Macam-macam Bahasa Tingkat Tinggi dan Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman Phyton

Macam-macam bahasa tingkat tinggi – Berbicara tentang bahasa pemrograman, tentu ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari bahasa tingkat rendah sampai tingkat tinggi, semuanya tersedia dengan berbagai basis obyek yang berbeda. Dan sebelum kita membahas lebih dalam tentang bahasa-bahasa tersebut, ada baiknya kita memahami dulu tentang apa yang dimaksud dengan macam-macam bahasa tingkat tinggi.

Pengertian Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Bahasa tingkat tinggi ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang lebih mudah digunakan dan lebih abstrak. Bahasa jenis ini sering bersinggungan dengan operasi CPU, seperti misalnya untuk mengakses memori. Kebanyakan bahasa pemrograman yang ada sekarang ini pun sudah termasuk dengan bahasa tingkat tinggi, seperti PHP, HTML, Java, dan lain sebagainya.

Dan dari pengertian tersebut, ada beberapa golongan dari bahasa tingkat tinggi ini. Mari kita review beberapa diantaranya.

Macam-macam Bahasa Tingkat Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

  1. Bahasa Pemrograman JAVA

 

Bahasa Pemrograman JAVA
Bahasa Pemrograman JAVA

Java merupakan bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di setiap komputer, termasuk diantaranya adalah PC dan telepon genggam. Java sendiri tidak bisa disamakan dengan JavaScript karena itu memiliki ruang lingkup yang berbeda. Meski demikian bahasa pemrograman Java termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk Dekstop.

  1. Bahasa Pemrograman Phyton
Bahasa Pemrograman Phyton
Bahasa Pemrograman Phyton

Bahasa ini sangat dinamis dan mendukung pemrograman yang berorientasi obyek. Bahasa python bisa digunakan untuk beragam keperluan pengembangan di berbagai perangkat lunak dan bisa berjalan di berbagai sistem operasi.

  1. Bahasa Pemrograman C
Bahasa Pemrograman C
Bahasa Pemrograman C

Bahasa ini dibuat untuk memprogram sistem dan berbagai jaringan komputer. Bahasa ini juga sering digunakan untuk mengembangkan software seperti aplikasi. Bahasa C juga umum digunakan oleh berbagai platform dari sistem operasi atau arsitektur komputer. Bahkan ada beberapa compiler populer yang telah tersedia.

  1. Bahasa Pemrograman RUBY
Bahasa Pemrograman RUBY
Bahasa Pemrograman RUBY

 

Bahasa Ruby termasuk dalam bahasa skripting yang berorientasi pada obyek. Tujuan dari bahasa ini adalah utnuk menggabungkan nilai plus dari berbagai bahasa skripting yang ada. Bahasa Ruby ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman C dengan merujuk pada kemampuan dasar seperti halnya ‘Perl’ dan Python.

  1. Bahasa Pemrograman SQL
Bahasa pemrograman SQL
Bahasa pemrograman SQL

 

SQL atau yang juga disebut structured query language merupakan bahasa yang digunakan untuk mengakses data di dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan bahasa yang standar digunakan dalam hal manajemen basis data. Hampir semua server basis data menggunakan SQL sebagai bahasa utama untuk manajemen datanya.

  1. Bahasa Pemorgraman Cold Fusion

Bahasa tingkat tinggi yang selanjutnya ini adalah bahasa server aplikasi dan framework untuk mengembangkan perangkat lunak. Bahasa ini digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak seperti misalnya situs web yang dinamis.

  1. Bahasa Pemrograman PHP

 Bahasa pemrograman PHP

Bahasa pemrograman PHPPHP merupakan bahasa skrip yang paling banyak digunakan saat ini. PHP pertama kali ada sejak tahun 1955 dan dicetuskan oleh Rasmus Ledorf. Wujud dari bahasa ini merupakan kumpulan script yang digunakan untuk mengelolah data form dari suatu web.

  1. Bahasa Pemrograman HTML

HTML adalah sebuah bahasa markup yang biasa digunakan untuk membuat atau mengelola sebuah laman web dan menunjukkan berbagai info dalam suatu browser internet.

  1. Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic
Microsoft Visual Basic
Microsoft Visual Basic

Visual basic sering digunakan dalam bahasa pemrograman untuk mengelola perangkat lunak berbasis sistem windows. Bahasa ini juga menawarkan pengembangan perangkat lunak berbasis grafik secara cepat.

  1. Bahasa Pemrograman DELPHI

Umumnya bahasa ini lebih digunakan untuk mengembangkan aplikasi dekstop atau enterprise yang berbasis database. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk tujuan umum yang bisa digunakan dalam berbagai jenis proyek untuk mengembangkan software.

Nah, itulah pengertian singkat dari macam-macam bahasa tingkat tinggi suatu pemrograman dalam dunia informatika. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *