Kenali Cara Memilih Komputer Server yang Tepat Sebelum Membeli

RAM

Tips memilih komputer server yang tepat – Istilah komputer server mungkin sudah tidak asing lagi dimana komputer ini merupakan perangkat keras yang dijadikan hardware untuk kebutuhan server Anda. Bisa dikatakan pula bahwa komputer ini menjadi pelayan jaringan bahkan pusat jaringan sehingga tidak bisa menggunakan spesifikasi yang abal-abal. Server sendiri merupakan komputer, perangkat, atau program yang memang ditujukan untuk bisa mengelola sumber daya jaringan dengan tugas yang berbeda-beda.

Server sendiri dibedakan menjadi tiga yaitu server website, server email, dan juga server FTP. Anda bisa membangun sever Anda sendiri namun dengan menggunakan spesifikasi komputer yang benar-benar tepat agar komputer tersebut bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Simak tips memilih komputer server yang tepat berikut ini:

CPU

CPU
CPU

Kualitas dan kecepatan performa komputer sangat tergantung dengan CPU. CPU adalah otaknya komputer. Ada dua produsen prosesor utama yang sudah memiliki nama besar dan  bisa Anda temukan di setiap mesin, dua produsen tersebut adalah Intel dan juga AMD. Kedua produsen ini memiliki sisi negatif dan juga sisi positifnya masing-masing sehingga tidak bisa disamaratakan satu dengan lainnya. Namun kebanyakan orang jauh lebih memilih menggunakan prosesor Intel untuk komputer server, hal tersebut dikarenakan performa Intel bisa bekerja lebih cepat. Prosesor Intel juga memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan yang AMD.

RAM

RAM
RAM

Tips memilih komputer server yang tepat selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memilih RAM yang tepat. Jika prosesor dianggap sebagai otak, RAM mampu menentukan seberapa banyak proses yang dilakukan oleh otak secara bersamaan. RAM merupakan memori, agar otak komputer bisa berjalan lebih cepat Anda bisa memilih komputer dengan kapasitas RAM yang cukup besar. Untuk memilih RAM komputer yang tepat ini bisa dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Semakin tinggi traffic websitenya maka RAM yang komputer yang Anda butuhkan semakin besar, selain itu Anda juga harus menyesuaikannya dengan CMS yang digunakan seperti WordPress dimana RAM yang dibutuhkan paling sedikit 1GB RAM dan semakin besar maka akan semakin  baik.

Anda juga bisa menyesuaikan dengan Control Panel, software seperti cPanel bisa memakai memori dari RAM Anda, sesuaikan pula dengan scripting language dan database dimana jika Anda menggunakan PHP dan database SQL maka RAM yang dibutuhkan akan semakin besar. Yang terakhir adalah application yang akan berpengaruh terhadap RAM. Semakin banyak aplikasi dan software yang berjalan maka akan semakin banyak RAM yang terpakai.

Storage

Untuk storage atau penyimpanan, Anda bisa menggunakan hard drives atau SSD. Managed SSD VPS atau VPS SSD bisa dikelola merupakan salah satu pilihan yang populer karena Anda akan bisa meningkatkan kecepatan yang tinggi. SSD bisa dibilang memiliki keunggulan dibandingkan dengan hard drives atau HDD. Namun untuk menjadikan sebuah komputer sebagai sever memang yang paling penting adalah kecepatan sehingga SSD lebih disarankan.

Jika Anda akan menghosting situs yang sederhana, kebanyakan storage digunakan untuk menyimpan teks juga aset visual dimana keduanya tidak akan banyak menghabiskan storage atau penyimpanan di komputer Anda. Namun yang harus Anda jadikan sebagai perhatian adalah jila menghosting email di server yang sama Anda akan cepat kehabisan memori.

Storage SSD
Storage SSD

Mengingat tidak semua komputer bisa dijadikan sebagai sever maka Anda harus bersikap selektif dalam memilih komputer ini, karena dijadikan sebagai pusat operasional penting bagi Anda untuk menentukan komputer yang tepat. Lakukanlah beberapa tips memilih komputer server yang tepat seperti di atas untuk bisa menemukan komputer server yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang mana bisa  bekerja maksimal sesuai dengan harapan.

Jika Anda masih memerlukan bantuan tecnical support untuk menyelesaikan masalah IT Anda, hubungi PT Robicomp untuk berbicara dengan para expert di Robicomp di marketing@robicomp.com. PT Robicomp, bersedia untuk memberikan solusi IT hardware dan software untuk Anda.

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *