Kenali Jenis-jenis Kamera CCTV Sebelum Anda Membeli

Jenis-jenis kamera CCTV – Walau CCTV sudah banyak digunakan saat ini. Namun, tidak sedikit yang belum mengetahui apa saja jenis kamera CCTV. CCTV atau singkatan dari closed circuit television merupakan camera yang sering digunakan untuk menjaga keamanan suatu tempat. Biasanya, hasil rekaman kamera CCTV digunakan sebagai bukti ke pihak berwajib jika terjadi tindak kriminal yang terekam di kamera tersebut. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui jenis-jenis kamera CCTV, berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis PTZ Kamera

PTZ merupakan singkatan dari kamera PAN TILT ZOOM, PAN merupakan kemampuan kamera agar bisa bergerak bebas ke kiri dan juga ke kanan, TILT adalah kemampuan dari kamera yang satu ini untuk bisa bergerak ke atas maupun kebawah, sedangkan ZOOM merupakan kemampuan dari kamera ini untuk bisa memperbesar gambar video sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki.

Jenis kamera CCTV PTZ ini biasanya digunakan untuk membantu memantau wilayah yang cukup luas dengan hanya menggunakan 1 perangkat kamera saja, ini tentunya sangat memudahkan para pengawas kamera cctv didalam memonitoring sebuah wilayah dengan hanya menggunakan 1 kamera saja, karena kamera ptz bisa berputar secara otomatis atau secara manual dengan digerakan lewat sebuah controller.

Jenis Dome Kamera

Memiliki nama Dome karena memang bentuknya yang terlihat seperti kubah, dalam bahasa inggris, dome berarti kubah. Tujuannya ialah agar arah kamera cctv tersebut tak terlihat ataupun tersembunyi namun kamera tetap terlihat oleh orang. Kamera CCTV jenis Dome yang biasanya banyak dijual ialah tipe fix camera yakni kamera yang hanya bisa memantau ke 1 arah saja.

Jenis kamera CCTV dome juga ada yang bisa  berputar dengan cukup cepat bernama Speed Dome, harganya juga relatif jauh jika dibandingkan dengan tipe dome fix camera. Anda bisa mendapatkan kamera CCTV jenis ini di beberapa toko peralatan keamanan dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan merk kamera CCTV dome ini. Karena biasanya, merk akan berpengaruh pada kualitas dan juga ketahanan dari kamera tersebut.

Jenis Bullet Kamera

Jenic cctv yang satu ini biasanya digunakan di dalam ruangan atau indoor cam dan juga diluar ruangan atau outdoor cam, karena bisa digunakan di luar ruangan juga tentunya salah satu standard dari kamera ini yang harus ada dan juga dipenuhi ialah tahan air.

Bullet kamera biasnaya akan dipasang di dinding ataupun juga langit-langit. Hal tersebut dikarenakan kamera yang satu ini tak dirancang dengan teknologi pan tilt zoom control dan merupakan salah satu jenis kamera tipe fix yang bertujuan untuk menangkap gambar di area yang sama. Kisaran harga pembelian CCTV yang satu ini pun relatif murah karena biasanya digunakan untuk pribadi

Jenis IP Camera Atau Network Kamera

Jenis-jenis kamera CCTV yang selanjutnya adalah IP Camera atau Network kamera. Kamera jenis ip atau network baik dengan menggunakan kabel atau tanpa kabel bisa dipasang dengan sangat mudah. Selain itu rata-rata dari ip camera ini memiliki tingkat resolusi gambar sangat tinggi jika dibandingkan dengan kamera cctv analog biasanya.

Akan tetapi ada beberapa syarat yang nantinya harus dipenuhi didalam penggunaan dari ip kamera ini, seperti halnya area lokasi yang nantinya akan dipasangi ip kamera tipe tanpa kabel harus sudah tercover dengan jaringan internet wireless dan untuk jenis ip camera yang menggunakan kabel, jarak penarikan dari kabel ke switch hub atau router harus memiliki jarak minimal 80-100meter jika menggunakan kabel jenis utp.

Ada beberapa kekurangan kamera CCTV jenis ip camera ini, diantaranya

  • Karena memiliki resolusi yang sangat tinggi sehingga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kamera CCTV Biasa.
  • Memiliki kisaran harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kamera cctv analog,
  • Kamera jenis ini membutuhkan alat tambahan agar memperkuat penerima sinyal jika penggunaannya di lokasi yang jauh dan memiliki banyak hambatan.
  • Membutuhkan pengetahuan mengenai konfigurasi internet jika menggunakan CCTV jenis ip camera didalam jumlah yang banyak.

Itulah jenis-jenis kamera CCTV yang banyak dijual dipasaran dan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan keamanan di rumah, toko atau di kantor Anda.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *