Macam-macam Bahasa Tingkat Tinggi dan Pengertiannya

Cobol

Macam-macam bahasa tingkat tinggi– Bagi masyarakat awam, bahasa pemrograman tentu menjadi suatu hal yang asing. Walaupun pada kehidupan sehari-hari kita sering menggunakannya, tetapi kita tidak mengetahui pasti apa maksud pengertian atau Macam-macam bahasa tingkat tinggi hingga tinggi tersebut. Di dunia komputer sendiri ada sangat banyak sekali bahasa pemrograman. Dan dari sekian banyak itu, digolongkan menjadi beberapa tingkatan masing-masing bahasa. Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

  1. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman yang satu ini tidak terlalu sulit untuk dipahami. Pada dasarnya bahasa tingkat tinggi masih termasuk dalam bahasa yang abstrak dan cenderung mirip dengan bahasa kita sehari-hari. Seperti misalnya Visual Basic, Java, Pascal, dan lain sebagainya.

  1. Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa ini disebut menengah karena masih bisa digolongkan dalam bahasa tingkat tinggi ataupun tingkat rendah. Contohnya ialah seperti bahasa pemrograman C yang cenderung diaplikasikan dalam berbagap program untuk mendukung bahasa yang lainnya.

  1. Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa yang satu ini jauh lebih rumit karena sukar dipahami dan tidak seperti bahasa yang sering dijumpai sehari-hari. Contoh dari bahasa ini adalah Assembly.

Dari sekian tingkatan bahasa tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkatan bahasanya, maka semakin mudah untuk dipahami dan dioperasionalkan. Lalu untuk macam-macam bahasa pemrograman yang tingkat rendah, bisa Anda temukan pada ulasan berikut.

Macam-macam Bahasa Tingkat Tinggi

  1. Bahasa CSS

 

Bahasa CSS
Bahasa CSS

CSS atau Cascading Style Sheets merupakan bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen yang ditulis dengan bahasa markup. Penggunaan CSS umumnya digunakan untuk memformat suatu halaman web yang berbasis HTML dan XHTML. Bahasa ini juga sering digunakan untuk berbagai jenis dokumen XML, termasuk diantaranya XUL dan SVG.

  1. Bahasa PERL
Bahasa PERL
Bahasa PERL

Bahasa yang satu ini digunakan untuk pemrograman mesin dengan system operate Unix. Bahasa ini juga tersedia dalam beberapa sistem operasi lainnya, seperti Windows, DOS, BeOS, PowerPC, VMS, dan lain sebagainya. Bahasa ini juga masih mirip dengan bahasa tingkat tinggi dari bahasa C.

  1. Bahasa WML
Bahasa pemrograman WML
Bahasa pemrograman WML

Bahasa ini umum digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi berbasi XML. Bahasa WML juga sudah mendukung aplikasi wireless sehingga dalam penggunaannya dapat dianalogikan seperti HTML yang ada pada protokol nirkabel.

  1. Bahasa XML
Bahasa WML
Bahasa WML

Bahasa XML merupakan salah satu bahasa markup paling serbaguna yang direkomendasikan W3C agar dapat mendeskripsikan macam-macam data. Bahasa ini menggunakan markup tags seperti HTML, tetapi penggunaannya tak dibatasi oleh tampilan laman web saja. Bahasa ini menjadi salah satu metode dalam menandai sebuah dokumen.

  1. Bahasa C++
Bahasa C++
Bahasa C++

Jika pada bahasa tingkat tinggi kita mengenal bahasa C, maka di sini ada bahasa C++. Bahasa ini berorientasi pada objek dengan cara menjelaskan tiap ‘class’ sebagai abtraksi dari kumpulan objek fisik. Tiap ‘class’ yang ada berisi keadaan dalam project tersebut, termasuk pada kemampuan dari objek yang ada.

  1. Bahasa ASP

 

Bahasa ASP
Bahasa ASP

Bahasa ini menjadi bahasa yang biasa digunakan untuk menciptakan laman web yang dinamis. Bahasa ASP menjadi salah satu produk yang disediakan oleh perusahaan microsoft. Bahasa ini juga menjadi side scripting dalam penggunaan sehari-hari.

  1. Bahasa COBOL
Cobol
Cobol

Bahasa Common Business Oriented Language atau yang disingkat dengan COBOL ini adalah bahasa yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah terkait perdagangan, seperti sistem pengelola keuangan, laporan perusahaan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah sedikit pengertian dan ulasan dari bahasa pemrograman dan macam-macam bahasa tingkat tinggi. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *