Lebih Baik Membeli PC atau Laptop untuk Rumah?

PC

Sebagian dari Anda mungkin masih bingung menentukan lebih baik membeli PC atau laptop untuk rumah. Baik PC maupun laptop adalah dua benda yang saat ini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Kedua benda tersebut memang kini banyak digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat. PC desktop atau PC rakitan sendiri secara umum memang lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan laptop. Namun PC juga punya kelemahan karena tidak bisa dibawa kemana-mana. Sementara itu, meski mungkin tak memiliki performa seperti PC, namun laptop memiliki bentuk yang ringkas, ringan, harganya terjangkau, dan desainnya pun bervariasi. Nah, untuk Anda yang masih bingung menentukan mau beli PC atau laptop untuk menunjang aktivitasmu di rumah, yuk simak penjelasan berikut ini!

Kelebihan dan Kelemahan PC

PC

Sebelum membahas tentang lebih baik membeli PC atau laptop untuk rumah, terlebih dulu Anda harus tahu apa sih kelebihan dan kelemahan dari PC maupun laptop.

  1. Kelebihan PC

Nah, berikut adalah beberapa kelebihan PC yang perlu Anda tahu:

  • Bisa Dimiliki Dengan Budget Minim

Buat Anda yang paham benar mengenai komputer, pasti membeli PC rakitan akan jauh lebih mengasyikan dibandingkan dengan membeli laptop. Dengan budget yang minim, Anda yang jago merakit PC sudah langsung bisa memiliki PC yang cukup powerful untuk digunakan.

  • Memiliki Performa yang Lebih Kuat Dibandingkan Laptop

Meski spesifikasi prosesornya sama dengan laptop, namun ukuran prosesor pada PC lebih besar sehingga memiliki performa yang lebih kuat.

  • Hardware PC Mudah untuk Diganti dan Diupgrade

Komponen-komponen yang ada pada komputer dapat dengan mudah dibongkar pasang, diganti, ataupun di-upgrade dengan peralatan yang banyak terdapat di pasaran.

  1. Kelemahan PC

Kelemahan yang dimiliki PC antara lain:

  • Kurang Praktis

Komputer tergolong belum praktis dalam penggunaanya karena Anda harus menghubungkan berbagai macam komponen, seperti monitor, CPU, mouse, dan keybord sebelum menggunakan komputer tersebut.

  • Kurang Portable

Karena punya komponen yang terpisah-pisah membuat PC kurang portable untuk digunakan.

  • Boros listrik

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

HP 14-BW-515AU
HP 14-BW-515AU
  1. Kelebihan Laptop

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari laptop:

  • Portable, Laptop memiliki desain yang ringkas dan ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana
  • Praktis, Hanya dengan menekan tombol power Anda sudah dapat langsung menggunakan laptop tersebut
  • Hemat Daya, laptop memiliki daya tahan baterai rata-rata 4-8 jam
  1. Kelemahan Laptop

Laptop memiliki beberapa kelemahan, di antaranya:

  • Harganya Relatif Mahal, Laptop yang memiliki spesifikasi yang tinggi biasanya dibanderol dengan harga yang relatif mahal.
  • Keybordnya Sempit, Keybord laptop biasanya tidak selengkap keybord PC karena keterbatasan ruang
  • Komponennya laptop tidak dapat di-upgrade sembarangan jika terjadi kerusakan

Lebih Baik Membeli PC atau Laptop untuk Rumah?

Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, semua tergantung pada orang yang akan menggunakannya. Kita tidak dapat mengatakan bahwa membeli komputer lebih baik daripada membeli laptop, ataupun sebaliknya.

Tentunya kebutuhan dan juga mobilitas setiap orang berbeda-beda, sehingga Anda harus tahu apa alasan Anda membeli komputer, apa aktivitas Anda , dan seberapa tinggi mobilitas Anda. Misal, orang dengan pekerjaan yang membutuhkan mobilitas yang tinggi dan di luar ruangan memilih PC adalah sebuah kesalahan. Begitu juga sebaliknya, pekerja rumah atau kantoran yang mempunyai ruang khusus, dan mempunyai tugas berat seperti editing, desain grafis, atau bahkan game, menggunakan laptop juga dirasa tidak begitu tepat .

Pemilihan PC maupun laptop untuk digunakan di rumah tergantung pada faktor kebutuhan dan kondisi masing-masing orang. Untuk orang yang memiliki mobilitas yang tinggi lebih baik untuk membeli laptop agar tidak kerepotan. Sedangkan, bagi Anda yang bekerja di ruang yang tetap, PC akan sangat menunjang kinerja Anda sehingga lebih optimal.

Namun hal itu bukan sebuah hal yang pakem. Semua orang berhak memilih dan membeli apa yang mereka suka. Selain itu, faktor kenyamanan, budget, dan kondisi tertentu juga dapat mempengaruhi pilihan seseorang dalam membeli PC atau laptop .

Kelebihan dan kelemahan PC maupun laptop juga dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang sedang bingung menentukan pilihan untuk membeli PC atau laptop untuk digunakan di rumah.

Demikianlah pembahasan yang semoga saja sedikit bisa membantumu untuk menentukan lebih baik membeli PC atau laptop untuk rumah.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *