR yang notabenenya memiliki penyimpanan yang jauh lebih kecil sehingga resolusi dari hasil rekamannya pun akan dikurangi..

Jika Anda bertanya mana yang lebih baik CCTV atau IP kamera? Tentunya IP kamera memiliki keunggulan lebih daripada CCTV biasa.

Keunggulan IP Kamera Dibandingkan CCTV Biasa

Sebelum Anda mengetahui keunggulan yang dimiliki IP Camera, Anda harus mengetahui terlebih dulu bahwa saat ini ada dua jenis IP Kamera yakni tipe kamera yang menggunakan kabel dan juga kamera tanpa menggunakan kabel atau wireless.

Jika dilihat dari tipenya tersebut, saat ini banyak orang yang lebih memilih IP Camera tanpa kabel atau wireless. Hal tersebut dikarenakan, mereka tak harus mengeluarkan lebih untuk membeli perangkat kabel. Apalagi jika memang mereka akan memasang IP kamera ini di beberapa titik sekaligus dengan jarak yang saling berjauhan. Itulah salah satu keunggulan yang dimiliki IP Camera.

Selain itu, seperti yang sudah dibahas diatas, kualitas gambar dari IP kamera tak perlu lagi dipertanyakan. Pasalnya, kualitas gambar dari IP Kamera memiliki resolusi yang tinggi jika dibandingkan dengan kamera CCTV analog. Kamera ini juga tak hanya berfungsi sebagai kamera keamanan, akan tetapi juga mampu diintegrasikan dengan software pihak ketiga seperti manejemen parkir, software pengenalan wajah, dan juga software lainnya. Jadi, IP kamera memiliki jauh lebih banyak manfaat bagi Anda dibandingkan dengan kamera CCTV biasa.

Namun, dikarenakan resolusi gambarnya yang sangat bagus, Anda tentunya harus menyediakan media penyimpanan file dengan kapasitas yang cukup besar. Selain itu, semua titik yang nantinya akan Anda pasangi kamera jenis ini juga harus mendapatkan sinyal internet atau wifi jika memang Anda memilih menggunakan tipe kamera wireless.

Jadi, jika Anda bertanya mana yang lebih baik CCTV atau IP kamera? Tentunya IP kamera memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan kamera CCTV biasa.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *