Kenali Seperti Apa Spesifikasi Komputer Server Built Up yang Baik

Komputer Server Built Up

Spesifikasi komputer server built up dianggap lebih unggul di bandingkan spesifikasi server rakitan. Spesifikasi komputer yang digunakan untuk server tentu saja berbeda dengan spesifikasi komputer biasa. Karena komputer untuk server memerlukan kapasitas yang cukup signifikan. Komputer server built up dianggap memiliki spesifikasi dengan kapasitas yang mumpuni. Untuk itu, kita akan membahas mengenai kelebihan server built up tersebut. Namun sebelumnya, Anda perlu menyimak apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih komputer server.

Komputer Server Built Up
Komputer Server Built Up

Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Memilih Komputer Server Secara Umum

  1. CPU

CPU merupakan otak dari mesin. Karena itulah, Anda harus cermat dalam memilih prosesor yang akan Anda gunakan pada komputer server. Ada dua produsen prosesor utama yang paling dikenal dan sering Anda jumpai di pasaran, yaitu Intel dan AMD.

Kedua brand CPU tersebut memiliki sisi kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Namun, kebanyakan orang lebih memilih prosesor Intel untuk server karena dianggap dapat bekerja lebih cepat.

  1. RAM

RAM berfungsi untuk menentukan berapa banyak proses yang dapat dilakukan oleh prosesor pada waktu yang sama. Pada server biasanya membutuhkan RAM sebesar 1 GB bahkan lebih.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih ukuran RAM sesuai kebutuhan

  • Traffic; semakin meningkat lalu lintas website Anda, maka Anda membutuhkan RAM yang lebih tinggi.
  • Content Management System; CMS seperti WordPress serta Drupal biasanya membutuhkan RAM dengan ukuran minimal 1 GB.
  • Control Panel; Software Control Panel menggunakan memori dari RAM Anda
  • Scripting Language dan Database; Jika Anda memakai PHP dan database SQL, maka Anda membutuhkan RAM yang lebih besar.
  • Applications; Semakin banyak aplikasi yang Anda terinstall pada komputer Anda, maka semakin banyak pula RAM yang terpakai.
  1. Storage

Untuk media penyimpanan atau storage, Anda dapat menggunakan hard drives (HDD) dan SSD. SSD bisa dikatakan lebih unggul jika dibandingkan HDD karena SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

Kelebihan Komputer Server Built Up

Komputer built up merupakan komputer yang siap pakai tanpa repot-repot harus Anda rakit. Komputer jenis ini banyak diproduksi oleh vendor tertentu, seperti Acer, Samsung, dan juga Dell. Biasanya, merk hardware yang tertanam di dalam komputer sama dengan merk produsennya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari komputer build up:

  1. Sederhana dan Praktis

Kelebihan yang paling menonjol dari komputer server built up adalah sederhana dan praktis untuk digunakan. Anda tidak perlu merakitnya karena semua telah tersusun dalam satu sistem unit.

  1. Adanya Dukungan

Saat Anda membeli paket komputer built up, beberapa vendor akan memberikan dukungan dengan cara menyediakan customer service yang akan membantu Anda ketika ada masalah dengan aket PC yang Anda beli tersebut.

  1. Bisa Bertahan dalam Waktu yang Lama

Spesifikasi komputer server built up, dianggap bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama jika dibanding PC rakitan. Tidak seperti PC server rakitan, PC yang dijadikan sebagai server built up tidak mudah panas alias over heat seiring pemakaiannya sehingga lebih awet dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Memiliki Casing yang Kuat

PC server built up memiliki casing yang lebih kuat dibandingkan casing server rakitan. Casing built up terbuat dari bahan besi yang tahan karat, sedangkan komputer rakitan terbuat dari bahan seng. Itulah yang membuat server built up memiliki bobot yang lebih berat dibanding dengan yang rakitan.

  1. Memiliki Komponen yang Berkualitas

Komputer server built up memiliki komponen yang berkualitas karena dibuat oleh para ahli di bidangnya. Komputer server built up juga telah teruji spesifikasinya.

  1. Memiliki Desain Motherboard yang Canggih

Perangkat motherboard pada komputer server built up merupakan pencapaian teknologi yang benar-benar dikuasai oleh para produsen built up.

  1. Memiliki Power Supply yang Berkualitas

Power Supply pada komputer server built up memiliki standar yang sudah ditentukan oleh produsen. Power supply tersebut menggunakan kabel berkualitas sehingga dapat bekerja secara lebih optimal.

Demikianlah pembahasan mengenai keunggulan spesifikasi komputer server built up. Jika Anda ingin membeli sebuah server baik untuk pribadi maupun instansi, sebaiknya Anda membeli komputer server built up karena dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *